cara membuat bolu coklat sederhana

Pada kesempatan saya kali ini, saya akan membagikan resep cara membuat bolu coklat sederhana. Tapi sebelum masuk ke pembahasannya apakah kalian tahu apa itu bolu, dimana berasal? Simak dibawah ini.

Definisi Bolu

cara membuat bolu coklat sederhana

bolu adalah salah satu makanan yang sering kita jumpai pada saat acara-acara tertentu misalnya ulang, tahun, pernikahan, acara pengajian dan lain sebagainya. Kue ini memiliki rasa yang manis dan memiliki tekstur sangat lembut. Kue bolu ini memiliki berbagai jenis bentuk dan variasi rasa yang berbeda beda.

Ada 2 cara memasak kue bolu ini yaitu dengan cara dipanggang atau dikukus, kedua cara itu sama-sama memiliki rasa yang lezat.Makanan ini berbahan dasar tepung, telur dan gula. Biasanya roti bolu dihiasi dengan lapisan krim mentega. Ada juga adonan bolu yang di beri bahan perasa dan aroma.

Resep membuat bolu panggang tidak jauh berbeda dengan resep membuat bolu kukus sederhana dan murah. Dibawah ini saya akan membagikan resep membuat bolu coklat sederhana.

Cara Membuat Bolu Coklat Sederhana

cara membuat bolu coklat sederhana

Bahan-Bahan :

  • Tepung terigu 150gr
  • Coklat bubuk 50gr
  • Vanili 1/2 sdt
  • Baking powder 1/2 sdt
  • Gula pasir 165gr
  • SP 1 sdt
  • Telur 4 butir
  • Garam 1/4
  • Margarin 150gr, cairkan

Cara Membuat Bolu Coklat Sederhana :

  1. Ayak terlebih dahulu tepung terigu, coklat bubuk, vanili, dan baking powder.
  2. Siapkan loyang tulban dengan ukuran 22, kemudian olesi loyang dengan margarin dan taburi dengan tepung hingga permukaan loyang rata. Lalu panaskan oven.
  3. Campurkan gula pasir, telur, SP dan garam menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan kental dan berjejak. Mixer kurang lebih 8-10 menit.
  4. Masukan bahan kering yang sudah di ayak tadi ke dalam adonan basah , kemudian campur menggunakan mixer dengan kecepatan rendah hingga adonan tercampur rata. Tuangkan margarin 150gr yang sudah di cairkan ke dalam adonan dengan mixer berkecepatan paling rendah dan mixer sebentar saja.
  5. Aduk lagi adonan menggunakan spatula untuk memastikan bahwa adonan sudah tercampur rata atau belum.
  6. Masukan adonan ke dalam loyang yang sudah di olesi margarin dan ratakan adonan.
  7. Panggang adonan ke dalam oven selama 30 menit dan oven sudah dipanaskan. Atur suhu 180°C . Setelah bolu matang, angkat dan biarkan hingga dingin, kemudian pindahkan ke piring. Bolu sudah siap disajikan.

Baca Juga : Cara Memasak Steak Ayam Rumahan

Setelah kalian mengetahui cara membuat bolu, berikut ini tips agar bolu tidak bantat.

Tips Cara Memasak Bolu Agar Tidak Bantat

cara membuat bolu coklat sederhana

1. Cara Mencampur Bahan

Pada saat menuang bahan juga tak bisa sembarangan asal tuang saja lho. Tuanglah bahan sedikit demi sedikit agar bahan tercampur rata. Jika menggunakan tepung sebaiknya ayak terlebih dahulu agar tidak ada gumpalan.

Setelah menuang bahan, gunakan spatula untuk mengaduk secara perlahan. Untuk meminimalisir saat mengaduk, gabungkan bahan kering terlebih dahulu, baru di tuangkan ke bahan basah. Hal yang sama juga dapat kalian lakukan pada bahan yang basah.

2. Durasi Saat Mengocok Adonan

Cara membuat kue bolu agar tidak bantat adalah saat mengocok bahan adonan jangan terlalu lama. Pada saat mengocok telur dan gula, gunakanlah mixer dengan kecepatan rendah. Lalu naikkan kecepatan secara perlahan agar bolu bisa mengembang.

Waktu untuk mengocok adonan juga harus disesuaikan sesua resep yang tertulis. Jika mengocok adonan dengan kecepatan tinggi, maka adonan tidak akan stabil dan cepat turun saat dipanggang. Jika terlalu lama mengocok adonan, maka adonan akan terlalu banyak udara dan menyebabkan bolu menjadi bantat.

3. Mengatur Temperatur Pada Oven

Sebelum memasukkan adonan bolu ke dalam oven, panaskan oven terlebih dahulu . Hal ini bertujuan agar adonan langsung mengembang sesaat di masukkan ke dalam oven. Namun, jangan terlalu panas mengatur suhu oven karena adonan bolu bisa cepat gosong. Selain itu, jangan membuka tutup oven karena nantinya kue akan turun atau tidak bisa mengembang.

4. Wadah Yang Digunakan Untuk Membuat Bolu

Sebelum kalian membuat bolu, pastikan terlebih dahulu semua wadah dan alat yang digunakan benar-benar kering dan bersih, jangan ada air, minyak atau mentega. Alat yang masih basah jika digunakan akan membuat adonan menjadi bantat. Sebaiknya, alat atau wadah yang akan digunakan juga memiliki suhu ruangan ya.

5. Tambahkan Bahan Pengembang

Pada umumnya, pasti di setiap resep kue terdapat rising agent yang mampu membuat kue mengembang dan membeuat tekstur menjadi lembut. Bahan pengembang yang umumnya di pakai tersebut antara lain baking powder, soda kue dan cake emulsifier.

 

Demikian artikel saya kali ini semoga bermanfaat.