Cara Buat Jamu Beras Kencur dan Khasiatnya

cara buat jamu beras kencur

Cara buat jamu beras kencur berikut ini sangat mudah dan bisa langsung Anda praktekan di rumah karena bahan-bahan yang digunakan mudah didapatkan di sekitar Anda.

Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur merupakan obat tradisional yang secara turun temurun dipercaya mampu menyembuhkan dan mencegah beberapa penyakit. seperti namanya, jamu beras kencur terbuat dari bahan dasar beras dan rimpang kencur.

Khasiat

Seperti yang kita tahu, kencur mengandung banyak senyawa kimia yang bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya yaitu Etip p-metoksisinamat, pati, mineral, sineol, asam metil kanil, penta dekaan, asam sinamat, etil ester, borneol, kamfen, paraeumarin, asam anisat, alkaloid, dan gom. Berikut ini manfaat jamu beras kencur bagi kesehatan.

  • Mengobati penyakit. Jamu beras kencur dipercaya dapat mengobati penyakit seperti hipertensi, rematik, batuk, sakit kepala, sakit gigi, maag, nyeri dada, sakit perut, hingga radang tumor. Tak hanya itu, jamu beras kencur juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi gangguan tidur, stres, dan gangguan kecemasan.
  • Mencegah karies gigi. Kencur memiliki sifat antimikroba yang berguna untuk menghambat perkembangan bakteri Lactobacillus acidophilus di dalam mulut. Jika dibiarkan, bakteri akan semakin banyak dan bisa menyebabkan karies gigi.
  • Menambah nafsu makan. Khasiat jamu beras kencur ini banyak dimanfaatkan sebagai penambah nafsu makan pada anak.
  • Manfaat beras kencur untuk kulit. Jamu beras kencur memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit. Di antaranya yaitu untuk mengencangkan kulit, menyembuhkan luka, mengendalikan produksi minyak berlebih pada wajah, dan perawatan wajah berjerawat.

Cara Buat Jamu Beras Kencur

Bahan Baku

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan jamu beras kencur, ada banyak variasi bahan yang digunakan, namun dua bahan dasar pokok yang selalu digunakan, adalah beras dan kencur. Komposisi yang digunakan tidak selal sama di antara para produsen jamu. Bahan-bahan lain yang biasanya dicampurkan ke dalam racikan jamu beras kencur yaitu biji kedawung, rimpang jahe, biji kapulogo, buah asam, kayu keningar, kunir. Tak lupa pemanis yang digunakan adalah gula merah dan gula putih.

Cara Membuat

  1. Langkah pertama dalam pembuatan jamu beras kencur yaitu menyangrai beras.
  2. Setelah disangrai, beras ditumbuk hingga halus.
  3. Bahan-bahan racikan jamu beras kencur lainnya juga ditumbuk hingga halus, atau Anda bisa menghaluskannya dengan menggunakan blender atau Mesin Penggiling Jamu.
  4. Rebus air hingga mendidih.
  5. Campurlah semua bahan jamu beras kencur yang telah dihaluskan.
  6. Kemudian tuanglah air mendidih ke bahan racikan tersebut.
  7. Untuk mengambil sari beras kencur, larutan bahan-bahan tadi kemudian disaring menggunakan saringan atau diperas menggunakan kain bersih.
  8. Langkah terakhir, masukkan jamu beras kencur ke dalam botol. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau menyimpannya di dalam lemari es. Ketika akan mengonsumsinya kembali, Anda dapat memanaskannya di atas api.

 

Sekarang telah banyak dijual jamu beras kencur kemasan yang dijual di toko-toko. Bedanya adalah jamu beras kencur dalam kemasan ini berbentuk bubuk, dan bisa langsung diseduh.

Namun dengan membuat jamu beras kencur sendiri di rumah, kita dapat memastikan bahan yang digunakan adalah dari bahan alami dan bahan-bahan yang digunakan bisa menyesuaikan dengan selera pribadi kita.

Yuk kita praktekkan cara buat jamu beras kencur diatas. Selain mudah pembuatannya, khasiat jamu beras kencur ini sudah tidak bisa diragukan lagi karena telah dipercaya sebagai obat tradisional secara turun temurun. Untuk informasi menarik lainnya, kunjungi Poskan Konten.