Dalam kuliner dunia, perpaduan berbagai bahan makanan menjadi sebuah hidangan istimewa menjadi daya tarik utama bagi para pecinta masakan salah satunya adalah bawang merah tumis udang. Salah satu kombinasi yang menghasilkan sajian menggugah selera adalah tumisan bawang merah dengan udang. Tumisan ini menghadirkan sentuhan manis dan lezat dari bawang merah, yang dipadukan dengan kenikmatan seafood dari udang.

Bawang merah (Allium cepa var.aggregatum) adalah salah satu jenis ubi-ubian bawang yang memiliki cita rasa yang manis dan dengan aroma yang sangat khas. Sementara itu, udang adalah seafood yang dikenal dengan tekstur lembut dan cita rasa lautnya yang lezat. Kombinasi antara rasa manis bawang merah dan cita rasa segar dari udang menciptakan harmoni rasa yang tak tertandingi dalam tumisan ini.

Pendahuluan ini bertujuan untuk menjelajahi keunikan dan kenikmatan menumis bawang merah dengan udang. Kita akan membahas tentang asal-usul hidangan ini, kekayaan nutrisi dari kedua bahan utamanya, serta langkah-langkah memasaknya agar menghasilkan tumisan yang sempurna dengan rasa dan aroma yang menggugah selera.

Tumisan bawang merah dengan udang telah menjadi salah satu favorit dalam berbagai masakan, baik dalam masakan tradisional maupun kreasi modern. Hidangan ini tidak hanya nikmat, tetapi juga memberikan manfaat gizi dari bawang merah dan nutrisi berkualitas tinggi dari udang.

Melalui penelusuran ini, kami mengajak para pecinta kuliner untuk menyelami kelezatan tumisan bawang merah dengan udang. Nikmati keharmonisan cita rasa dari bahan-bahan segar ini yang akan memanjakan lidah dan menggugah selera. Dengan sentuhan kreativitas dan cinta dalam memasak, tumisan bawang merah dengan udang dapat menjadi hidangan yang menonjolkan kenikmatan dan kelezatan dalam setiap sajian.

Sambutlah kelezatan dan keunikan tumisan bawang merah dengan udang sebagai inspirasi dalam menghadirkan hidangan spesial untuk keluarga dan teman-teman. Selamat menikmati setiap sajian dan nikmati pengalaman kuliner yang tak terlupakan dari kombinasi istimewa bawang merah dengan udang yang segar dan lezat.

Berikut adalah cara sederhana untuk membuat tumis bawang merah dengan udang yang lezat dan menggugah selera:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 300 gram udang, kupas dan bersihkan
  • 2 buah bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 buah cabai merah besar, iris tipis (opsional, sesuai selera)
  • 1/2 buah paprika merah, iris tipis
  • 1/2 buah paprika hijau, iris tipis
  • 2 batang daun bawang, potong-potong
  • 2 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan kecap manis
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Minyak sayur untuk menumis

Cara membuat:

  1. Tuang minyak sayur kedalam wajan dan panaskan mengunakan api yang sedang.
  2. Tumis irisan bawang merah dan bawang putih hingga harum dan agak transparan.
  3. Jika menggunakan cabai, masukkan irisan cabai dan tumis sebentar hingga harum.
  4. Tambahkan udang ke dalam wajan. Tumis hingga udang berubah warna menjadi merah muda, sekitar 2-3 menit.
  5. Masukkan irisan paprika merah dan hijau ke dalam wajan. Tumis sayuran hingga sedikit layu (dengan catatan) masih sedikit renyah.
  6. Tuangkan saus tiram dan kecap manis ke dalam tumisan. Aduk rata hingga udang dan sayuran terbalut dengan bumbu.
  7. Koreksi rasa dengan menambahkan garam dan bubuk merica sesuai selera.
  8. Terakhir, tambahkan potongan daun bawang, aduk sebentar hingga semua bahan tersampur rata.
  9. Angkat dan sajikan tumis bawang merah dengan udang di atas piring saji.

Tumis bawang merah dengan udang siap dinikmati sebagai hidangan utama bersama dengan nasi putih hangat. Hidangan ini juga dapat disajikan dengan nasi goreng, mi goreng, atau mie kuning sebagai alternatif sajian. Selain itu, Anda bisa menambahkan bahan tambahan lain seperti jamur, brokoli, atau tauge untuk variasi yang lebih beragam sesuai selera dan selera masing-masing. Selamat mencoba dan nikmati kelezatan tumis bawang merah dengan udang yang lezat!

baca juga : resep sambal bawang mentah

By ikautami

Sebagai penulis di poskan.com, saya memiliki minat yang besar dalam perkembangan teknologi, khususnya di dunia IT. Saya juga senang belajar hal-hal baru dan dengan antusiasme berbagi wawasan seputar dunia bisnis serta tips terbaru kepada pembaca.