cara membuat keripik tempe tapioka

Pada kesempatan saya kali ini saya akan membagikan resep cara bikin keripik tempe tapioka,tapi sebelum masuk ke pembahasannya apakah kalian tahu apa itu keripik tempe? Pasti dari kalian ada yang belum tahu. Simak dibawah ini

Definisi Keripik Tempe

cara membuat keripik tempe tapioka

Keripik tempe adalah makanan ringan yang berbahan dasar dari tempe yang diiris tipis-tipis kemudian digoreng dengan menggunakan tepung yang telah dibumbui. Biasanya keripik tempe ini cenderung berasa asin dengan aroma bawang yang gurih. Makanan ringan ini sudah banyak tersebar hampir merata di seluruh pulau jawa.

Keripik tempe merupakan makanan khas daerah banyumas. Rasanya yang gurih dan renyah membuat makanan ini sangat cocok untuk dijadikan cemilan atau makanan ringan bahkan bisa dijadikan sebagai lauk pauk.

Walaupun sama-sama berbahan dasar tempe, tetapi cara membuat keripik tempe dengan cara membuat kerupuk tempe itu berbeda. Perbedaan keduannya jelas pada proses pembuatanya.

Kandungan protein yang ada di dalam kedelai sebagai bahan utama pembuatan keripik tempe banyak mengandung protein dan mineral sehingga sangat baik dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari. Pada proses pembuatannya, kunci utama agar hasil keripik ini bisa maksimal adalah pada proses pemilihan bahan baku.

Setelah kalian mengetahui definisi dari keripk tempe, berikut ini cara bikin keripik tempe tapioka.

Cara Bikin Keripik Tempe Tapioka

cara membuat keripik tempe tapioka

Bahan-bahan :

  • 2 buah papan tempe yang belum jadi atau masih kedelai yang diberi ragi
  • Tepung kanji atau tapioka 500gr
  • Plastik untuk membungkus
  • Tusuk gigi atau lidi 1 buah
  • Karet gelang secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu :

  • Bawang putih 8 siung , lalu haluskan
  • Kemiri 2 butir, haluskan
  • Garam 1/2 sdm
  • Air secukupnya

Cara Bikin Keripik Tempe Tapioka :

  1. Siapkan wadah besar dan bersih, lalu campurkan kedelai calon tempe dengan tepung tapioka. Aduk sampai rata menggunakan spatula dan pastikan semua kedelai tadi tercampur dengan tepung sampai rata.
  2. Kemudian siapkan plastik es atau plastk bening biasa, lalu masukan adonan tempe tadi ke dalam dalam plastik secukupnya.
  3. Tekan, padatkan adonan dan bentuk melingkar panjang seperti es. Lalu ikat ujung plastik menggunakan karet yang kencang. Tusuk-tusuk adonan tempe menggunakan tusuk gigi atau lidi agar udara fermentasi tempe bisa keluar.
  4. Diamkan adonan tempe pada suhu ruangan selama sehari semalam atau 2 malam hingga tempe berkerut,berembun dan matang. Jika tempe sudah kelihatan masak, buka plastik pembungkusnya kemudian iris tipis-tipis adonan kerpik tempe.
  5. Campurkan bahan bumbu tadi kedalam wadah. Panaskan minyak goreng yang banyak agar keripik bisa matang merata.
  6. Setelah minyak panas, masukan tempe satu per satu ke dalam bumbu, lalu goreng hingga matang dan kering. Jangan lupa dibolak-balik agar tidak gosong.
  7. Angkat dan tiriskan tempe sampai keripik tempe dingin, kemudian masukan keripik tempe ke dalam toples kedap udara. Keripik tempe siap di sajikan.

Baca Juga : Cara Masak Mie Bihun Putih

Setelah kalian tahu definisi tempe dan cara membuat keripik tempe, ternyata ada banyak jenis keripik lho, tidak hanya keripik singkong, ketela, dan tempe saja tetapi masih banyak lagi. Kalian ingin tahu? Simak dibawah ini.

Macam-Macam Keripik

cara membuat keripik tempe tapioka

1. Keripik Gadung

Makanan ringan ini adalah salah satu camilan yang banyak disukai. Tetapi, pengolahan umbi-umbi an ini harus teliti karena jika salah pengolahannya, bisa menjadi beracun dan kurang aman untuk dikonsumsi. Manfaat keripik gadung sangat banyak mulai dari bisa melancarkan pencernaan, mencegah kusta dan melancarkan haid.

2. Keripik Pisang

Camilan satu ini berbahan dasar pisang dibuat cara memotong tipis-tipis pisang, kemudian digoreng hingga kering dan diberi bumbu. Makanan ringan ini biasanya dijual dengan 2 rasa yaitu gurih dan manis. Tetapi, kebanyakan orang akan lebih menyukai keripik pisang yang gurih karena, lebih gurih dan renyah.

3. Keripik Bayam

Siapa yang bilang kalau sayuran tidak bisa dibuat keripik? Nih nyatanya daun bayam bisa dibuat keripik. Daun bayam yang digunakan untuk membuat keripik biasanya daunnya lebar, kemudian digoreng dengan tepung hingga kering. Sama seperti dengan kerupuk, keripik bayam  ini juga sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai pelengkap pada saat makan besar.

4. Keripik Tahu

Kalau yang kita bahas tadi keripik tempe, ternyata tahu juga bisa dijadikan keripik lho. Caranya tahu digoreng hingga kering dan diberi bumbu hingga berasa gurih. Selain dijadikan sebagai oleh-oleh, keripik tahu ini juga sangat cocok untuk dijadikan camilan saat santai dan juga pelengkap saat makan di rumah menggunakan sayur sop, sayur bayam, atau makanan berkuah lainnya.

Demikian penjelasan artikel saya kali ini, jika ada salah penulisan saya mohon maaf.