Macam-Macam Manfaat dan Cara Buat Jus Tomat Hijau yang Gampang

pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai beberapa manfaat buah tomat untuk kesehatan dan cara buat jus tomat hijau yang enak dan paling gampang. Banyak orang mengetahui buah ini, tapi tidak semua orang mengetahui jika tomat hijau bisa di jadikan jus.

Nah, kali ini saya ingin memberi tahu jika buah tomat hijau bisa di jadikan jus yang enak. Dan buah tomat memiliki banyak kandungan yang sangat berguna bagi kesehatan dan bisa dijadikan jus diet. Tapi sebelum kecara pembuatannya mari kita ketahui dulu asal usul dari mana buah tomat ini pertama kali di temukan.

 

Sejarah Buah Tomat

cara membuat jus tomat hijau

Buah yang sering kita jumpai di pasar yang berwarna merah dan bulat yang biasa di sebut dengan buah tomat yang berasal dari daerah yang beriklim tropis, tomat tumbuh di golongkan menjadi tanaman liar.

Jenis buah tomat seperti ini biasa tumbuh di negara-negara Amerika Tengah dan Amerika Selatan yang menemukan pertama kali adalah orang-orang Indian ditanam sebagai sumber makanan. Orang-orang Peru dan Mexico kemudian mengikuti untuk menanam tomat.

Pada tahun 1498 kemudian dibawa ke daratan Eropa oleh Colombus pada perjalanannya. Pada tahu ke 2 Tahun 1554 tercatat bahwa budidaya tomat yang menanam pertama kali yaitu di negara itali sebagai tanaman hias yang banyak pengagumnya.

Hal ini terbukti dari nama yang diberikan oleh orang Eropa seperti apel paradis, apel cinta, apel emas.

 

Berikut Cara Buat Jus Tomat Hijau Tergampang dan Enak

 

1.Cara Membuat Jus Tomat Hijau

Bahan-Bahan:

  • 3 buah tomat merah ukuran besar
  • es batu secukupnya ( dihancurkan )
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • sirup gula batu sesuai selera
  • susu kental manis secukupnya
  • madu murni secukupnya
  • air atang secukupnya

Cara Membuat Jus Tomat Hijau:

  1. Ambil tomat yang sudah disiapkan lalu dicuci dengan air sampai bersih.
  2. Potong-potong buah tomat lalu masukkan kedalam blender.
  3. Tuang air kedalam blender lalu tambahkan sirup gula batu dan susu kental manis.
  4. Blend dengan kecepatan sedang atau tinggi sampai buah tomat menjadi halus.
  5. Setelah itu, masukkan es batu kedalam gelas saji dan tuang jus tomat kedalamya.
  6. Tunggu beberapa detik sampai dingin sambil diaduk lalu siap dinikmati.

 

 

Macam-Macam Khasiat Buah Tomat Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

1. Mencegah Kanker

Jus tomat sangat lah banyak mengandung senyawa dan zat bioaktif yang disebut karotenoid. Kandungan zat tersebut sangat berperan penting sebagai antioksidan yang kuat, sehingga bisa membantu mencegah penyakit kanker.

Jus tomat bisa mencegah berbagai jenis penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker serviks, kanker prostat, kanker paru-paru, serta kanker kulit. Antioksidan dalam buah tomat bersifat antikarsinogenik yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ penting dalam tubuh yang dapat memompa aliran darah serta berkaitan dengan denyut nadi. Kesehatan jantung tentu menjadi idaman bagi semua orang. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi jus tomat secara rutin demi menjaga kesehatan jantung.

Jus tomat mengandung kalium yang bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Minuman sehat ini juga mengandung antioksidan seperti likopen.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi jus tomat akan lebih efektif untuk menjaga kesehatan jantung ketimbang meminum suplemen yang mengandung likopen buatan.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat jus tomat selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan mata. Biasanya, para dokter spesialis mata akan menganjurkan pasiennya untuk mengonsumsi jus tomat, karena minuman ini kaya vitamin A.

 

Itu lah tadi cara buat jus tomat hijau dan beberapa manfaaat buah tomat hijau untuk kesehatan. Tidak kita kira, padahal buah yang kita anggap sebagai makanan saja ternyata bisa di buat menjadi jus tomat yang enak dan sehat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Selamat mencoba!!