Cara Budidaya Nanas yang Benar dan Berbuah Manis

    Panduan Cara Budidaya Tanaman Nanas Step by Step

cara budidaya nanas yang benar

Cara Budidaya Nanas yang Benar dan Berbuah Manis- tanaman nanas berasal dari negara Brasilia, tanaman ini memiliki beberapa ciri unik yaitu daun panjang dan runcing serta buah bersisikselain bentuk buah yang unik ternyata harga jual nanas di Indonesia juga cukup tinggi oleh sebab itu banyak sekali petani yang ingin memulai Cara Budidaya Nanas yang Benar dan Berbuah Manis- namun takut mengalami kegagalan karena kurang pahamnya cara menanam nanas yang benar.

Pemilihan Bibit Nanas Berkualitas Unggulan

Pengolahan Lahan Tanam

Setelah bibit tanaman nanas siap, tahap selanjutnya dalam cara menanam nanas adalah pengolahan lahan.Budidaya tanaman nanas dapat dilakukan dalam polybag ataupun pot.

Sebelum memulai pengolahan lahan tanaman nanas pastikan tempat yang anda pilih sudah memenuhi syarat tumbuh tanaman nanas, agar hasil yang diperoleh sesuai dengan harapan.

Dibawah ini adalah langkah-langkah pengolahan lahan tanam nanas:

  • Siapkan alat berupa cangkul dan sabit serta pupuk kandang kering
  • Setelah lahan sudah bersihkan gembur tanah menggunakan cangkul dengan kedalam 30 cm, pada proses ini anda bisa menambahkan pupuk kandang kering dengan perbandingan 3:1 agar kedua media tanam tersebut tercampur rata
  • Pastikan pH tanah mencapai 4,5 hingga 6,5 namun jika kadar keasaman tanah terlalu tinggi lakukan proses pengapuran terlebih dulu yang bertujuan agar tanah menjadi stabil.
  • Diamkan dalam satu minggu sampai bedengan sudah siap untuk ditanam.

Proses Penanaman Nanas

  • Setiap lubang ditanam satu bibit nanas, tujuanya agar setiap tanaman mendapat asupan nutrisi dan ruang pertumbuhan yang cukup
  • Langkah terakhir adalah penyiraman, lakukan penyiraman begitu bibit nanas selesai ditanam agar kebutuhan akan air terpenuhi dan penyerapan unsur hara dapat dilakukan dengan mudah.

Proses Pemeliharaan Tanaman Nanas

Dalam cara menanam nanas, langkah terpenting berikutnya adalah pemeliharaan. Pada proses ini anda akan melakukan pemeliharaan agar tanaman benar benar memperoleh asupan nutrisi dan terhindar dari serangan hama serta penyakit.

  •  1.) Penyiraman

Pada umumnya tanaman nanas termaksud tumbuhan yang dapat bertahan dalam kondisi yang panas maupun lokasi yang jarang mendapat asupan air.

Namun jika anda menginginkan hasil buah nanas yang berkualitas unggulan ada baiknya untuk melakukan proses penyiraman agar penyerapan unsur hara dapat dilakukan secara maksimal. Lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari tujuannya agar nanas lebih terangsang untuk berbuah, penyiraman dilakukan seminggu sekali saja.

  •  2.) Penyulaman

Pada proses pemeliharaan tanaman nanas berikutnya adalah penyulaman, kegiatan dilakukan untuk mengganti calon tanaman nanas yang mati namun hanya bisa dilakukan pada bibit nanas berumur 1 minggu kebawah. Jika penyulaman dilakukan pada bibit nanas yang berumur lebih dari seminggu akan beresiko mengalami pertumbuhan yang tidak seragam.

  •  3.) Penyiangan

Lahan tanaman nanas akan mudah terserang gulma atau tumbuh pengganggu lainnya, sebab lahan akan menerima unsur hara yang tinggi sehingga merangsang gulma cepat tumbuh.

  •  4.) Penggemburan

Proses pemilharan tanaman nanas yang satu ini cukup mudah, anda hanya perlu melakukan pengemburan tanah disekitar area lahan atau bedengan lalu timbun disekitar tanaman nanas agar tanaman lebih kokoh.

  •  5.) Pemupukan

Dalam proses pemupukan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tanaman nanas akan unsur hara sehingga proses pertumbuhan dan pembuahan dapat dilakukan secara maksimal. Pada proses pemupukan anda dapat melakukan 2 tahap yakni saat tanaman nanas berumur 2 sampai 3 bulan sejak awal penanam dan dilanjutkan pada tanaman yang berumur 3 sampai 4 bulan, lakukan pemupukan hingga tanaman nanas berbunga dan berbuah. Anda bisa menggunakan pupuk yang mengandung nitrogen, kalium, fosfor serta unsur hara mikro.