Inilah Batik Seragam Kantor Yang Casual Dan Modern

batik seragam kantor

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai batik seragam kantor yang casual dan modern. Mari kita simak pembahasan kali ini.

Sekilas TentangBatik Seragam Kantor

batik seragam kantor

Batik adalah kain yang dilukis dengan cairan lilin malam menggunakan alat bernama canting sehingga di atas kain tersebut terdapat lukisan bernilai seni tinggi.

Model batik seragam kantor memang terdapat banyak sekali desain baju batik untuk kerja, namun terkadang dari segi desain dan jenis kain batik yang dipakai untuk acara formal tentunya berbeda dengan baju batik model lainny. kebanyakan baju batik wanita untuk kerja biasanya memiliki desain lengan panjang maupun lengan pendek.

Seragam batik kantor ini sering kali juga kita temui di sebuah perusahaan ataupun perkantoran, seragam memang diwajibkan disetiap salah satu hari dimana semua karyawan ini menggunakan atau mengenakan seragam batik.

Seragam batik tersebut tidak hanya digunakan untuk pesta dan menghadiri acara resmi namun untuk acara dinas dan mengajar di sekolah batik menjadi salah satu kostum yang sering sekali digunakan karena memang dari sisi desain dan tampilan sangat rapi dan mempesona.

Batik guru contohnya yang sangat khas dengan motifnya yang dari dulu sampai sekarang masih banyak digunakan terutama pada hari hari tertentu saja misalkan hari rabu dan kamis biasanya suatu sekolah mewajibkan guru menggunakan batik di luar kostum pegawai.

Dengan pesatnya perkembangan batik dewasa ini maka di imbangi juga dengan hadirnya model yang terus berkembang sesuai dengan proses pertumbuhan selera masyarakat akan berbusana yang semakin sempurna terutama pada bagian kombinasi motif dan warna selanjutnya model.

Dulu mungkin kita hanya mengenal jenis model baju batik yang di desain dengan model kendor saja, namun sekarang tidak demikian ada banyak gaya yang bisa memberikan dongkrak lebih dalam menambah penampilan anda semakin menarik khususnya dalam menggunakan batik.

Seragam batik juga memiliki beberapa motif batik yang sering dicari oleh semua orang, karena perlu sekali adanya memilih motif dan model untuk dijadikan seragam.

Namun, jika anda ingin mengetahui adanya batik alangkah baiknya anda memilih berbagai model-model yang sesuai diinginkan, tidak hanya model saja tetapi juga ada ciri-ciri dari motif batik.

Beberapa Motif Batik

Inilah beberapa motif batik yang sangatlah terkenal dan sering kali yang mengenakan beberapa motif tersebut.

  1. Corak Utama: Merupakan ornamen unsur pokok yang sering digunakan menjadi nama batik yang dibuat. Corak utama merupakan penghayatan pembatik terhadap alam pikiran serta falsafah yang dianutnya. Bagian ini merupakan ungkapan perlambangan atau biasanya menjadi nama kain.
  2. Isen-isen: Isen-isen merupakan corak tambahan. Corak ini hanya sebagai pengisi latar kain khususnya pada bidang kosong di sela-sela corak utama. Umumnya isen-isen berukuran kecil dan dibuat sesudah corak utama selesai digambar. Corak tersebut memiliki nama tersendiri untuk setiap macamnya.
  3. Corak Pinggir: kain atau pinggiran biasanya dijumpai pada kain-kain panjang batik pesisir dan kain sarung. Pada kedua jenis kain ini pinggiran terletak pada sisi memanjang kain. Seperti juga corak utama dan isen-isen, corak pinggir hadir dalam aneka ragam bentuk.
  4. Corak-corak Larangan: Pada batik keraton terdapat corak-corak tertentu yang hanya diperuntukkan bagi kalangan raja dan kerabatnya saja. Corak-corak ini disebut corak larangan. Artinya, masyarakat umum yang bukan keturunan ningrat tidak diperkenankan mengenakannya.

Itulah yang bisa saya sampaikan mengenai batik seragam kantor yang dapat anda pertimbangkan dan dapat anda jadikan sebagai refrensi-refrensi dalam memilih bahan batik. Terimakasih.