cara membuat bolu chocolatos panggang

Pada artikel saya kali ini, saya akan membagikan resep cara membuat bolu chocolatos panggang sederhana dan mudah. Langsung saja ke cara pembuatanya di bawah ini.

Cara Membuat Bolu Chocolatos Panggang

cara membuat bolu chocolatos panggang

Bahan-Bahan :

  • Tepung terigu 120gr
  • Telur 2 butir
  • Ragi fermipan 1sdt
  • Gula pasir 75gr
  • SP 1 sdt
  • 1 sachet chocolatos
  • Maizena 1sdm
  • Margarin 3 sdm, lalu cairkan

Cara Membuat Bolu Chocolatos Panggang :

  1. Ayak terlebih dahulu tepung terigu dengan maizena, kemudian campur dengan 1 sachet chocolatos, sisihkan. Lalu cairkan margarin.
  2. Kocok telur, SP, fermipan, dan gula pasir dengan mixer sampaimengembang.
  3. Masukan tepung, maizena, cholatos yang sudah di ayak tadi sedikit demi sedikit sambil di kocok. Lalu tuangkan margarin cair.
  4. Mixed adonan dengan kecepatan yang rendah, sebentar saja sampai adonan tercampur rata.
  5. Olesi dulu permukaan dalam loyang dengan margarin, lalu tuangkan adonan ke dalam loyang. Panaskan oven terlebih dahulu sebelum memanggang selama 10 menit dengan suhu 160°. Kemudian kalian panggang adonan bolu selama 20-30 menit di oven yang bersuhu 160°. Kalian bisa juga bisa tes bolu dengan cara  ditusuk yaa.

Baca Juga : Cara Membuat Kopi yang Enak

Setelah kalian tahu resep dari bolu chocolatos panggang berikut ini cara membuat kue bolu panggang agar mengembang.

Cara Membuat Kue Bolu Panggang agar Mengembang

cara membuat bolu chocolatos panggang

1. Hindarilah Menggunakan Telur yang Dingin

Telur yang akan kalian gunakan untuk membuat adonan harus bersuhu ruangan saat akan dikocok sebagai bahan kue agar kue bisa mengembang sempurna.

Diamkan telur terlebih dulu pada temperatur ruangan selama 30 menit sampai satu jam jika kalau telur itu disimpan dalam kulkas. Setelah itu kalian baru bisa menggunakannya sebagai bahan kue.

2. Saat Proses Melelehkan Margarin

Walaupun tidak boleh langsung memasukan margarin setelah dilelehkan, ternyata margarin yang sudah dicairkan juga tidak boleh dibiarkan terlalu lama di suhu ruangan.

Caranya, begitu saat proses mengaduk adonan sudah setengah berjalan, segera kalian mencairkan margarin di atas panci dengan api yang kecil saja. Kalau margarin sudah hampir mencair semua, segera matikan api kompor dan angkat kemudian tuangkan kedalam wadah.

Kemudian, sambil kalian tetap mengocok adonan, margarin yang hangat sudah siap untuk dituangkan ke dalam adonan.

3. Cara Penuangan Bahan

Menuangkan bahan-bahan ke dalam adonan juga harus diperhatikan lo. Misalnya kalian menggunakan tepung terigu, ayak terlebih dahulu tepung terigunya agar tidak ada gumpalan. Kalian dapat menuang sebagiannya dulu, aduk dengan spatula. Kalau adonan sudah tercampur rata baru tuang sedikit demi sedikit hingga adonan habis.

Agarkalian tidak mengaduknya berkali-kali, gabungkan tepung terigu, baking powder, susu bubuk, cokelat bubuk, atau maizena untuk diayak terlebih dahulu. Begitu juga dengan bahan cair seperti margarin yang juga dapat digabungkan dengan pasta, susu cair, atau santan.

Tapi pastikan juga takaran bahan pada adonan sudah sesuai dengan resep ya. Kelebihan sedikit saja, bolu bisa saja menjadi bantat.

4. Mengatur Temperatur Pada Oven

Pastikan dulu bahwa kalian sebelumnya sudah memanaskan oven, ya. Sebab, jika terlalu lama menunggu panas dari oven, adonan yang sudah mengembang tadi akan turun kembali. Kalian hanya cukup memanaskan oven selama 5-10 menit. Tapi, oven jangan terlalu panas, jika terlalu panas adonan akan cepat gosong.

Jika adonan belum mengembang dengan sempurna, jangan membuka tutup pintu oven. Jika kalian ingin tahu apakah kue sudah matang atau kah belum, kalian hanya cukup tusuk bagian tengah kue dengan tusuk gigi ataupun tusuk sate. Bila tidak ada adonan yang menempel pada tusuk tersebut, berarti kue sudah matang merata dan sempurna.

5. Perhatikan Wadah dan Alat yang Akan Digunakan

Wadah dan alat yang akan kalian digunakan harus benar-benar kering dan bersih ya. Jangan sampai ada air, minyak, atau mentega yang menempel pada wadah tersebut. Wadah lembap pun juga tidak boleh dipakai, karena dapat membuat adonan kue menjadi bantat.

Kalau wadah baru selesai dicuci, lap wadah dan diamkan dulu di suhu ruang semalaman supaya wadah bisa kering dengan sendirinya. Baru alat dan wadah bisa kalian digunakan.

Demikian artikel yang saya buat kali ini, Semoga bermanfaat.