Cara Membuat Bubble Tea yang Pastinya Segar

Cara Membuat Bubble tea

Cara membuat bubble tea- Bubble tea atau pearl milk tea ini menjadi salah satu minuman yang populer di Indonesia yang terdiri dari bahan dasar teh dan susu tentunya. Dan yang membuat minuman asal Taiwan ini semakin digandrungi ialah tambahan pearl atau bubble dari tepung tapioka yang kenyal dan memberikan sensasi unik waktu kita meminumnya.

Sejarah Bubble Tea

Sejarah Bubble Tea

Cara membuat minuman bobaBubble atau boba ini merupakan kata slogan dalam bahasa Mandarin. Bubble terbuat dari tepung tapioka alias singkong. Pada zaman dahulu terdapat imigran  Tiongkok yang  datang ke Taiwan dan mendirikan gerai teh yang dalam tehnya terdapat  bola bola tapioka  digabungkan dengan teh yang dingin.

Dan pada akkhirnya, bubble ikut menyebar ke negara-negara Eropa. Tetapi, Eropa belum dapat mengalahkan inovasi bubble dari Tiongkok pada saat itu. Negara Tiongkok sendiripun telah menawarkan bubble tea instan miliknya, yang dimana kita dapat menyimpan bubble-nya di rumah dan menyeduhkan ketika dingin dan ketika kita ingin mengkonsumsinya.

Cara Membuat Bubble Tea

Kalian dapat membuat sendiri ini di rumah lho dengan bahan yang murah meriah, praktis dan pastinya porsi yang lebih puas! Berikut ialah cara membuat bubble pearl sendiri!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • 2 cup tepung tapioka
  • 1/2 cup gula merah
  • 2/3 cup air (untuk adonan)
  • 1 liter air (untuk merebus)

2. Simak langkah-langkahnya di bawah ini!

  1. Pertama tama panaskan air dan gula merah, pastikan gula mencair seluruhnya.
  2. Kemudisan setelah mendidih, kecilkan api, tuang tepung tapioka sedikit demi sedikit. lalu aduk merata, pindahkan adonan ke atas permukaan yang datar atau  kneading board.
  3. Setelah itu uleni hingga tekstur menjadi lembut dan sedikit lengket. Setelah itu, potong potong adonan menjadi 9 bagian.
  4. Lalu bentuk silinder memanjang masing-masing bagian adonan dengan diameter sesuai keinginan kalian masing masing. Kemudian potong kecil-kecil dengan ukuran yang sama besar.
  5. Selanjutnya, bentuk bulatan-bulatan kecil yang menyerupai mutiara, lalu sisihkan dalam mangkuk yang sudah berisi tepung tapiokanya. Lakukan ini sehingga seluruh adonan habis.
  6. Langkah keenam didihkan seliter air kedalam panci, kemudian masukkan bola-bola tapioka ini ke dalamnya sambil terus diaduk.
  7. Kemduain kecilkan api menjadi sedang saja, lalu masak selama kurang lebih 30 menit hingga semua bubble matang.
  8. Jika merasa sudah matang, matikan api lalu diamkan sekitar 15 menit.
  9. Langkah terakhir, saring dan bersihkan dalam air yang mengalir.

3. Tips yang bisa kamu lakukan

  1. Untuk mencegah tekstur yang menggumpal, kalian dapat mengganti urutannya. Siapkan saja tepung tapioka di dalam wadah, lalu tuangkan air yang masih mendidih. Setelah itu diaduk hingga tercampur seluruhnya, diamkan adonan agar sedikit dingin, baru diuleni hingga kalis.
  2. Pada saat proses membentuk adonan menjadi silinder hingga ke bentuk mutiara mungkin akan butuh waktu yang lumayan lama. Kalian daoat mengoleskan sedikit air ke permukaan adonan yang mulai mengering. Dapat juga meletakkan sisa adonan yang belum dibentuk ke dalam mangkuk, lalu menutupinya dengan kain.
  3. Adonan mutiara yang belum direbus matang dapat kalian simpan dalam wadah dan tertutup rapat lalu masukkan ke dalam freezerHomemade pearl ini sebaiknya dihabiskan dalam 5 hingga 7 hari.

Bisnis Bubble Tea

Bisnis Bubble tea

Bubble atau umumnya bisa disebut sebagai bola-bola berwarna hitam yang bertekstur kenyal ini kerap digunakan sebagai isian pada minuman bubble tea.

Pada akhir akhir ini banyak sekali yang bermunculan pada bisnis minuman yang kekinian di berbagai daerah di Indonesia. Ternyata tidak hanya kopi saja yang kini mulai banyak digandrungi konsumen, namun kafe-kafe minuman juga sudah menyajikan menu yang unik dan pastimya kekinian.

Bisnis minuman yang seperti ini memang menjanjikan, tidak salah ketika banyak pengusaha yang mulai membuka kedainya masing masing di beberapa kota. Minuman kekinian yang sedang kita bahas saat ini, salah satunya ialah bubble atau  boba.

Bubble sekarang memang sedang banyak digandrungi oleh semua kalangan usia. Bubble  ini identik dengan dengan varian rasanya, penggunaan bahan-bahan yang tak biasa, dan dengan tampilan yang begitu memikat untuk diminum. Minuman yang segar ini begitu memanjakan lidah karena topping bubble yang bertekstur kenyal layaknya jelly. Sambil membuat boba kalian juga dapat loh membuat arum manis dengan mesin arum manis ini.

Tidak hanya di mall saja, minuman bubble tea kekinian juga sudah menjamur di sekitar sekolah, kampus, hingga perkantoran juga. Meskipun ini terlihat sangat rumit untuk dibuat, tetapi kalian juga dapat membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang tentunya mudah didapat.Rasanya pun dapat dikreasikan sesuai dengan apa yang kita suka.