Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Dan Gurih

Hai, kali ini saya akan membagikan mengenai cara bikin keripik singkong renyah dan gurih. Dapat kalian praktikan dirumah dengan sangat mudah. Berbagai macam manfaat dan juga jenisnya akan saya sampaikan juga disini.

Keripik

Adalah sejenis makanan ringan berupa irisan tipis dari umbi-umbian, buah-buahan, atau sayuran yang digoreng di dalam minyak nabati. Untuk menghasilkan rasa yang gurih dan renyah biasanya dicampur dengan adonan tepung yang diberi bumbu rempah tertentu.

Secara umum keripik dibuat melalui tahap penggorengan, tetapi ada pula dengan hanya melalui penjemuran, atau pengeringan. Keripik dapat berasa dominan asin, pedas, manis, asam, gurih, atau paduan dari kesemuanya. Keripik singkong banyak diproduksi di kota Bandung dengan berbagai macam rasa dan varian. Di Yogyakarta terdapat keripik berbahan baku jamur tiram.

Keripik Singkong Renyah Dan Gurih

Keripik Singkong Renyah Dan Gurih

Bahan-bahan:

  • 2 kg singkong
  • 1 sdt baking soda
  • air panas 1 liter
  • 1 sdt garam
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Bikin Keripik Singkong Renyah Dan Gurih:

  1. Cuci bersih singkong yang telah diiris tipis menggunakan mesin keripik singkong sampai bersih.
  2. Siapkan bahan rendaman. Air panasnya bukan yang baru mendidih. Tambahkan garam dan baking soda aduk rata.
  3. Masukkan singkong ke bahan rendaman. Rendam kurang lebih 45 menit-1 jam.
  4. Tiriskan singkong kemudian bilas lagi dengan air bersih tiriskan lagi.
  5. Panaskan minyak secukupnya harus terendam ya. Goreng singkong sampai kekuningan, sesekali diaduk-aduk supaya matang merata. Setelah matang langsung taburi bumbu sesuai selera.

Baca juga: Cara Membuat Singkong Goreng Renyah Dan Merekah

Manfaat Singkong

1.Kaya Akan Nutrisi Penting

Singkong rebus juga cocok dimasukkan ke dalam menu diet rendah lemak dengan kandungan hanya 0,3 gram saja.

  • 154 kkal energi
  • 1 gram protein
  • 36,8 gram karbohidrat
  • 31 mg vitamin C
  • 1,1 mg zat besi
  • 77 mgkalsium
  • 0,9 gram serat

2.Menurunkan Risiko Sindrom Metabolik

Sindrom metabolik adalah kombinasi beberapa gangguan kesehatan yang mengindikasikan adanya risiko yang lebih tinggi terkena diabetes atau penyakit jantung.Biasanya ditandai oleh gejala-gejala seperti meningkatnya kadar gula dalam darah, kadar kolesterol, dan lingkar pinggang, di antara faktor lainnya.

Singkong memiliki kandungan flavonoid dan serat yang dapat melindungi tubuh dari berkembangnya sindrom metabolik dan komplikasi terkait lainnya.Manfaat singkong ini menjadi lebih efektif ketika dijadikan pangan utama pengganti nasi atau gandum.

3.Mempercepat Penyembuhan Luka

Singkong kaya akan vitamin C, sehingga salah satu manfaat singkong adalah dapat membantu penyembuhan luka lebih cepat.Dengan kandungan 31 mg vitamin C dalam 100 gram singkong, jumlah ini cukup untuk memenuhi sekitar 34 persen kebutuhan harian orang dewasa.

4.Menurunkan Tekanan Darah

 

Khasiat singkong untuk kesehatan juga dirasakan bagi yang memiliki tekanan darah tinggi. Dalam 100 gram singkong juga terkandung potasium yang memenuhi sekitar 6 persen kebutuhan harian.Manfaat singkong yang tinggi potasium ini yaitu mampu menurunkan tekanan darah dengan membantu menyeimbangkan kadar garam dalam darah.

Sebagai sumber potasium yang cukup tinggi, selain pisang dan kentang, singkong adalah pilihan tepat dimasukkan dalam menu makanan sehari-hari bagi penderita hipertensi atau siapa saja yang ingin menjaga tekanan darah agar tetap sehat.

5.Cocok untuk Diet

Sehingga jika Moms dan Dads sedang dalam program diet atau menginginkan pola makan lebih sehat, manfaat singkong sebagai alternatif sumber karbohidrat dan serat patut dipertimbangkan.

Perhatian dan keamanan
  • Umbi tertentu mengandung senyawa beracun alami yang bernama glikosida sianogen linamarin dan metil-linamarin. Namun mengupas singkong akan mengurangi kandungan sianida, pengeringan matahari dan perendaman, perebusan akan menguapkan senyawa ini, yang membuatnya aman untuk dikonsumsi manusia. Menkonsumsi mentah dapat keracunan sianida dengan gejala seperti muntah, mual, pusing, sakit perut, sakit kepala, dan bahkan kematian. Secara umum, kandungan sianida secara substansial lebih tinggi di bagian luar dan kulit.
  • Tidak boleh mengambil singkong yang telah lama disimpan, dengan ditandai dengan garis-garis atau perubahan warna pada ujung yang menjadi keabu-abuan.
  • Jangan mengkonsumsi jenis singkong yang lebih tinggi kandungan racunnya, yaitu jenis ungu atau yang juga disebut genderuwo. Jadi, belilah ubi kayu hanya pada pedagang yang terpercaya.
  • Mengkonsumsi  secara monoton dapat mengakibatkan kondisi kronis seperti neuropati ataxic tropis (TAN) dan diabetes mellitus.

Demikianlah cara membuat keripik singkong renyah dan gurih yang enak. Cukup ini yang bisa saya sampaikan disini, sekaligus beberapa manfaat dan keamanannya. Selamat mencoba semoga berhasil, Terimakasih.