Bikin Keripik Pisang yang Simpel dan Cocok untuk Cemilan Keluarga

bikin keripik pisang

Pisang adalah buah buahan yang paling digemari masyarakat. Selain dikosumsi sebagai buah, pisang juga digunakan untuk bahan makan salah satunya keripik pisang.

Manfaat Pisang untuk Kesehatan Tubuh

bikin keripik pisang

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium atau potasium dalam pisang dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung. Mineral elektrolit ini membuat listrik mengalir ke seluruh tubuh, sehingga jantung tetap berdetak.

Asupan tinggi kalium dan rendah natrium seperti pisang juga dapat mencegah tekanan darah tinggi, biang penyakit jantung. Kalium dalam pisang dapat mencegah arteri mengeras. Arteri yang kaku atau mengeras pada manusia bisa menyebabkan penyakit jantung.

Membantu Mengatasi Depresi

Pisang juga dapat membantu mengatasi masalah kesehatan mental depresi. Zat triptofan dalam pisang dapat diubah tubuh menjadi serotonin. Zat ini penting untuk memperbaiki suasana hati.

Triptofan juga dikenal mengatasi susah tidur. Susah tidur dapat memperburuk depresi. Selain itu, vitamin B6 dalam pisang dapat membantu tidur lebih nyenyak, dan magnesium membantu mengendurkan ketegangan otot.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Pisang adalah buah yang kerap digunakan untuk menjaga berat badan tetap ideal. Cita rasanya yang manis dan awet kenyang bisa menahan keinginan ngemil tak sehat.

Buah ini juga kaya serat, sehingga bisa membantu BAB tetap lancar dan teratur. Makan satu pisang dapat mencukupi 10 persen kebutuhan serat per hari. Vitamin B6 juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Menjaga Kadar Gula Darah

Pisang kaya akan pektin, sejenis serat yang dagingnya mirip spon. Pisang mentah juga mengandung pati resisten, yang bertindak seperti serat larut dan baik untuk pencernaan dan mengontrol gula darah.

Pektin dan pati resisten dapat mencegah gula darah melonjak setelah makan. Pisang juga bisa mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan lambung. Selain itu, pisang juga memiliki kadar indeks glikemik rendah.

Mengembalikan Energi yang Terkuras

Pisang terbukti bisa mengisi ulang energi dan elektrolit setelah aktivitas fisik berat. Buah ini disebut lebih efektif mengembalikan energi yang hilang setelah olahraga daripada minuman berenergi.

Serotonin dan dopamin dalam pisang meningkatkan kapasitas antioksidan, mengatasi stres oksidatif, dan meningkatkan kinerja fisik.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam pisang dapat melindungi kesehatan mata. Vitamin A adalah senyawa yang bisa menjaga selaput di sekitar mata dan protein yang bisa membawa cahaya ke kornea mata.

Pisang dapat membantu mencegah degenerasi makula, kondisi yang membuat penglihatan kabur karena penuaan.

Membantu Tulang Tetap Kuat

Kandungan kalsium dalam pisang dapat membantu menjaga tulang tetap kuat. Pisang mengandung banyak fructooligosaccharides. Zat ini adalah karbohidrat nondigestif yang mendorong probiotik dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium.

Mencegah Kanker Ginjal

Rutin makan pisang dapat mencegah kanker ginjal. Pisang berperan dalam mengurangi risiko terkena kanker ginjal bisa menurun. Pisang dapat mencegah kanker ginjal karena tingginya kadar senyawa fenolik antioksidan.

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat pisang untuk ibu hamil dapat membantu mencegah diabetes selama kehamilan (diabetes gestasional). Kurang tidur selama hamil dapat menyebabkan diabetes gestasional.

Magnesium dan triptofan dalam pisang dapat membantu tidur lebih nyenyak. Selain itu, konsumsi asupan kaya kalium seperti pisang juga bisa membantu ibu hamil anak laki-laki.

Cara Bikin Keripik Pisang

Bahan

  • 1.5 kg pisang kepok kuning tua mentah
  • air untuk merendam
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm air kapur sirih
  • minyak untuk menggoreng
  • 50 g margarin

Langkah

  1. Campur air, garam, dan air kapur sirih, kupas pisang, rendam dalam campuran air agar tidak berubah warna.
  2. Tiriskan pisang, lalu iris melintang setebal 2 – 3 mm menggunakan pisau atau slicer/mandoline agar ketebalnnya sama.
  3. Panaskan ± 1.5 L minyak goreng dalam wajan, tambahkan 1 sdm margarin, tunggu hingga mencair dan minyak panas kembali.
  4. Masukkan pisang iris secara bertahap, usahakan satu per satu agar tidak saling melekat.
  5. Goreng sambil diaduk hingga pisang berwarna kuning keemasan dan renyah, angkat.
  6. Lakukan hingga bahan habis.
  7. Tambahkan 1 sdm margarin ke dalam minyak panas setiap kali akan menggoreng pisang.
  8. Angkat keripik yang sudah matang dan keripik pisang siap disajikan

Selain artikel ini, Anda juga bisa membaca: Sanjai..!, Keripik Singkong Balado Khas Minang Nan Anjay..!