Hidroponik adalah cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah. Cara ini tidak menggunakan media tanam tanah tetapi sebagai ganti dengan menggunakan media air yang mengandung nutrisi sekaligus mineral tertentu untuk menjadi media tanam. Dengan menanam tanaman menggunakan metode hidroponik merupakan salah satu  cara yang ramah lingkungan sebab prosesnya memakai bahan alami dan tidak memakai pestisida secara berlebihan. Sayur yang berasal dari budidaya hidroponik menjadi lebih sehat karena prosesnya alami.

Cara Budidaya Tanaman Hidroponik diantaranya :

Cara dalam budidaya tanaman hidroponik yaitu pembibitan, Peralihan bibit, perawatan tanaman, panen dan setelah panen

1. Pembibitan.

2. Penyiapan lahan.

3. Penanaman.

4.Pemeliharaan.

5.Panen.

6. Setelah panen.

Pembibitan

Cara Budidaya Tanaman Hidroponik dengan melakukan pembibitan, pembibitan adalah proses penumbuhan tanaman dari biji hingga muncul tunas akar dan berkecambah. Pemindahan bibit dilakukan pada saat tunas akar dan kekcambah tumbuh kemudian dipindah ke media tanam yang asli.

Penyiapan Media Tanam

Dapat dilakukan penggemburan tanah pada saat penyiapan media tanam. Penggemburan dilakukan dengan mencungkil-cungkil tanah. Proses ini bertujuan untuk mengaduk-aduk tanah sehingga udara dan cahaya matahari dapat masuk lebih dalam. 

Penanaman Merupakan Cara Budidaya Tanaman Hidroponik

Yang dimaksud dengan pembinaan adalah Peralihan bibit hasil pembibitan ke media tanam asli.

Cara Budidaya Tanaman Hidroponik dengan Pemeliharaan

Sementara itu, Pemeliharaan tanaman dilakukan dengan cara menyiram, memberikan nutrisi (misal: pupuk), dan senantiasa menjaga tanaman dari faktor pengganggu eksternal seperti hama.

Panen

Panen adalah pemetikan hasil tanaman. Terdapat dua jenis panen yaitu panen keseluruhan dan panen sebagian. Panen keseluruhan adalah praktek panen dimana tanaman diambil semua hingga ke akar-akarnya. Secara keseluruhan panen ini umumnya digunakan pada tanaman sayuran daun seperti kangkung dan bayam. Akan tetapi sebagian hasil panen merupakan metode panen yang hanya mengambil pada bagian tertentu dari tanaman tersebut. Sebagian umum panen tanaman sayur daun yang daunnya dapat tumbuh kembali contohnya tanaman seledri.

Setelah Panen

Selanjutnya pengumpulan hasil pemanenan, Langkah  berikutnya adalah hasil pemanenan disortir dan dipisah sesuai dengan kualitas serta penyimpanan yang berasal dari panen.

Jenis Tanaman Hidroponik

Dibawah ini merupakan tanaman yang bisa dibudidayakan menggunakan cara hidroponik seperti:

1. Selada
2. Tomat
3. Bayam
4. Kangkung
5. Brokoli
6. Pakcoy
7. Timun
8. Seledri

baca juga : Berbagai Jenis Komoditas Sayuran

Manfaat Hidroponik

Metode hidroponik memberikan banyak manfaat, baik bagi tanaman maupun bagi orang yang memelihara.

1. Terbebas dari Gangguan Hama

Tanaman dapat diserang oleh hama dan penyakit yang berasal dari media tanah yang dipergunakan untuk menanam tanaman tersebut. Dengan menerapkan adanya sistem hidroponik, Anda tentu tidak memerlukan penggunaan tanah sehingga akan bebas dari gangguan serangga. Hal ini tentu akan membuat proses pertumbuhan menjadi lebih optimal. 

2. Mengoptimalkan Ruang

Manfaat hidroponik yang selanjutnya adalah dengan mengoptimalkan ruang karena tidak memerlukan ruang yang luas. Beberapa tempat seperti teras rumah atau balkon juga dapat Anda manfaatkan untuk melakukannya.

3. Menghemat Air

Metode ini juga dapat mengurangi konsumsi air dalam pertumbuhan tanaman. Jika dibandingkan dengan metode penanaman secara tradisional, tanaman hidroponik bisa tumbuh hanya dengan sedikit air.

4. Cepat Panen
Saat menanam dengan metode hidroponik, Anda dapat mengatur panas, cahaya matahari, dan hidrasi yang diperlukan oleh tanaman. Dengan menerapkan metode ini dapat membuat nutrisi lebih mudah didapatkan dan diserap oleh tanaman sehingga proses pertumbuhannya lebih cepat.

5. Pengurangan Penggunaan Pestisida
Metode ini akan menjauhkan tanaman dari hama sehingga Anda dapat menghindari penggunaan pestisida. Dengan demikian, hasil dari tanaman juga lebih alami dan tentunya lebih sehat.

By nia

Sebagai penulis di poskan.com, saya memiliki minat yang besar dalam perkembangan teknologi, khususnya di dunia IT. Saya juga senang belajar hal-hal baru dan dengan antusiasme berbagi wawasan seputar dunia bisnis serta tips terbaru kepada pembaca.