Cara Buka Rekening Saham BRI

cara-buka-rekening-saham-BRIPada kesempatan ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara buka rekening saham BRI. Bagi kalian yang mungkin ingin berinvestasi saham di BRI, perlu kalian ketahui bahwa ada beberapa poin-poin penting yang wajib kalian simak pada pembahasan kali.

Bank Rakyat Indonesia terkenal sebagai salah satu bank tertua di Indonesia, usianya sudah lebih dari 1 abad, dan memiliki jaringan kantor cabang terbesar di seluruh Nusantara. Tidak hanya tua dan besar, Bank BRI adalah bank dengan profit tertinggi di Indonesia sejak 2018. Mengalahkan Bank Mandiri yang sebelumnya selalu menjadi nomor satu.

Jaringan Bank BRI yang luas di seluruh Indonesia punya kaitan dengan fokus utama bank ini, yaitu usaha kecil menengah dan mikro. Data kredit BRI menunjukkan 70% kredit mengalir ke usaha UMKM.. Selain menggunakan fasilitas dari Bank BRI, kamu juga dapat menjadi pemilik dari saham Bank BRI tersebut. Investasi memang bisa dikatakan akan sangat membantu dalam hal keuangan, akan tetapi harus dilakukan dengan hati-hati.

Berbicara mengenai saham, Saham sendiri merupakan kepemilikan suatu perusahaan, artinya kalau kita membeli saham maka kita juga memiliki sebagian dari perusahaan tersebut tergantung persentase kepemilikan kita. Jika perusahaan bertumbuh, maka nilai saham kita juga akan naik. Pun sebaliknya, jika merugi juga akan turun nilainya. Maka dari itu penting untuk berinvestasi di perusahaan yang tepat agar terhindar dari resiko.

Keuntungan dari tabungan saham berasal dari capital gain (selisih antara harga saham pada saat membeli dan pada saat menjual) dimana keuntungan capital gain ini bergantung pada pergerakan harga di pasar saham dan juga keuntungan dari dividen yang diberikan oleh emiten saham tergantung dari performa kinerja perusahaan tersebut.

Menabung di saham cukup mudah,tinggal menghubungi perusahaan sekuritas atau broker untuk saham yang terdekat di kota kamu kemudian buka rekening di sana. Salah satu contoh perusahaan sekuritas yang resmi dan legal di Indonesia adalah BRI Sekuritas.. Nah bagi kalian para investor pemula yang ingin menabung saham di Bank BRI, ada beberapa cara buka rekening saham BRI yang dapat kalian simak pada pembahasan kali ini, yaitu bagaimana cara buka rekening saham BRI melalui software online trading.

1. Buat Rekening BRI

Calon nasabah hanya tinggal datang ke perusahaan sekuritas untuk membuat rekening. Tak perlu bingung bertanya perusahaan yang manakah yang termasuk perusahaan sekuritas. Saat ini telah banyak perusahaan sekuritas yang bekerja dengan pihak bank. Kadang, perusahaan sekuritas pun mengutus karyawannya datang ke bank umum untuk mengakomodir calon nasabah yang akan membuat rekening.

Jadi, cukup datangi bank umum/swasta pilihan kamu dan buka tabungan rekening. Jika kamu belum memiliki tabungan biasa, Kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Karena syarat membuat rekening adalah mempunyai rekening biasa di bank tersebut. Setelah itu, Kamu cukup datangi customer service dan utarakan niat Kamu, setelah itu customer service akan melakukan tugasnya dan mengarahkan kamu hingga kelar.

2. Siapkan Dokumen Sebelum datang ke bank

Kamu perlu membawa beberapa dokumen pribadi untuk mengisi data diri di bank. Dokumen pribadi itu antara lain, fotocopy KTP, fotocopy NPWP, fotocopy halaman depan buku tabungan, dan2 lembar materai Rp 6 ribu. Biasanya pihak bank telah menyiapkan materai Rp 6 ribu.

Tapi tetap saja kamu harus berjaga-jaga menyiapkan 2 buah materai jika pihak bank memintanya. Jangan bingung jika kamu belum memiliki NPWP. Jika kamu belum memiliki NPWP, maka lampirkan NPWP orang tua kamu. Bila kamu seorang istri, lampirkan NPWP suami kamu.

3. Siapkan Nominal Dana

Setelah membuka rekening, maka Kamu mesti menentukan nominal dana yang ingin disisihkan. Kamu juga perlu memilih saham apa yang ingin kamu tabung. Jika masih bingung, tanyakanlah kepada pihak bank apa bedanya setiap instrumen dan apa yang sebaiknya kamu lakukan. Namun, jika kamu baru membuka rekening biasa saat itu juga, kamu harus menyiapkan uang saldo awal sebesar Rp 500.000 atau sesuai ketentuan bank masing-masing.

4. Setorkan Dana

Setelah rekening jadi, setorkan dana secara rutin setiap bulannya untuk menabung di tabungan tadi. Bila kamu merasa tak memiliki waktu untuk menyetor, sebaiknya kamu gunakan fasilitas Auto transfer dari rekening pribadi sehingga uang tabungan kamu bisa di-transfer otomatis ke tabungan saham. Namun, kamu juga perlu ingat. Setorkan uang kamu hanya sesuai kemampuan dan kebutuhan kamu.

Itulah panduan bagaimana cara buka rekening saham BRI yang harus kamu lakukan, agar tidak terjadi kesalahan saat pembuatan rekening saham di bank BRI. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.