Cara Buat Keripik Ubi Anti Gagal untuk Bisnis Rumahan

cara buat keripik ubi

Ubi adalah jenis tanaman umbi-umbian yang sangat banyak berkembang di Indonesia. Jenis umbi-umbian ini sangat cocok untuk dijadikan cemilan keluarga, salah satunya adalah keripik ubi. Berikut tutorial membuat keripik ubi.

Manfaat Ubi untuk Kesehatan Tubuh

cara buat keripik ubi

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Selain nikmat dikosumsi, talas juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat dari akar talas dalam makanan adalah perannya dalam pencernaan. Kadar tinggi serat makanan yang ditemukan pada talas membuatnya sangat penting untuk mendukung gastrointestinal kesehatan.

Talas mengandung serat yang berperan dalam proses pencernaan sehingga membantu mencegah kelebihan gas, kembung, kram, sembelit, dan bahkan diare. Sistem pencernaan yang sehat dan teratur dapat sangat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

2. Pencegahan Kanker

Manfaat talas juga memainkan peran penting dalam aktivitas antioksidan dalam tubuh sehingga mampu mencegah kanker. Tingginya kadar vitamin A, C, dan berbagai antioksidan fenolik lainnya yang ditemukan dalam talas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Selain itu talas juga dapat menghilangkan radikal bebas berbahaya dari sistem tubuh manusia. Radikal bebas adalah berbahaya oleh-produk dari sel metabolisme yang dapat menyebabkan sel-sel sehat bermutasi dan berubah menjadi kanker sel.

Menurut penelitian menyatakan bahwa cryptoxanthin, yang terdapat dalam akar talas, secara langsung terkait dengan peluang yang lebih rendah untuk mengembangkan kanker paru-paru dan oral.

3. Pencegahan Diabetes

Serat makanan pada talas dapat menurunkan resiko terkena diabetes karena mengatur pelepasan insulin dan glukosa dalam tubuh. Serat tersebut dapat mengelola kadar glikemik dengan lebih baik dan menurunkan resiko terkena diabetes.

Para penderita diabetes sangat disarankan menkosumsi makanan kaya serat seperti akar talas dapat membantu mencegah lonjakan berbahaya dan menurunkan gula darah serta membantu meningkatkan rasa kenyang.

4. Peningkatan Kesehatan Jantung

Talas juga mengandung mineral penting sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mineral potasium pada talas tidak hanya memfasilitasi transfer cairan yang sehat antara membran dan jaringan di seluruh tubuh, tetapi juga membantu menghilangkan stres dan tekanan pada pembuluh darah dan arteri.

Potasium berperan dalam mengendurkan pembuluh darah sehingga tekanan darah dapat dikurangi dan dengan demikian tekanan pada keseluruhan sistem kardiovaskular berkurang. Potasium bahkan telah dihubungkan dengan peningkatan fungsi kognitif karena koneksi saraf dapat ditingkatkan ketika tekanan darah berkurang, dan transfer cairan antara membran saraf dioptimalkan.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Talas mengandung berbagai antioksidan, termasuk beta-karoten dan cryptoxanthin. Antioksidan dapat mencegah radikal bebas dari menyerang sel mata dan menyebabkan degenerasi makula atau katarak sehingga dapat membantu meningkatkan penglihatan.

6. Perawatan Kulit

Talas juga mengandung vitamin E dan vitamin A. Kedua vitamin esensial ini bekerja untuk menghilangkan kondisi kulit dan meningkatkan kesehatan sel secara keseluruhan. Menambahkan akar talas ke dalam makanan sangat baik untuk kesahatan kulit, sehingga mengkosumsi talas secara teratur dapat mengobati cacat dan luka pada kulit.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Talas memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan vitamin C pada talas sangat baik perannya pada sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini membantu merangsang sistem kekebalan untuk membuat sel darah putih, yang melindungi tubuh dari patogen dan agen asing.Selain itu, vitamin C bertindak sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

8. Meningkatkan Sirkulasi

Kandungan zat besi dan tembaga pada talas sangat berperan dalam mencegah anemia dan meningkatkan sirkulasi seluruh tubuh. Zat besi dan tembaga berfungsi dalam produksi sel darah merah sehingga mampu membawa oksigen yang sangat penting ke sistem organ tubuh manusia.

9. Mengatasi Masalah Darah Tinggi

Talas juga bermanfaat dalam mengatasi permasalahan darah tinggi. Talas mengandung potasium yang dapat mengurangi tekanan darah pada pembuluh darah sehingga talas baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Selain itu, talas juga mampu mengurangi stres pada sistem kardiovaskular, dan kandungan potasium yang ada di dalamnya mampu meningkatkan fungsi kognitif.

Resep dan Cara Membuat Keripik Ubi Kuning

Bahan-bahan

  1. 4 buah ubi ukuran kecil
  2. 1/2 kg terigu
  3. 5 sdm minyak makan
  4. sejumput soda kue

secukupnya gula dan garam

Langkah

  1. Kupas empat buah ubi yang sudah disiapkan
  2. Cuci ubi yang sudah dikupas hingga bersih
  3. Siapkan alat untuk mengiris ubi dan atur ketebalan yang diinginkan.
  4. Rendam dengan air yang diberi garam dan diamkan beberapa menit.
  5. Siapkan wajan panas lalu tiriskan ubi dari rendaman air
  6. Goreng ubi hingga matang
  7. Angkat ubi yang sudah matang ke wajan yang sudah disediakan
  8. Kerpik ubiĀ  siap disajikan.

Selain artikel ini, Anda juga bisa membaca: Cara Membuat Keripik Pare yang Sehat, Enak dan Tidak Pahit