Apa Saja Manfaat Kacang Tanah

Manfaat kacang tanah ternyata baik buat kecantikan lho. Kacang tanah masuk ke dalam jenis tanaman polong-polongan.

Membahas tentang kacang-kacangan, siapa saja tentu sudah tau dengan kacang tanah, hamir semua orang telah mengenal kacang yang satu ini selain memiliki rasa gurih nikmat dan lezat, kacang ini juga diyakini kaya akan nutrisi serta memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga baik untuk kecantikan.

Ukuran kecil ini ternyata memiliki nutrisi yang sangat banyak bagi tubuh. Kacang tanah adalah sumber protein dan antioksidan yang baik. Oleh karena itu, kacang tanah dipercaya sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Kacang Tanah

1. Kandungan Nutrisinya Baik untuk Tubuh

Kacang tanah bisa mengontrol datangnya berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, risiko mengidap penyakit kandung empedu dan kanker, juga dapat menurunkan tekanan darah.

Vitamin yang ada pada kacang tanah antara lain vitamin B6, vitamin E, magnesium, asam folat, asam pantotenat, thiamine, fosfor, kalium, seng, besi, tembaga, mangan, dan selenium.

2. Mengurangi Depresi

Depresi memiliki beberapa pemicu mulai dari faktor genetik, perubahan atau pun paparan lingkungan serta gangguan neurologis yang disebabkan oleh paparan bahan kimia di otak. Produksi serotonin memengaruhi kemunculan depresi.

Pada kacang tanah memiliki kandungan triptofan asam amino. Manfaat kacang tanah berupa untuk pembentukan serotonin. Serotonin membantu dalam membentuk suasana hati yang positif.

3. Meningkatkan Memori

Kacang tanah dapat meningkatkan memori. Ini disebabkan karena kandungan niacin dan resveratrol yang dapat melancarkan sirkulasi peredaran darah ke otak, sehingga dapat menguatkan ingatan.

Kacang tanah juga bisa meningkatkan konsentrasi serta memberikan tidur yang lebih lelap buat Anda yang kerap mengalami gangguan tidur.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Dengan mengonsumsinya secara teratur dan dalam jumlah yang dianjurkan. Hal ini sangat membantu menjaga kesehatan jantung.

Kacang tanah memiliki asam oleat yang baik bagi jantung, yang menurunkan risiko kardiovaskuler yang menjadikan terjadinya penyakit jantung koroner. Manfaat kacang tanah akan didapat jika tidak menggoreng kacangnya, masak dengan direbus atau dikukus.

5. Mencegah Risiko Kanker Perut

Kacang tanah memiliki kandungan poli fenolik dan anti oksidan yang mampu mengurangi risiko kanker perut di dalam tubuh. Karsinogenik nitroud amina yang ada pada kacang bisa mengurangi penyebab utama terjadinya pertumbuhan sel kanker di perut.

6. Menurunkan Kolesterol

Kacang tanah mengandung asam lemak tak jenuh yang cukup tinggi, beberapa penelitian mengatakan bahwa kacang tanah dapat bantu menurunkan kolesterol yang ada di dalam tubuh. Karena asam lemak yang cukup tinggi, kacang tanah juga mencegah terjadinya penyakit jantung koroner.

7. Mencegah Risiko Stroke

Anti oksidan dan resvreratrol yang terkandung di dalam kacang tanah disebutkan mampu meningkatkan produksi oksida nitrat sehingga bisa mencegah risiko stroke. Tidak hanya itu saja, kandungan kalium, mangan, tembaga, kalsium, magnesium, zat besi, selenium dan seng serta beberapa mineral, study menyebutkan bahwa manfaat kacang tanah sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

8. Mengurangi Risiko Batu Empedu

Kacang tanah alami atau pun berbentuk selai bisa mengurangi risiko batu empedu, ini baik untuk mengurangi risiko batu empedu di dalam tubuh yang kemudian mencegah berbagai infeksi kantung empedu dan hati hingga 50%. Cara menanam sayur kangkung

9. Meningkatkan Kesuburan

khusus bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan, dengan mengonsumsi kacang tanah dapat meningkatkan fertilitas. Pasangan disarankan untuk mengonsumsi kacang tanah setidaknya 100 gram per hari untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan. Kacang tanah juga baik jika dikonsumsi dalam masa kehamilan, karena kandungan asam folat yang ada didalam kacang tanah dapat mendukung perkembangan otak dan saraf janin.

10. Mencegah Keriput

Kacang tanah memiliki manfaat untuk kulit terutama dalam mencegah terjadinya keriput. Vitamin E yang ada pada kacang tanah dapat membantu mengurangi garis serta kerutan pada kulit wajah. Selain itu, kandungan riboflavin dan vitamin B yang ada pada kacang tanah juga bisa membuat kulit lebih bersinar.

11. Anti Penuaan

Kacang tanah dapat menunda penuaan. Sebual penelitian mengatakan bahwa di dalam kacang tanah terdapat molekul antiviral resveratrol yang tinggi di mana kandungan yang sama ditemukan pula pada anggur merah yang dapat melawan penuaan.

Antiviral resveratrol yang ada dalam kacang tanah dapat mengurangi produksi radikal bebas dan meminimalisir kerusakan kulit yang berhubungan dengan sinar matahari. Resveratrol yang ada pada kacang ini juga dapat menghambat perkembangan dan pertumbuhan tumor serta kanker kulit.

12. Baik Untuk Kulit

Kacang tanah memiliki manfaat yang bisa menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, karena kacang mengandung vitamin E, vitamin B6 dan nutrisi baik yang lainnya. Dengan mengonsumsi kacang tanah secara teratur bisa bantu kulit terbebas dari bahaya radikal bebas penyebab kerusakan kulit.