Cara Membuat Bubur Jagung Tanpa Santan Dengan Sederhana!

cara membuat bubur jagung tanpa santan

Siapa yang tidak tahu dengan bubur jagung?, banyak variasa untuk membuat bubur jagung. Cara membuat bubur jagung tanpa santan adalah salah satu variasi yang bisa kalian coba.

Merasa bosan hanya membuat jagung rebus, kalian bisa mengolah jagung rebus menjadi bubur jagung. Biasanya orang-orang memilih menu sarapan dengan roti, nasi, bubur yang terbuat dari nasi, atau susu. Kalian juga bisa menambahkan bubur jagung menjadi menu favorit.

Selain rasanya lezat, bubur jagung yang terbuat dari bahan utama jagung juga memiliki segudang manfaat, seperti dapat mengontrol diabetes, melancarkan pencernaan, baik untuk ibu hamil, menyehatkan mat, kaya akan kalori dan vitamin, mencegah anemia, menyehatkan kulit, dan masih banyak lagi manfaat yang dimiliki.

Tidak hanya manfaat saja yang dimiliki oleh jagung. Jagung juga memiliki kandungan gizi kaya akan kalori, vitamin, serta mineral. Maka dari itu bubur jagung sangat baik untuk dikonsumsi. Banyak sekali orang-orang memakan bubur jagung dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Apalagi sudah banyak yang menjual bubur jagung, jadi lebih mudah untuk dicari.

Agak sulit bukan jika ingin bubur jagung tapi males keluar?, nah kalian bisa membuatnya di rumah karena, cara membuatnya tidak terlalu sulit dan juga tidak terlalu memakan waktu. Tapi kali ini resep yang akan di beri adalah cara membuat bubur jagung tanpa santan, yang dimana biasanya bubur jagung dibuat memakai santan.

Penasarankan bagaimana cara membuat bubur jagung?, ikuti terus artikel ini!

Cara Membuat Bubur Jagung Tanpa Santan

Bahan :

  • 3 buah jagung manis
  • 2 sachet susu kental manis (SKM)
  • 3 sendok makan madu
  • 2 lembar daun pandan, buat daun menjadi ikat simpul
  • 500 ml air

Langkah Membuat Bubur Jagung Tanpa Santan :

  1. Bersihkan jagung dari kulit dan rambut jsgung. Cuci bersih jagung ini hingga tidak ada rambut yang tertinggal.
  2. Pipil jagung dari bongkolnya.
  3. Bagikan menjadi dua bagian. Bagian pertama untuk di blender dan bagian kedua di biarkan dalam bentuk jagung pipil. Jagung yang di blender lebih banyak dari pada dalam bentuk jagung pipil.
  4. Masak air yang sudah dilarutkan dengan susu kental manis (SKM) dan tambahkan daun pandan, tunggu hingga mendidih.
  5. Blender jagung yang sudah dipisahkan, tambahkan air yang dimasak bareng dengan SKM dan pandan. Tidak lupa juga masukkan madu ke dalam blender. Jika sudah, blender semua hingga halus dan tercampur dengan rata.
  6. Tuangkan bubur jagung ke dalam mangkuk dan tambahkan jagung pipil yang masih utuh.
  7. Bubur jagung siap di nikmati!

Tidak terlalu sulit bukan untuk kalian yang males keluar dan ingin bersantai di rumah?, jadi kalian gak usah repot-repot keluar hanya ingin memakan semangkuk bubur jagung.

Catatan :

  • Untuk susu kalian bisa juga ganti dengan susu UHT dengan takaran 500 ml, dan untuk madu bisa juga diganti dengan gula pasir atau yang sedang menghindari gula pasir bisa menggantinya dengan pemanis buatan rendah kalori. Jadi sesuaikan selera masing-masing dalam hal kemanisannya.
  • Pada saat pemipilan kalian bisa menggunakan mesin pemipil jagung. Dengan menggunakan mesin tersebut akan mempermudah dalam pemipilan dan juga tidak memakan waktu terlalu lama.

Itu dia cara membuat bubur jagung tanpa santan yang bisa kalian buat. Karena, bahan yang dibutuhkan juga tidak terlalu sulit di temukan. Kalian bisa menemukannya di pasar tradisional atau di warung terdekat yang komplit.

Selamat mencoba bubur jagung tanpa santannya!