Cara Membuat Bakso Daging yang Gurih dan Sedap

cara membuat bakso daging

Kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang pastinya kalian sukai ni yaitu cara membuat bakso daging yang gurih dan sedap. Jangan lupa apabila anda ingin membuat bakso yang mudah pakailah mesin pembuat bakso ya.

Cara Membuat Bakso Daging yang Gurih dan Sedap

Di Indonesia sendiri banyak macam bakso. Ada yang juga terbuat dari daging sapi, ayam, ikan, dan masih banyak lagi. Bahkan kini bakso sudah tidak lagi hanya bulatan daging namun bisa diisi dengan macam-macam. Bisa di isi telur puyuh, telur ayam, cabai, sambal, sosis, hingga juga keju.

Selain isi dan juga cara penyajian, bentuk dan ukuran bakso sangat bervariasi. Tidak hanya bentuk bulatan, banyak penjual bakso yang kemudian berinovasi ada yang berbentuk kotak, berbentuk hati, hingga barbel. Memang benar ya kalau masyarakat Indonesia terlalu kreatif. Bakso bahkan sudah menjadi makanan favorit mantan presiden Amerika, Barack Obama saat beliau tinggal di Negara Indonesia semasa kecil.

Seperti makanan pinggir jalan lainnya, sejarah bakso juga masih menjadi misteri. Ada yang bilang jika kuah dan mienya berasal dari negara Cina, namun pentol atau bulatan dagingnya berasal dari Belanda yang sempat menjajah Indonesia yaitu pada abad ke -19. Sementara isi baksonya sendiri tidak diketahui.

Bakso pada umumnya yaitu terdiri dari kuah kaldu sapi, pentol, tahu, dan mie. Tapi berhubung dengan semakin banyak inovasi bakso, banyak juga macam-macamnya. Cara membuat varian aneka bakso pun juga beraneka ragam dari cara membuat bakso urat hingga cara membuat bakso telur.

Yuk langsung saja kita lihat apa saja si bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bakso daging dan juga bagaimana si proses pembuatan bakso daging supaya hasilnya bisa gurih dan sedap?.

Bahan-Bahan untuk Membuat Bakso Daging :

  • 250 gram daging sapi, yang dibuat setengah beku lalu cincang
  • 4 blok es batu kecil, dipecah kecil-kecil
  • 1 buah putih telur
  • 3 sdm tepung tapioka
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdm bawang putih bubuk

Cara Membuat Bakso Daging :

1. Masukkan daging yang di cincang ke blender, tambahkan es batu. Proses sampai halus.
2. Masukkan putih telur. Blender sampai rata.
3. Tambahkan juga tepung tapioka, bawang putih, garam, merica dan baking powder. Proses lagi sampai tercampur rata.
4. Uleni adonan sampai benar-benar lembut dan menyatu, bentuk bulat-bulat.
5. Didihkan air, kecilkan api, masak bulatan bakso sampai mengapung.
6. Angkat bakso, lalu taruh di air es.
7. Bakso sapi sudah siap disajikan dengan kuah atau dibuat kreasi bakso lainnya.

Manfaat Bakso Daging Buat Tubuh Manusia :

1. Memberikan Energi Untuk Beraktifitas

Bakso terbuat dari daging yang giling atau ikan dan tepung yang merupakan sumber karbohidrat, lemak dan protein. Tidak hanya membuatmu merasa kenyang, kalori yang terkandung dalam bakso tentunya akan cukup untuk memenuhi energi harian dan juga dapat mendukung aktifitasmu. Meskipun juga demikian sebaiknya jangan mengkonsumsi bakso dipagi hari karena sangat tidak baik untuk kesehatan.

2. Mencukupi Kebutuhan Protein

Bahan dasar bakso yang sangat berkualitas biasanya diambil dari daging sapi atau ikan yang juga berkualitas baik. Daging sapi atau ikan yang menjadi bahan dasar pembuatan bakso tersbut juga kaya akan protein yang baik untuk tubuh.

3. Mencegah Anemia

Bakso yang terbuat dari daging merah atau ikan juga sangat kaya akan berbagai mineral yang termasuk zat besi yang diperlukan dalam pembentukan sel-sel darah merah dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, bahwa kekurangan zat besi dapat menyebabkan masalah penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah.

Bagaimana resep yang saya bagikan kali ini sangat mudah bukan untuk di tiru dirumah kalian/. Jangan lupa ya buat di coba dirumah kalian.