bisnis kelapa parut

Bisnis kelapa parut – merupakan bisnis yang sangat menarik dilakukan, mengingat kebutuhan santan yang berasal dari parutan kelapa selalu dibutuhkan keberadaanya. Biasanya kelapa parut ini digunakan untuk menaburi makanan tradisional seperti putu ayu, klepon, wingko, dan masih banyak lagi. Selain itu kelapa parut juga dijadikan santan untuk memasak.

Tak heran jika usaha kelapa parut sangat menarik untuk dilakukan, selain bahan baku yang mudah di dapatkan saingan bisnis ini juga belum banyak. Masyarakat Indonesia pun kebanyakan tak ingin di ribetkan dengan memarut kelapa, serba praktis lah yang diinginkan, sehingga peluang bisnis kelapa parut sangat terbuka lebar.

Kelapa parut sering juga digunakan untuk membuat santan dan digunakan untuk bubur ayam. Usaha bubur ayam sendiri termasuk usaha yang menguntungkan jika pintar dalamĀ analisa usaha bubur ayam.

Namun sebelum memulai bisnis ini Anda perlu mengetahui hal penting sebelum memulai bisnis ini, adapun tahapannya sebagai berikut

 

6 Tahapan Sebelum Memulai Bisnis Kelapa Parut

 

1. Bahan Baku

Langkah pertama yaitu tentukan bahan baku nya terlebih dahulu. Dalam usaha parut kelapa diperlukan kelapa sebagai bahan baku, kelapa bisa Anda dapatkan di pasar tradisional maupun di pengepul kelapa, jika Anda menginginkan harga yang lebih murah Anda bisa bekerja sama dengan petani kelapa langsung pasti harganya lebih murah.

Selain kelapa diperlukan mesin untuk untuk mengolah kelapa agar bekerja dengan cepat dan efisien, jika dikerjakan manual dengan tangan maka itu akan lama dan kurang efisien tangan anda bisa pegal pegal untuk memarut kelapa. Harga mesin pemarut kelapa sendiri bervariatif dari harga ratusan bahkan sampai puluhan juta.

2. Harga Jual Kelapa Parut

Tahapan yang kedua yaitu Anda perlu menentukan berapa harga jual kelapa parut ini sehingga bisa memaksimalkan keuntungan yang didapatkan, Anda bisa mematok harga parut kelapa agar bisa lebih terjangkau harganya. Biasanya kelapa parut sendiri di jual dengan kisaran 3500 perbungkus dan bisa lebih tergantung kemasannya.

3. Konsumen Kelapa Parut

Konsumen dari kelapa parut tidak menjadi suatu hal yang sulit untuk didapatkan. Apalagi mengingat kelapa parut ini selalu dibutuhkan oleh banyak sekali kalangan ibu ibu rumah tangga untuk bahan masakan selain itu para pebisnis makanan serta minuman sehingga untuk menentukan konsumen usaha kelapa parut relatif mudah. Ibu ibu rumah tangga dan pebisnis makanan maupun minuman menjadi target utama konsumen parut kelapa.

4. Lokasi Usaha untuk Pemasaran Kelapa Parut

Tahapan yang ke empat yaitu mencari lokasi untuk mendirikan usaha ini. Usaha kelapa parut ini bisa dijalankan dengan menyewa tempat di pasar tradisional, mengontrak kios kios di pinggir jalan raya yang terjangkau masyarakat umum, Selain itu menitipkan kelapa parut di beberapa toko maupun di penjual kaki lima perlu dilakukan untuk mensebarluaskan usaha ini.

6. Menjalankan Usaha Kelapa Parut

Langkah yang terakhir yaitu menjalankan usaha kelapa parut. Ketika menjalankan suatu usaha sangat dibutuhkan strategi yang tepat. Promosikan usaha yang Anda jalankan dan berikan harga yang menarik agar konsumen tertarik. Pelayanan juga sangat berpengaruh penting dalam melakoni bisnis kelapa parut ini.

Anda juga perlu mencari distributor dan bekerja sama dengan para petani kelapa agar menekan modal dan menghasilkan keuntungan yang sangat besar. Selanjutnya Anda juga bisa bekerja sama dengan orang lain untuk melakukan usaha yang menguntungkan ini.

Jika 6 tahapan di atas Anda pelajari dengan sungguh sungguh kemungkinan besar bisnis kelapa parut Anda akan berjalan dengan maksimal.

 

 

Keuntungan Bisnis Kelapa Parut

 

 

 

Selain di ambil santan nya untuk diolah Anda juga mendapatkan keuntungan lainnya dari kelapa, Adapun keuntungannya yaitu

1. Batok Kelapa

Pelindung daging kelapa ini mempunyai kegunaan yang bisa di ambil yaitu bisa dijadikan arang dengan di olah terlebih dahulu, dan bisa digunakan tempat meminum jamu tradisional.

2.Air Kelapa

Bagian kelapa yang kedua ini tersimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penunain dini, mencegah batu ginjal, menurunkan tekanan dehidrasi, dan yang pasti mencegah dehidrasi. Selain itu kandungan air kelapa masih banyak fungsi untuk kesehatan tubuh. Air kelapa juga bisa dibuat nata de coco

3. Ampas Kelapa

Yang terakhir yaitu bagian ampas kelapa. Ternyata ampas dari kelapa yang sudah diperas berguna untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Selain itu ampas kelapa tenyata bisa dijadikan bahan pakan ternak dan pupuk.

 

 

Melihat peluang bisnis kelapa parut sekaligus keuntungannya, bisa Anda jadikan acuan sebelum memulai bisnis ini. Selamat mencoba semoga berhasil. Terima Kasih!

By budi

Dalam kapasitas saya sebagai penulis di poskan.com, saya selalu memantau perkembangan teknologi, terutama di bidang teknologi informasi. Saya juga senang untuk terus belajar dan dengan gairah berbagi wawasan seputar dunia bisnis serta tips terkini kepada para pembaca.