Cara Membuat Bakmi Goreng Jawa Mudah Dibuat Sekaligus Enak

Cara Membuat Bakmi Goreng Jawa

Sebagai salah satu makanan terpopuler, mi banyak digunakan sebagai hidangan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Indonesia sendiri memiliki berbagai macam masakan mie yang enak, termasuk resep cara membuat bakmi goreng jawa dari saya. Selain itu resep mie goreng jawa sendiri sangat unik dan berbeda dengan resep mie pada umumnya.

Bakmi Goreng Jawa

Cara Membuat Bakmi Goreng Jawa

Padahal, bahan dan bumbu yang digunakan untuk membuat mie goreng jawa sangat sederhana dan mudah didapat.

Kalian bisa membuatnya lebih pedas atau spesial dengan menambahkan seafood, daging, dan berbagai topping lainnya.

Meski bukan makanan pokok, mie goreng khas Jawa tetap punya tempat tersendiri di hati penikmatnya.

Pokoknya mie goreng yang disajikan dengan tekstur agak lembab ini sangat enak disantap di pagi, siang bahkan sore hari.

kalian tidak perlu khawatir dengan harganya karena seporsi mie goreng khas Jawa harganya terjangkau dan tidak akan merusak kantong. Mie goreng khas Jawa bisa kalian beli di restoran, tempat makan, bahkan pedagang kaki lima.

Tidak hanya itu, kalian bisa melakukannya sendiri untuk porsi yang banyak, lho! Dengan bumbu sederhana dan bahan dasar yang sangat mudah untuk kalian lakukan.

Selain itu, pada acara kumpul keluarga besar atau acara lainnya, kalian juga bisa menyajikan mie goreng khas Jawa sebagai menu pilihan kalian

Setelah sedikit basa – basi seputar bakmi jawa tadi saya menawarkan kalian yang ingin membuat masakan yang dipanggang sekarang ada alat baru pengganti teflon yang lebih mudah dan praktis bila digunakan yakni Panggangan Sosis yang tentunya membuat masakan kalian tidak mudah gosong.

Nah, sampai juga ke topik utama yang kalian mungkin tungu-tunggu yakni Resepnya. Yuk simak dibawah ini.

.

Cara Membuat Bakmi Goreng Jawa

Bahan – Bahan :

  • 200 gr mie telur, rebus setengah matang
  • 2 btr telur ayam
  • 1 bh tomat, potong-potong
  • 5 lbr daun sawi, potong 3 cm
  • 150 brm kol, cacah
  • 2 btg daun bawang, potong-potong
  • 200 gr ayam kampung, rebus , goreng, suwir-suwir
  • Secukupnya Kecap manis dan Minyak goreng

Bumbu Halus :

  • 7 siung bawang merah
  • 6 siung bawang merah
  • 5 btr kemiri
  • 1 sdt terasi
  • Secukupnya merica bubuk dan garam

Cara Membuat Bakmie Goreng Jawa :

  1. Rebus mie telur sampai 1/2 matang, kemudian tiriskan dan juga beri sedikit minyak sambil diaduk-aduk supaya nanti mie tak lengket.
  2. Setelah itu haluskan bahan dan bumbu halus dengan menggunakan cara diblender atau juga bisa dengan cara diuleg hingga halus.
  3. Kemudian panaskan 3sdt minyak goreng, setelahnya tumis bumbu halus hingga harum, kemudian masukkan tomat, kol, daun bawang, sawi dan telur, tumis sampai layu dan telur sudah menggumpal
  4. Tambahkan juga ayam suwir, dan tumis sampai merata.
  5. Yang terakhir masukkan mie telur, lalu tambahkan kecap manis sesuai selera, aduk sampai merata.
    Cobalah rasaya, jika sudah pas, angkat dan hidangkan.

 

4 Tips Pilih Mie yang Aman Dikonsumsi

Suka menyantap mie tapi tak tahu memilih mie yang baik, nah ini dia tips memilih mie yang aman bagi tubuh sebagai berikut ini :

1. Produsen bergaransi dan bersertifikat

Saat membeli Mie, hargai pembuat pasta dengan sertifikat Halal dari MUI dan BPOM. Logo ini tercetak pada kemasan produk. Sebaiknya jangan hanya tidak disertifikasi.

2. Rendah lemak

Mie kering tidak terdengar seperti mie instan, tetapi dengan teknologi kering udara. Teknologi ini digunakan oleh orang miskin yang miskin.

Tidak diketahui bahwa tidak semua pembuat pasta menggunakan teknologi kering udara. Banyak yang masih menggunakan cara manual dengan menjemur mie di bawah sinar matahari yang dapat terkontaminasi oleh pancaran udara.

3. Tanpa zat pengawet

Pasta kering. Mi kering dengar bebas pengawet ini memiliki umur simpan 10 bulan sejak tanggal pembuatan.

4. Tekstur setelah memasak

Mie yang aman setelah dimasak akan membuat air menjadi keruh di balik rebusan. Ini karena pati yang merupakan bahan dasar mie dan telur terdapat dalam air mendidih. Yang penting adalah kualitasnya bagus, teksturnya, dan tidak ringan. Ini karena menggunakan tepung premium dengan kandungan protein lebih tinggi.

______________________

Itulah resep dan penjelasan yang dapat saya sampaikan. Apakah kalian sudah tertarik dari resep ini? Tertarik, Yuk cobain sendiri dirumah. Jika kalian suka dengan resep yang saya bagikan kunjungi juga Inilah Dia Resep Nikmat Bumbu Rujak Ayam Bakar. Dan apabila penjelasan tadi masih kurang banyak kalian dapat mengunjungi Resep Bakmi Goreng Jawa Enak Dimulut Nagih Diperut