Cara Bikin Susu Kacang Kedelai

Cara Bikin Susu Kacang Kedelai

Pada artikel kali ini, saya akan membahas cara bikin susu kacang kedelai. Caranya sangat mudah dan dapat kamu lakukan sendiri dirumah. Yukk simak artikel berikut!

Kedelai

Cara Bikin Susu Kacang Kedelai

Kacang kedelai adalah salah satu jenis kacang yang cukup sering dikonsumsi masyarakat.

Kacang yang memiliki nama latin Glycine max ini populer karena dapat diolah menjadi berbagai macam panganan, mulai dari tahu, tempe, susu, kecap, tauco, terigu, hingga minyak.

Berdasarkan warna kulit bijinya, kacang ini memiliki beberapa jenis, yaitu kedelai hijau, kuning, hitam, dan cokelat. Di Indonesia sendiri, jenis yang paling banyak ditanam adalah kedelai yang berwarna kuning dan hitam.

Kandungan Biji Kedelai

Dalam seporsi atau kira-kira 100 gram kacang kedelai, terdapat sekitar 150–170 kalori dan bermacam nutrisi berikut:

  • 10 gram protein
  • 13–14 gram karbohidrat
  • 5 gram lemak
  • 3,5–5 gram serat
  • 100 mg kalsium
  • 8 mg zat besi
  • 850–900 mg kalium
  • 500 IU vitamin A

Selain itu, kacang kedelai juga mengandung antioksidan isoflavon, vitamin C, vitamin B1, magnesium, folat, selenium, zinc, serta lemak baik omega-3 dan omega-6.

Atas kandungan nutrisinya yang tinggi, kacang kedelai sudah lama dikenal sebagai salah satu jenis makanan sehat. Kacang kedelai juga banyak dikonsumsi sebagai sari kedelai atau pengganti susu bagi orang yang alergi minum susu sapi.

Cara Bikin Susu Kacang Kedelai

Bahan-bahan

  • Biji kedelai 1 kg
  • Daun pandan 3 lembar
  • Perasa vanilli cair atau bubuk 1 sdt
  •  Coklat bubuk tanpa pemanis 1 sdm
  • Kayu manis 1 batang
  • Air mineral 10 liter
  • Gula 4 sdm
  • Garam 1 sdt

Alat-alat

  • Panci
  • Saringan
  • Kompor
  • Blender atau mesin susu kedelai

Langkah-langkah

  1. Cuci bersih biji kedelai lalu rendam biji kedelai dengan air selama 8 jam. Cuci lagi dan buang kulitnya.
  2. Blender biji kedelai yang sudah direndam dengan 5 liter air mineral. Lalu saring dengan kain katun tipis yang bersih sebelum direbus.
  3. Rebus susu kedelai dengan api sedang. Masukkan pula gula dan daun pandan. Aduk terus hingga mendidih.
  4. Saring susu kedelai menggunakan kain katun bersih.
  5. Susu kedelai siap disajikan.

Baca Juga : Cara Membuat Roti Korean Garlic

Manfaat Susu Kedelai

Cara Bikin Susu Kacang Kedelai

1. Menjaga kesehatan jantung

Susu kedelai mengandung protein yang dibutuhkan tubuh sebagai energi untuk pertumbuhan. Asam amino dan isoflavon yang terkandung dalam susu kedelai berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Ada studi yang menyimpulkan bahwa susu kedelai mampu menurunkan tekanan darah lebih baik dibandingkan dengan susu sapi pada pasien dengan hipertensi ringan sampai sedang. Meskipun begitu, efektivitas susu kedelai terhadap kesehatan jantung belum terbukti secara ilmiah.

2. Memelihara kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis

Berkat vitamin D yang ditambahkan ke dalamnya, mengonsumsi susu kedelai bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Manfaat susu kedelai lainnya adalah mengurangi kemungkinan terjadinya osteoporosis pada wanita paska menopause.

Osteoporosis merupakan risiko yang dialami wanita berusia di atas 50 tahun. Kurangnya kalsium dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya penyakit tersebut.

3. Melindungi sel tubuh dari radikal bebas

Antioksidan yang terdapat pada susu kedelai akan merusak rantai radikal bebas dan melindungi sel tubuh dari kerusakan akibatnya. Radikal bebas bisa merusak sel tubuh dan menyebabkan penyakit kronis seperti jantung dan obesitas, serta obesitas.

Susu kedelai juga melindungi hati dan menurunkan stres oksidatif di dalam tubuh. Secara tidak langsung, antioksidan mampu mencegah kemungkinan terjadinya penyakit-penyakit tersebut.

4. Mencegah obesitas dan menurunkan kolesterol

Obesitas dapat terjadi pada pria maupun wanita setelah menopause. Isoflavon pada susu kedelai memiliki efek hormonal yang dapat menghambat adipogenesis yang dapat menurunkan pelebaran dari jaringan lemak.

Hal ini turut mempengaruhi dalam menurunnya kadar LDL kolesterol dalam darah dan dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

5. Melancarkan pencernaan

Susu kedelai diketahui memiliki banyak protein, lemak, dan karbohidrat yang baik untuk tubuh. Manfaat yang didapatkan dari susu kedelai ini didapatkan dari antioksidan isoflavon yang terkandung di dalamnya.

Isoflavon pada susu kedelai juga baik dalam meningkatkan penyerapan makanan oleh usus sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

Risiko mengonsumsi susu kedelai

Cara Bikin Susu Kacang Kedelai

Walau memiliki beragam zat gizi penting bagi tubuh, susu kedelai pun mempunyai risiko dan efek samping tersendiri. Konsumsi kedelai sebanyak 30 gram per hari selama sebulan diduga dapat meningkatkan risiko gangguan fungsi tiroid.

Senyawa isoflavon dalam kedelai diduga berkaitan dengan menurunnya jumlah sperma. Tapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kebenaran dari pernyataan tersebut.

Telah disebutkan bahwa susu kedelai bisa dijadikan alternatif untuk susu sapi. Tetapi, tidak semua orang cocok dan bisa minum susu kedelai, terutama bayi yang alergi.

Dengan demikian, sebelum memutuskan untuk memberikan susu berbahan kedelai pada anak, diperlukankonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Kedelai mengandung fitoestrogen yang secara alami dihasilkan oleh tanaman. Untuk sebagian orang, senyawa kimia ini dapat berdampak negatif pada tubuh.

Tubuh secara alami memproduksi hormon estrogen, sementara fitoestrogen hampir sama dengan hormon estrogen. Makanya, mengonsumsi susu kedelai berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kadar hormon estrogen dalam tubuh.

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, kamu akan mendapatkan manfaatnya bagi tubuh. Susu ini tidak menimbulkan masalah selama dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

Konsumsi kedelai dalam bentuk apa pun, perlu diimbangi dengan berbagai buah dan sayuran, biji-bijian utuh, dan produk protein lainnya. Tubuh Anda membutuhkan bermacam-macam nutrisi dari beragam jenis makanan.

Sekian artikel cara bikin susu kacang kedelai , semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencobannya!