Cara Buat Karamel Gula Pasir dan Tips Anti Gagal

cara buat karamel gula pasir

Pada artikel ini saya akan membahas tentang karamel dan gimana cara buat karamel gula pasir.

Banyak dari kalian pasti sudah tahu karamel kan? Karamel berbahan dasar dari gula yang cara pembuatannya dengan memanaskan gula pasir hingga meleleh dan warnanya berubah kecokelatan.

Banyak orang yang begitu menyukai karamel ini karena mempunyai rasa dan aroma tersendiri. Karamel ini dapat kalian gunakan sebagai tambahan pemanis kue, roti, pudding, atau makanan yang lainnya.

Tips Mudah Membuat Karamel Anti Gagal

Walaupun terlihat sangat mudah, sebenarnya cara membuat karamel ini terbilang susah gampang, lho. Rasanya yang manis bisa saja berubah menjadi pahit sebab kesalahan saat membuat. Kalian pasti tidak mau kan makan karamel yang rasanya pahit. Terus bagaimana ya cara supaya tidak gagal dan pahit? Yuk, simak tips berikut ini.

cara buat karamel gula pasir

1. Buat sesuai kebutuhan

Jangan terlalu banyak membuat karamel karena nantinya tidak terpakai dan menjadi mengeras di panci. Maka dari itu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Misalnya, jika hanya digunakan sebagai topping di atas pancake, cukup gunakan 200 gram gula pasir dan 2 sendok makan air dengan mencampurkan di atas panci kemudian masak dengan api berukuran kecil. Tidak lupa juga tambahkan perasan jeruk nipis atau lemon supaya gula tidak mengkristal.

2. Gunakan alat masak yang tepat

Gunakan panci kecil yang tinggi bisa panci saus (sauce pan) untuk membuat karamel karena ketika dimasak akan mendidih, mengembang, dan mengeluarkan letupan-letupan berisi uap panas. Hindari menggunakan wajan datar atau alat masak yang terlalu kecil supaya sesuai dengan jumlah karamel.

Panas karamel yang mendidih melebihi air yang mendidih. Nah untuk itu kamu harus mengaduknya terus menerus saat memasak. Maka gunakan sendok kayu panjang yang dapat mencegah tanganmu kepanasan ketika mengaduk dan terkena letupan-letupannya.

3. Perhatikan perubahan warna setelah mendidih

Setelah bahan-bahan dimasukkan ke dalam panci, aduk dengan gerakan yang konsisten secara perlahan sampai karamel mendidih dan mengental. Tidak lupa untuk mengamati perubahan warna gulanya, guys. Jika warnanya telah berubah menjadi cokelat muda terang, segera matikan api lalu pindahkan panci dari kompor. Aduk-aduk sampai karamel berwarna coklat keemasan.

Cara Membuat Karamel dari Gula Pasir

Tapi tau gak, sebenarnya cara buat karamel gula pasir ini gampang banget loh, kamu bisa membuat sendiri di rumah dengan menggunakan peralatan seadanya dan juga dengan berbagai cara. Mau tau gimana cara bikinnya? simak uraiannya berikut ini ya.

Cara Pertama Karamel Gula Pasir

Bahan-bahan

  • 100 gram gula pasir

Alat

  • Wajan
  • Sendok kayu

Cara Membuat

  1. Letakkan wajan di atas kompor dengan api kecil, kemudian masukkan gula pasir lalu ratakan supaya panasnya juga merata.
  2. Jika sudah diamkan sebentar sampai gula pasirnya meleleh dengan perlahan.
  3. Jika sebagian gula pasirnya talah meleleh, aduk gula dengan sendok atau spatula yang terbuat dari kayu sampai warnanya berubah kecokelatan. Kemudian angkat dan karamel siap kita gunakan.

Cara Kedua Karamel Gula Pasir

Bahan-bahan

  • 100 gram gula pasir
  • 150 ml air

Alat

  • Wajan
  • Sendok kayu

Cara Membuat

  1. Letakkan wajan di atas kompor dengan api kecil, lalu masukkan gula pasir kemudian Diamkan sampai gula pasirnya meleleh dengan perlahan.
  2. Tuangkan air jika sebagian gula pasirnya sudah meleleh lalu aduk terus dengan spatula atau sendok kayu sampai warnanya berubah jadi kecokelatan. Jika sudah, angkat karamel kemudian segera di

Cara Ketiga Karamel Gula Pasir

Bahan-bahan

  • 100 gram gula pasir
  • Mentega
  • Whipped cream
  • Air

Alat

  • Sendok kayu
  • Wajan

Cara Membuat

  1. Masukkan air ke dalam wajan kemudian rebus secukupnya saja tetapi jangan terlalu mendidih.
  2. Tambahkan gula pasirnya ke dalam rebusan air dan diamkan hingga warnanya jadi berubah kecokelatan.
  3. Jika sudah, masukkan mentega ke dalam wajan lalu aduk menggunakan spatula atau sendok kayu hingga
  4. Masukkan whipped cream supaya tekstur karamelnya jadi lebih lembut dan aduk semua bahan, supaya tekstur karamelnya tidak terlalu kental kecilkan api kompor. Kemudian angkat dan siap kita gunakan.

Nah supaya karamel yang sudah kalian buat awet dan tahan lama, taruh di dalam toples dan simpan ke kulkas atau lemari pendingin. Supaya nanti kalau misalnya mau digunakan lagi tinggal dipanaskan dengan microwave.

Nah, kira-kira itu tadi cara buat karamel dari gula pasir yang bisa kalian coba di rumah. Tidak hanya makanan manis saja kamu juga bisa membuat cemilan pedas yang menggungah selera salah satunya tahu walik mercon. Semoga bisa membantu  ya teman-teman dan selamat mencoba.