Botol plastik yang bagus dalam kemasan minuman sangat diperhatikan dan sangat diperlukan oleh para konsumen. Karena kini botol minum atau yang biasa disebut tumblr kini telah menjadi gaya hidup banyak orang di zaman modern ini.

Selain untuk menghemat uang, membawa botol sendiri juga dapat dipastikan kesehatannya dibanding jika kita membeli minuman kemasan di warung. Banyak fakta yang menyatakan bahwa botol minum kemasan plastik tak sehat bagi tubuh.

Maka dari itu disini kita akan sama sama belajar mengenai bagaimana cara memilih botol plastik yang bagus dalam kemasan minuman. Berikut caranya, silahkan disimak!!!

 

Botol Plastik

botol plastik

Botol plastik adalah sebuah botol yang berbahan dasar plastik. Botol plastik biasanya dipakai untuk menyimpan cairan seperti air, minuman ringan, oli, minyak, obat, sampo, susu, tinta, dan jenis cairan lainnya.

Ukuran botol plastik sangat beragam ada botol sampel yang sangat kecil sampai ada juga botol yang besar.

 

Cara Mengemas Botol Plastik yang Bagus Agar Lebih Aman

botol plastik yang bagus

Cara pengemasan produk dapat disesuaikan dengan jenis produk. Penentuan jenis pengemasan juga sangat penting untuk diperhatikan karena kemasan yang digunakan akan menentukan keawetan dan kualitas produk tersebut.

Metode mengemas botol plastik menggunakan segel aluminium foil. Aluminium foil direkomendasikan sebagai segel karena :

  • Kekuatan dan kerekatan aluminium foil akan membuat produk lebih terjaga
  • Kemampuan aluminium foil untuk menjaga produk sehingga kualitas produk tidak menurun
  • Menjaga keamanan produk sehingga minuman tidak akan tumpah

Untuk melakukan pengemasan dengan aluminium foil kamu membutuhkan mesin segel terbaik atau alat press yang dapat membantu dalam merapikan pengemasan dengan kesalahan yang minimal.

Baca Juga : Cara Mengemas Sereal dengan Bagus Agar Menunjang Pasar

 

Tips Memilih Botol Plastik yang Bagus dalam Kemasan

cara memilih botol plastik

Mengingat botol yang berbahan dasar plastik ini dikategorikan tidak sehat, maka disini saya akan rangkumkan bagaimana tips memilih botol plastik yang bagus supaya kamu tidak salah pilih.

1. Pilih Berdasarkan Materialnya

Semua botol minum cenderung terbuat dari bahan plastik karena bahannya lebih murah dan mudah didapatkan oleh produsen. Namun jenis plastik juga ada beragam. Material yang harus diperhatikan disini adalah jenis plastik yang digunakan.

2. Perhatikan Tanda di Bawah Botol

Biasanya, botol minum terbaik adalah botol yang terbuat dari material plastik dengan kualitas food grade seperti low density polyethylene (LDPE) atau polypropylene(PP). Cara mudah untuk mengetahui tingkat keamanan botol plastik adalah dengan melihat  tanda yang ada di bawah botol.

Biasanya tanda tersebut berupa simbol segitiga dengan angka tertentu di dalamnya. Botol plastik yang aman digunakan berulang kali adalah botol dengan tandai kode angka 5. Kemudian, yang masih cukup aman untuk digunakan hingga beberapa kali penggunaan adalah botol berangka 1, 2, dan 4.

Namun jangan pernah gunakan botol minum yang memiliki kode angka 3, 6, dan 7 di bawahnya karena itu sangat berbahaya untuk kesehatan.

3. Botol Minum Harus Bebas BPA

Selain material dan kode tingkat keamanan, saat memilih botol minum kamu juga harus memperhatikan BPAnya. Pastikan kamu memilih botol minum yang mencantumkan tanda BPA-Free pada kemasannya.

BPA atau Bisphenol-A adalah bahan kimia yang sangat berbahaya namun biasa digunakan dalam kemasan makanan dan minuman. Bahkan saking bahayanya, BPA bisa menyebabkan cacat lahir, gangguan otak, gangguan reproduksi, hingga kanker bila sering dikonsumsi.

4. Pilih Berdasarkan Cara Minumnya

Botol plastik minuman kekinian biasanya didesain dengan unik dan menarik, baik dari tampilannya atau juga pilihan cara minumnya. Ada jenis botol minum yang cara minumnya langsung dengan meneguk air dari lubang di atas botolnya. Ada juga jenis botol minum yang dilengkapi sedotan agar lebih memudahkan saat minum.

Usahakan memilih jenis botol plastik yang cara minumnya lebih memudahkan dan membuat nyaman.

5. Pilih Botol Plastik Minuman Sesuai Kegunaannya

Saat ini juga banyak botol minum kekinian yang didesain sesuai dengan fungsi dan kegunaan tertentu. Seperti ada botol minum khusus traveling, botol minum khusus hiking, botol minum anak-anak, ataupun botol minum multifungsi.

Pilihlah botol minum yang sesuai dengan kebutuhanmu, karena nantinya ini akan sangat menguntungkan dan memudahkan penggunaannya serta dapat membuat botol lebih awet.

 

Kesimpulan

Botol plastik yang bagus dalam kemasan perlu ditinjau lebih lanjut supaya tidak membahayakan kesehatan. Segala aspek perlu perhatikan supaya tetap higenis dan tahan lama penggunaannya. Dengan ini, semoga artikel ‘Botol Plastik yang Bagus dalam Kemasan, Bagaimana Memilihnya?’ dapat membantu kamu dalam memilih botol dengan tepat.