Cara Bikin Keripik Tempe Renyah Gurih Anti Gagal!

keripik tempe

Cara bikin keripik tempe renyah memang tidak sulit. Meski begitu, kalian tetap harus berhati – hati saat membuatnya. Sebab jika pengirisan tempe terlalu tebal. Hasilnya tidak akan renyah dan enak. Malah akan keras dan alot.

Penyuka keripik tempe berasal dari berbagai kalangan. Baik anak muda maupun orang dewasa. Kalian bisa menemukan keripik tempe di toko terdekat. Namun, kalian juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Sehingga tak perlu repot – repot beli.

Selain camilan, hasil olahan keripik tempe bisa di jual. Dengan bahan baku murah dan cara membuat mudah. Kalian bisa banjir keuntungan jika menjual camilan enak yang satu ini.

Harga bahan bakunya sangat murah. Selain itu juga mudah kalian temui di penjual sayur terdekat. Tempe kemudian dipotong dan diberi bumbu, sebelum akhirnya di goreng. Lalu bisa kalian nikmati sambil bersantai di rumah.

Tempe dapat diolah menjadi lauk pauk. Bisa juga camilan renyah yang disebut keripik tempe. Cara bikin keripik tempe yang mudah. Mampu membuat siapapun mau membuatnya. Beberapa lagi memilih langsung membeli.

Selain dibuat keripik tempe dan digoreng. Ada banyak olahan lain dari tempe. Seperti tempe bacem, sambal goreng tempe, atau dijadikan tempe bumbu santan. Pengolahan tempe tergantung selera masing – masing.

Ingin tahu cara bikin keripik tempe? Yuk, simak cara bikin keripik tempe renyah berikut!

Cara Bikin Keripik Tempe Renyah

keripik tempe renyah

Bahan – Bahan :

  • 400 -500 gr tempe yang masih baru
  • 250 ml air dingin
  • 100 gr tepung beras
  • ½ sdt air kapur sirih (boleh diganti soda kue)
  • 3 sdm tepung sagu
  • 2 lembar daun jeruk purut, iris halus
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Halus :

  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm kencur
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdm ketumbar
  • 3 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya
  • 1 sdt garam atau sesuai selera

Cara Bikin Keripik Tempe Renyah:

  1. Iris tempe setipis mungkin. Bentuk sesuai selera dan tergantung tempe yang dipakai. Sisihkan.
  2. Haluskan bawang putih, kencur, kemiri, ketumbar. Haluskan juga daun jeruk purut dan garam sampai halus.
  3. Iris halus 2 lembar daun jerupuk purut, jika kalian pakai. Sisihkan.
  4. Masukkan tepung beras dan tepung sag uke mangkuk. Masukkan pula bumbu halus ke dalam mangkuk. Kalian bisa menggunakan wadah yang cukup besar.
  5. Tambarhkan air secara bertahap. Sambil di aduk agar membentuk adonan agak kental. Cicipi adonan. Jika perlu tambahkan lagi garam secukupnya.
  6. Masukkan irisan daun jeruk purut. Kembali aduk hingga rata.
  7. Panaskan minyak di atas wajan. Menggunakan api sedang. (kalian bisa menggoreng di mesin vaacum frying)
  8. Celupkan irisan tempe pada adonan. Pastikan semua permukaan tempe terlapisi sempurna.
  9. Goreng dan balik hingga keripik tempe kering.
  10. Setelah berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Tips dan Trik :

  1. Agar rasa adonan pas. Tes dengan cara menggorengnya sedikit. Setelah matang, coba rasakan. Tambahkan bumbu jika diperlukan.
  2. Pilih tempe berkualitas bagus. Warnanya putih, berbau segar serta teksturnya padat. Jika tempe sudah asam. Kualitas tempe sudah menurun. Jadi, gunakan tempe yang masih baru ya.
  3. Celupkan tempe ke adonan satu per satu. Tujuannya agar adonan tidak menggumpal. Serta keripik tempe tebaluri dengan merata. Hasil keripik tempe akan lebih bagus.
  4. Agar semakin renyah. Gunakan perpaduan tepung beras dan tapioka pada adonan. Jangan menggunakan tepung terigu!
  5. Goreng keripik sebanyak 2 kali. Agar kerenyahan keripik tempe bertahan lama. Jadi, saat kalian makan lagi akan tetap renyah dan enak dimakan.

Meski terlihat camilan sederhana. Tempe memiliki banyak manfaat loh. Salah satunya sebagai sumber kalsium yang setara dengan susu sapi. Tempe juga satu – satunya sumber vitamin B12 dari nabati.

Selain itu, tempe terkenal sebagai antioksidan. Bagi kalian yang sedang diet. Tempe juga sangat baik jika dikonsumsi. Wah, banyak banget kan manfaat tempe yang bisa kalian dapatkan?

Sudah tidak diragukan lagi bahwa kandungan protein tinggi yang bagus dalam tempe menjadi salah satu asupan nurtrisi bagi tubuh. Olahan keripik tempe kian marak diminati dan menjadi salah satu pilihan oleh-oleh.

Bagaimana? Gampang banget kan cara bikin keripik tempe renyahnya? Kalian bisa menambah bubuk balado. Sehigga keripik tempe akan terasa pedas. Cocok banget untuk dimakan bersama keluarga saat berkumpul. Selamat mencoba!