Cara Masak Rendang Daging Sapi yang Empuk

Kunci cara masak rendang daging sapi yang empuk terletak pada kesabaran saat kita mengolahnya. Rendang terkenal dengan cita rasa kelezatannya dan juga kenikmatannya. Di artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara masak rendang daging sapi yang empuk.

Rendang daging sapi tentunya sudah tidak diragukan lagi cita rasa dan kelezatannya. Salah satu makanan khas tanah Sumatera Barat yang satu ini dinobatkan sebagai hidangan terlezat di seluruh dunia oleh cnn pada tahun 2011. Penasaran bahan dan bumbu apa saja bahan yang diperlukan untuk cara masak rendang daging sapi yang empuk ini?

Langsung saja simak resep cara masak rendang daging sapi yang empuk yang dijelaskan lengkap dengan bahan dan bumbu yang diperlukan.

Cara Masak Rendang Daging Sapi yang Empuk

Bahan Bahan

  • 500 grm daging sapi has dalam
  • 1 batang serai (geprek)
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas (geprek)
  • 2 cm kayu manis
  • 1 sdt gula merah
  • 1 sdt kaldu sapi
  • ½ sdt jintan bubuk
  • ½ sdt merica bubuk
  • Jeruk nipis.
  • 500 ml santan (½ kelapa)

Bumbu Halus

  • 4 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 2 butir kemiri
  • ½ sendok teh ketumbar
  • 3 cabai merah besar (buang bijinya)
  • 2 cm kunyit
  • 3 cm jahe

Langkah Cara Masak Rendang Daging Sapi yang Empuk

  1. Cuci bersih daging yang akan digunakan, dan potong-potong sesuai selera.
  2. Baluri daging dengan perasan jeruk nipis, kemudian cuci kembali hingga bersih.
  3. Haluskan bumbu di atas, lalu tumis bersama serai, daun jeruk, daun salam, kayu manis, dan lengkuas hingga matang.
  4. Tambahkan daging dan aduk hingga rata, selanjutnya masukkan santan, kemudian masak dengan menggunakan nyala api kecil dan sesekali aduk masakan.
  5. Tambahkan garam, kaldu, merica, jinten, dan gula merah, lalu diamkan hingga bumbu meresap dan air menyusut.
  6. Cicipi terlebih dahulu, jika sudah pas anda siap menghidangkan rendang sapi yang enak dengan daging yang empuk ini.

Sedikit catatan, semakin sedikit air atau kuah, semakin empuk daging yang Anda masak.

Nah, mungkin resep di atas adalah resep rendang daging sapi empuk paling sederhana yang bisa Anda coba. Jangan lupa sertakan juga bahan bahan yang bisa membuat masakan menjadi lebih enak, dan menjadi ciri khas masakan keluarga.

cara masak rendang daging sapi yang empuk

Panduan Cara Memilih Daging Untuk Rendang

Tahan tekstur daging sapi

Setelah melihat warnanya, Anda juga harus memastikan kualitas daging sapi dengan cara memegang dagingnya. Cara ini berguna untuk mengetahui tekstur daging sapi. Pilih daging sapi yang memiliki tekstur kenyal. Coba tekan beberapa bagian daging yang akan anda beli, jika daging kembali ke posisi semula setelah ditekan berarti daging tersebut masih segar dan baru. Hal ini dikarenakan daging yang mulai membusuk biasanya terasa empuk dan tidak kembali ke bentuk semula saat ditekan.

Pertimbangkan di mana daging sapi dijual

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli daging tentunya adalah tempat penjualan atau penempatan daging tersebut. Pastikan tempat membeli daging sapi bersih dan tidak berbau. Kemudian, sebaiknya pilih daging sapi yang juga diletakkan di tempat yang bersih dan sejuk. Hindari membeli daging sapi yang telah dihinggapi lalat atau diletakkan di tempat yang kotor.

Perhatikan warna daging sebelum membeli

Selanjutnya cara memilih daging yang baik bisa dilihat dari warnanya. Perhatikan warna daging sebelum membeli. Daging sapi yang memiliki kualitas baik adalah daging yang masih berwarna kemerahan dan terlihat segar. Cara ini bisa dibilang cara paling mudah untuk melihat kualitas daging. Sebaiknya jangan memilih daging yang warnanya sudah terlihat pucat atau kotor.

Pastikan dagingnya tidak

Selanjutnya, Anda juga harus memastikan sapi tersebut terasa segar dan tidak bisa ditemukan lagi. Anda mungkin sering melihat cairan merah seperti darah di sekitar daging. Cairan itu sebenarnya bukan darah melainkan “jus” yang dikeluarkan oleh daging. Untuk itu jika ingin membeli daging yang diinginkan tidak jadi, karena jika sapi mengeluarkan banyak udara berarti sudah cukup lama berada di udara.

Cium aroma yang keluar dari daging

Jika Anda sudah mengetahui warna dan tekstur daging sapi, rangkaian memilih daging sapi yang baik untuk dikonsumsi tidak berhenti sampai di situ. Anda harus mencium aroma yang berasal dari daging untuk memastikan kualitasnya. Daging sapi yang berkualitas baik biasanya memiliki aroma daging sapi yang segar. Sedangkan daging yang sudah mulai muncul biasanya mengeluarkan aroma yang tidak sedap atau bau asam.

Tanyakan waktu kedaluwarsa

Terakhir, sebelum membeli daging, sebaiknya tanyakan juga waktu kadaluarsa daging atau kapan penyembelihan dilakukan. Ini berguna untuk menghitung berapa lama Anda bisa menyimpan daging yang Anda beli.

Daging merah seperti daging sapi dapat disimpan selama tiga sampai empat hari di lemari es. Sedangkan jika disimpan di dalam freezer, daging bisa bertahan hingga 4 hingga 12 bulan, tergantung jenis dan kualitas dagingnya.

Cek sertifikat Halal dari penjual daging

Sertifikasi halal tidak hanya menandakan bahwa daging tersebut dipotong menurut hukum agama, tetapi juga memastikan bahwa daging tersebut diambil dari hewan yang sehat. Selain itu, hewan yang diambil dagingnya juga dirawat dengan baik, dijaga asupan makanannya, tinggal di tempat yang bersih, juga diperlakukan sesuai ketentuan yang berlaku.

Sampai disini artikel tentang cara masak rendang daging sapi yang empuk ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya.