Bumbu Gudeg Nangka Khas Jogja

bumbu gudeg nangka khas jogja

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bumbu gudeg nangka khas jogja. Gudeg nangka ialah gudeg yang terbuat dari ¬†buah nangka muda atau disebut juga dalam bahasa Jawa ‘Gori’ atau ‘Tewel’ yang dimasak dengan santan kental atau ‘areh’. Hidangan ini mempunyai dua jenis, yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Sehingga jenis tersebut biasanya sangat tepat bila dijadikan buah tangan atau oleh-oleh kala melancong ke kota pelajar.

Gudeg nangka, seperti yang telah kamu ketahui bahwa merupakan salah salu hidangan tradisional khas Jogja. Ya, memang makanan ini masuk dalam sebagai salah satu kebudayaan asli Indonesia. Rasa olahan ini sangat nikmat, dengan bumbu gudeg Jogja yang khas. Rasa manis dan gurih bercampur dengan aneka bahan lainnya seperti sambal krecek, sayur tempe, daging ayam kampung dan telur ayam.

Cara Membuat Gudeg Nangka

bumbu gedeg nangka khas jogja

Cara membuat gudeg nangka sebetulnya tidak rumit. Bahkan terbilang cukup mudah, namun memang dibutuhkan takaran yang sesuai agar tercipta rasa yang diinginkan. Saat ini, setelah kamu mengetahui sejarah dan gambaran tentang serba serbi makanan ini. Penasaran dengan cara membuatnya, mari kita simak artikel berikut ini.

Bahan dan Bumbu

  • Bahan utama yang diperlukan adalah buah nangka muda kurang lebih sebanyak 1 kg. Kasih nangka yang benar benar muda yang belum ada bijinya atau bijinya masih kecil.
  • Santan yang dihasilkan dari perasan parutan buah kelapa kurang lebih sebanyak 1000 ml.
  • Lengkuas ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 ruas jari orang dewasa. Cuci bersih dan pukul pukul/memarkan terlebih dahulu agar aromanya keluar dan mudah untuk tercampur dengan bumbu lain.
  • Daun jati ukuran sedang besar sebanyak 6-7 pcs. Pilih daun jati yang masih muda supaya menimbulkan warna coklat cantik pada makanannya.
  • Daun salam ukuran sedang besar sebanyak 2 pcs saja.
  • Daging ayam ukuran sedang 1/2 ekor. Potong potong sesuai selera atau kurang lebih 4-6 potong.
  • Gula merah tingkat bagus sebanyak kurang lebih 90-100 gram. Iris kecil-kecil supaya mudah tercampur dengan bahan lain.
  • Air bersih untuk memasak nangka mudanya kurang lebih sebanyak 1.2-1-5 liter liter. Lebih baik jika menggunakan air kelapa supaya lebih legit hasilnya.
  • Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 4 siung. Kupas kulitnya sebelum digunakan.
  • Bawang merah lokal berukuran sedang besar sebanyak 10 siung. Kupas kulitnya dulu supaya mudah untuk dihaluskan.
  • Kemiri kurang lebih sebanyak 6 butir. Sangrai terlebih dahulu sebelum di gunakan.
  • Garam dapur beryodium kurang lebih sebanyak 4 sendok kecil atau sendok teh.
  • Ketumbar kurang lebih sebanyak satu sendok teh. Sangrai terlebih dahulu sebelum dihaluskan.

Bahan Santan Kental /Areh

  • Santan 300 ml, dari 1 butir kelapa
  • Garam 1 sendok teh
  • Daun salam 2 lembar

Cara Membuat Gudeg Nangka

  1. Siapkan satu panci ukuran agak besar. Letakkan sebagian daun jati muda di bagian paling bawah supaya aroma dan warnanya rata.
  2. Masukkan air bersih atau air kelapanya ke dalam panci.
  3. Letakkan buah nangka yang sudah dipotong kecil kecil terlebih dahulu ke dalamnya lalu tutupi bagian atasnya dengan sisa daun jati agar melekat semua.
  4. Tanak buah nangka muda dan daun jatinya menggunakan api kecil sedang sampai benar benar empuk lalu ditiriskan.
  5. Sekalian menunggu nangkanya empuk, kita siapkan bumbu halus dan bahan lainnya.
  6. Lalu masukkan ketumbar dan garamnya ke dalam cobek dan haluskan.
  7. Letakkan bawang putihnya, campur dan haluskan.
  8. Masukkan kemirinya lalu uleg/haluskan lagi.
  9. Terakhir masukkan bawang merah dan haluskan.
  10. Sediakan satu panci lagi dan masukkan bumbu halus dan santannya. Rebus dan aduk aduk semua bahan.
  11. Masukkan lengkuas, daun salam, irisan gula merah dan potongan daging ayamnya. Aduk aduk sampai mendidih dan daging ayam empuk.
  12. Masukkan rebusan nangka muda diatas ke dalamnya dan rebus lagi sampai kuahnya agak kering. Cicipi terlebih dahulu dan tambahkan gula merah dan garam kalau dirasa perlu.

 

Nahh, tidak ada alasan lagi untuk bereksperimen dengan resep bumbu gudeg nangka khas Jogja yang dijelaskan di atas bukan? Anda dapat menikmati makanan khas Jogja tanpa perlu kekotanya dan bahkan anda dapat mengkreasikannya sesuai cita rasa masing-masing.

Ternyata tidak terlalu sulit bukan cara membuatnya, anda dapat menyajikan masakan khas Jogja tersebut bersama dengan nasi putih hangat, sambal krecek, bumbu kacang dan lainnya sehingga gudeg pun semakin lezat saat dinikmati. Demikianlah artikel kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!!!