Cara Masak Kerang Dara Saus Tiram Hanya dengan 5 Langkah Mudah

Cara Masak Kerang Dara Saus Tiram

Apakah kalian pecinta makanan seafood? Jika Iya, kalian pasti nggak asing lagi dengan macam olahan kerang. Salah satunya pada artikel saya kali ini yakni cara masak kerang dara saus tiram.

Nggak cuma enak sebagai lauk, tetapi kerang ini juga lumayan populer sebagai kudapan makanan utama dimeja. Rasa gurih yang bercampur dengan bumbu, membuat masakan kerang ini semakin istimewa.

Kerang Dara Saus Tiram

Cara Masak Kerang Dara Saus Tiram

Jika kalian suka membuat olahan kerang sebagai kudapan dirumah. Itu bagus banget buat kesehatan kalian. Karna kerang dapat mencegah anemia dan bisa juga untuk menjaga ksehatan jantung. Itu dikarenakan kerang memiliki banyak kandungan nutrisi yang dapat membantu kesehatan tubuh.

Sedikit penjelasan kerang dara yang akan kita masak hari ini, seperti yang kita tau bahwa kerang dara adalah sejenis kerang yang biasa dimakan oleh warga dari Asia Timur dan Asia Tenggara. Dan seperti artinya yakni kerang dara/darah karena hewan tersebut menghasilkan hemoglobin dalam cairan merah yang dihasilkannya.

Biasanya ukuran dewasa dari kerang ini berkisar 5 – 6 cm panjangnya dan lebarnya dari 4 – 5 cm. Penyebaranya dari pantai Afrika timur hingga Polinesia. Cirikhas kerang ini berupa dua keping cangkang (valve) yang menutupinya dapat dibuka dan ditutup karena adanya sebuah persendian erupa engsel elastis digunakan sebagai penghubung kedua cangkang tersebut.

Nah, setelah kalian mengetahui penjelasan singkat diatas tentang kerang dara. Saatnya kita masuk ke resepnya, tapi sebelum itu saya ada rekomendasi alat untuk kalian yakni Panggangan Sosis yang bisa mempurmudah kalian untuk yang mempunyai rencana membuat masakan yang dipanggang, apapun makanan itu yang membutuhkan pemanggang yang praktis dan tak mudah gosong  alat inilah jawabanya.

Cara Masak Kerang Dara Saus Tiram

Bahan – Bahan :

  • 300 gr kerang dara, sikat kulitnya hingga bersih
  • 3 sdm saus tiram
  • 2 sdm saus sambal
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap asin

Bumbu :

  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 siung bawang merah, cincang
  • 1 sdm minyak goreng
  • 1 sdm margarin
  • 1/2 sdt merica bubuk

Cara Memasak Kerang Dara Saus Tiram :

  1. Rebuslah kerang sampai kulitnya terbuka, tiriskan.
  2. Kemudian tumis bawang sampai mengeluarkan bau wangi, lalu masukkan margarin dan aduk sampai meleleh.
  3. Setelah itu masukkan semua saus dan kecap, aduk sampai tercampur rata.
  4. Tuangkan sedikit air, lalu masukkan merica bubuk dan masak kerang sampai bumbu merata.
  5. Setelah api dimatikan, kerang pun siap dihidangkan

 

3 Tips Agar kerang Tak Beracun Saat Dimasak

Konsumsi kerang kadangkala dapat menimbulkan keracunan dikarenakan kerang sudah terkontaminasi dengan biotoksin berupa logam berat yang biasa disebut dengan paralytic shellfish poisoning (PSP). Untuk itu saya akan memberikan tips kepada kalian agar terhindar dari keracunan kerang

Dibawah ini 3 tips memasak kerang agar tak beracun saat dikonsumsi.

  1. Cara terbaik untuk menghindari keracunan kerang adalah dengan memilih kerang yang dipanen dari perairan yang relatif bersih.
  2. Terkadang makan kerang berkualitas tinggi bisa menyebabkan pusing. Jika ingin terhindar dari kondisi tersebut, jangan langsung masak kulit yang sudah dikupas segar. Cuci dan rendam kerang sebelum dimasak.
  3. Kalian juga harus menghindari memasak kerang yang baru dikupas tanpa air. Pasalnya, kerang mengeluarkan air laut dari tubuhnya saat dimasak. Inilah yang menyebabkan pusing setelah makan kerang.

Itulah tadi penjelasan tentang kerang bserta resepnya yang dapat saya bagikan semoga setelah ini kailan bisa membuat olahan kerang yang nikmat dan tak beracun. Setelah  penjelasan tadi apakah kalian masih ingin membaca seputara kerang? Jika iya kunjungi saja Cara Memasak kerang Saus Tiram Sederhana Rasa Istimewa. Dan jika kalian berniat mencoba resep lainnya kunjungi juga Cara Membuat Bakmi Goreng Jawa Mudah Dibuat Sekaligus Enak.Sekian dari saya dan sampai jumpa dilain kesempatan.