Cara Membuat Bolu Coklat Kukus Tanpa Mixer Anti Gagal!

cara membuat bolu coklat kukus tanpa mixer

Hai hai sobat semuanya! Pada artikel kali ini aku mau bagi-bai resep cara membuat bolu coklat kukus tanpa mixer yang tentunya mudah dan dijamin anti gagal. Hidangan bolu coklat ini memiliki rasa manis nan legit dan tekstur yang lembut. Bolu coklat ini juga merupakan salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia dan cukup familiar di kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Bagaimana tidak familiar, sajian bolu coklat ini seringkali kita jumpai di acara hajatan atau pada saat hari raya Idul Fitri atau lebaran.

Pada saat ini untuk mendapatkan bolu coklat cukup mudah lho sobat. Hidangan bolu coklat ini dapat ditemukan di restoran atau caffe dan kedai-kedai terdekat, dan bahkan banyak ditemukan di pasar jajanan tradisional. Tapi sobat, dari pada keluar jauh-jauh dari rumah dan mengeluarkan uang, gimana kalau kita buat bolu coklat di rumah aja?

Kalau iya, jangan khawatir sobat aku bakalan bagi resep cara mmbat bolu coklat kukus sederhana, tentunya proses pembuatannya sangat mudah dan hasilnya bakalan enak. Hmm…Kalau sobat juga ingin membuat hidangan penutup lainnya seperti donat, sobat dapat menggunakan┬ámesin pembuat donat karena dapat mempercepat dan mempermudah proses pembuatan. Oke sobat jadi langsung aja yuk kita simak resepnya!

Cara Membuat Bolu Coklat Kukus Tanpa Mixer

Bahan Adonan Bolu Coklat:

  • Telur ayam 1 sebanyak butir
  • Minyak goreng atau minyak sayur dengan takaran 2 sendok makan
  • Tepung terigu dengan takaran 2 setengah sendok makan
  • Mentega atau margarin secukupnya
  • Gula pasir dengan takaran 1 sendok makan
  • Baking powder dengan takaran 1/4 sendok makan
  • Susu kental manis indomilk rasa coklat dengan jumlah 1 sachet
  • Susu bubuk dancow rasa coklat sebanyak 1 bungkus

Langkah Cara Membuat Bolu Coklat Kukus Tanpa Mixer:

  1. Langkah pertama yang haru sobat lakukan yaitu mengocok telur dengan gula sampai berbusa dan mengental, apabila sobat ingin yang lebih manis dapat menggunakan takaran 2 sendok makan gula pasir
  2. Kemudian sobat siapkan sebuah dandang yang akan digunakan untuk mengukus adonan. Olesi dandang tersebut dengan mentega dan taburi dengan tepung diatasnya.
  3. Masukkan tepung terigu dan aduk-aduk sampai merata. Setelah itu tambahkan susu bubuk dancow, susu kental manis rasa coklat, dan baking powder lalu aduk-aduk kembali. Masukkan minyak goreng sebagai bahan terakhir yang ditambahkan.
  4. Apabila air yang dimasak di dandang sudah mendidih, Adonan yang sudah tercampur rata dituangkan ke dalam loyang dan kukus selama 30 menit.
  5. Untuk memastikan adonan bolu coklat sudah matang atau belu, gunakan cara dengan menusuk adonan menggunakan lidi atau tusuk sate. Jika tidak ada adonan yang menempel pada lidi, angkat dan keluaran adonan. Bolu Coklat siap dihidangkan.

Mari Mengenal Berbagai Jenis Bolu di Indonesia

Bolu Suri

Palembang, Sumatera Selatan adalah daerah asal dari bolu suri ini. Bolu suri khas Palembang ini memiliki yang mirip dengan bika ambon dan memiliki rongga-rongga di dalamnya, tentunya bolu suri ini memiliki tekstur yang lebih lembut. Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat bolu suri ini juga lebih sederhana dibandingkan dengan bahan untuk membuat bika ambon.

Bolu Koja

Hidangan kue bolu tradisional yang satu ini merupakan kuliner jadul yang khas yang berasal dari Garut, Jawa Barat. Bolu koja ini sekarang cukup sulit untuk ditemukan, bolu ini umumnya memiliki bentuk bulat. Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat bolu ini yaitu tepung terigu, santan, dan gula merah.

Bolu Kemojo

Makanan tradisional berupa kue bolu khas Melayu yang berasal dari Riau ini bernama bolu kemojo. Bolu kemojo ini memiliki tekstur yang lembut dan manis seperti kue bolu pada umunya. Tapi bolu kemojo ini memiliki bentuk yang unik yakni seperti bunga kamboja, bolu ini biasanya berwarna hijau kecoklatan. Varian rasa dari bolu kemojo ini juga cukup banyak lho sobat, ada rasa coklat, kacang merah, keju, pandan, dan yang paling populer yaitu rasa durian.

Selesai Sudah Resep Cara Membuat Bolu Coklat Kukus Tanpa Mixer

Wih…mudah kan sobat cara membuat bolu coklat tanpa mixernya, ternyata tanpa menggunakan mixer dan oven pun kita sudah bisa membuat bolu coklat yang lezat tentunya. Alat yang digunakan sederhana, cara pembuatan yang mudah, dan bahan-bahan yang diperlukan juga mudah untuk didapatkan, maka dari itu sobat jangan ragu untuk mencobanya di rumah ya. Oh iya nih sobat, kalau sobat ingin membuat bolu coklat dengan varian yang lain sobat dapat mengunjungi artikel cara membuat bolu coklat. Jadi sampai disini dulu ya sob, terimakasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya bye bye…👋😊