Cara Membuat Abon Ayam Tanpa Santan Enak Gurih

Pada artikel kali ini ita akan membahas tentang Cara Membuat Abon Ayam Tanpa Santan Enak Gurih. Abon adalah makanan yang terbuat dari serat-serat daging hewan seperti ayam, kambing, ataupun sapi. Penampilannya biasanya berwarna cokelat terang hingga coklat tua karena tercampur kecap. Pada artikel kemaren kita telah membahas tentang Cara Membuat Abon Ayam Kering Enak dan Tahan Lama . Abon tampak seperti serat-serat kapas, karena didominasi oleh serat-serat otot hewan  yang mengering lalu disuwir-suwir. Berikut ini ada beberapa resep abon ayam tanpa santan.

Abon ayam ternyata tidak hanya nikmat akan tetapi juga kaya manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Akan tetapi untuk mendapatkan manfaat tersebut harus tetap diperhatikan kualitas daging ayam yang akan di olah menjadi abon. Sebaiknya pilihlah daging ayam yang berkualitas baik dan hindari bagian daging ayam yang kurang baik dikonsumsi seperti leher ayam, kulit ayam, dan pantat ayam.

1. Abon Ayam Tanpa Santan Gurih

Bahan-Bahan:

  • 500 gr dada ayam, ambil dagingnya
  • 6 siung Bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri (sangrai)
  • 1 sdm biji ketumbar (sangrai)
  • 3 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 ruas lengkuas
  • 1 batang sereh
  • secukupnya Gula jawa dan garam
  • Kecap manis sesuai selera (saya ga pake)

Cara Membuat Abon Ayam Tanpa Santan:

  1. Rebus ayam, lalu suwir. Dan siapkan bumbu2
  2. Haluskan bumbu, lalu tumis, tambahkan bumbu pelengkapnnya aduk-aduk sampai baunya harum lalu tambahkan sedikit demi sedikit air kaldu sisa rebusan ayam tadi. Tambahkan gula jawa yang disisir dan sedikit garam serta kaldu bubuk ayam secukupnya saja. Tunggu mendidih lalu koreksi rasa.
  3. Setelah airnya mendidih, masukkan ayam, aduk-aduk sampai air surut lalu kecilkan api dan aduk-aduk terus sampai ayamnya kering. Lalu ambil bumbu pelengkapnnya dan sajikan
  4. Tingkat kekeringan sesuai selera ya. Kalau ini sengaja ga saya buat sampai krispi.
  5. Dimakan sama nasi uduk hangat.

Beberapa Manfaat Abon Ayam:

  1. Sebagai sumber makanan yang praktis. Dengan bentuk pengemasan yang baik abon ayam dapat menjadi pilihan makanan siap saji yang murah, dan pastinya enak. Cocok sekali bagi orang yang sibuk,pendaki gunung, anak kost, atau dalam perjalanan.
  2. Kaya protein hewani. Protein dikenal sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh khususnya pada anak-anak. Sumber makanan yang tahan lama.
  3. Sumber energi. Meski bentuknya seperti camilan namun abon ayam ternyata mempunyai kandungan kalori yang sangat tinggi sehingga bisa menjadi sumber energi untuk tubuh kita. Makan abon saat sarapan sangat bermanfaat untuk menyuplai energi yang cukup bagi tubuh kita untuk beraktivitas hingga sore hari.
  4. Membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain kandungan protein pada abon ayam juga terdapat kandungan lemak yang berasal dari minyak yang digunakan untuk menggoreng sehingga dapat mengurangi rasa lapar dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.
  5. Melancarkan peredaran darah. Kandungan lain yang terdapat pada daging ayam ialah zat besi yang kaya akan manfaat diantaranya adalah untuk memperlancar peredaran darah sehingga aliran darah menjadi lancar dan tubuh dan terhindar dari berbagai penyakit yang akan msuk ke dalam tubuh kita.
  6. Meningkatkan produksi sel darah merah. Kandungan zat besi pada abon ayam dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Dimana sel darah merah sangat diperlukan oleh tubuh diantaranya untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, memelihara sistem imun,, mengatur suhu tubuh, serta membawa karbondioksida ke tempat pembuangan.

Demikian artikel diatas semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencobanya dirumah.