Cara Membuat Bumbu Rendang Padang Asli dari Orang Minang

Cara Membuat Bumbu Rendang Padang

Cara Membuat Bumbu Rendang Padang РHidangan lezat ini, disiapkan dengan rempah-rempah yang kaya dan metode memasak yang memakan banyak  waktu, dikenal dengan menu yang spesial dan lezat. Hidangan ini enak disantap dengan nasi hangat dan bahan pelengkap seperti sejumput bawang goreng dan cabai cincang.

Rendang Padang

Cara Membuat Bumbu Rendang Padang

Apalagi bila kalian menikmatinya bersama keluarga dan kerabat akan terasa lebih lengkap. Nah, buat kalian yang suka dengan masakan rendang mungkin sudah hapal dengan sajian rendang daging asli negeri minang. Namun bagi kamu yang ingin mencicipi cita rasa asli rendang minang tidak harus jauh-jauh jauh ke kota medan. Karena saya akan memberikan Cara Membuat Bumbu Rendang Padang Asli dari Orang Minang yang benar-benar asli dari sana.

Sebelum kita masuk ke reespnya saya merekomendasikan alat agar memanggang kalian lebih mudah yakni panggangn sosis dijamin banyak kelebihannya. Nah, sekarang waktunya kita masuk ke resepnya sebagai berikut.

Cara Membuat Bumbu Rendang Padang

Bahan Utama :

  • 1.5 kg daging
  • 2 liter santan dari 2 butir kelapa

Bumbu dan Rempah :

  • batang daun serai, memarkan
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 2 cm asam kandis/gelugur
  • daun kemiri 2 lembar

Bumbu yang Dihaluskan :

  • 5 butir kemiri
  • 6 siung bawang putih
  • cabe merah besar 100 g cabe merah besar
  • 12 butir bawang merah
  • 100 g cabe merah keriting
  • 2 cm jahe, bakar
  • lengkuas 2 cm
  • 3 cm kunyit, bakar
  • 1/2 sdm ketumbar
  • 2 sdt garam
  • pala 1/2 sdt
  • 1 sdt jintan, sangrai Penyedap rasa secukupnya

 

Cara Mengolah Bumbu Rendang Padang  :

  1. Cara pertama yang bisa kalian lakukan dalam resep ini adalah dengan terlebih dahulu mengolah daging yang sudah dimasak atau dibumbui sebelum dimasak.
  2. Potong daging menjadi kubus dan ukuran yang kalian inginkan. Hanya saja, jangan memotong daging terlalu kecil agar tidak hancur saat dimasak.
  3. Setelah daging dipotong-potong. Sekarang cuci daging sampai bersih dengan air sampai kotoran pada daging bisa dibersihkan secara menyeluruh.
  4. Setelah dicuci bersih, masukkan ke dalam wadah dan tuangkan air cucian ke dalam daging kering. Sisihkan sebentar.

Cara memasak Bumbu Rendang Padang :

  1. Langkah pertama dalam memasak atau membumbui daging rendang adalah dengan menuangkan santan ke dalam wajan besar, tambahkan serai, asam jawa, irisan bawang merah, dan daun kunyit.
  2. Aduk hingga santan mendidih, pastikan santan yang anda masak tidak pecah. Jadi terus aduk santan hingga mendidih secara merata. Setelah santan mendidih, tambahkan bumbu penyedap, aduk sesekali selama kurang lebih 20 menit.
  3. Jika kalian melihat santan terlihat berminyak atau mengeluarkan minyak. Kemudian silahkan masukkan potongan daging yang sudah dibersihkan dan masak dengan api sedang hingga santan mengental dan mengering.
  4. Masak hingga daging empuk dan matang merata sambil terus diaduk agar bagian bawahnya tidak gosong.

 

5 Tips Mengolah rendang Agar Lebih Lezat

Rendang, apabila dimasak dengan tepat dapat menghasilkan rasa yang cita rasa yang sempurna dan tentu saja akan menggugah selera. Untuk itu saya akan menjelaskan 5 tips agar rendang kalian menjadi sempurna sebagi berikut :

1. Gunakan porsi daging yang tepat

Ciri khusus pada rendang yakni dimasak dalam waktu lama agar bumbu terserap merata oleh daging. Itu karena, untuk rendang daging dari sapi, gunakanlah potongan dari daging yang padat contohnya pada bagian paha – terutama bagian paha bagian luar. Hindarilah menggunakan daging lunak yang dalam karena jenis ini mudah hancur jika dimasak dalam waktu lama.

2. Mengolah daging dan bumbu dengan benar

Untuk memberi cita rasa semaksimal mungkin, bumbu rendang alangkahbaiknya dibuat dari bahan segar yang dihaluskan dengan cara digiling tanpa menggunakan blender. Setelah dihaluskan, tuangkan santan dan masak dengan bumbu halus. Setelah mengental dan mengeluarkan minyak, didihkan daging hingga matang.

3. Gunakan santan secukupnya

Santan merupakan salah satu bahan utama yang memberikan rasa yang gurih pada bumbu rendang. Oleh karena itu, penggunaan santan didalam jumlah yang mencukupi memiliki peran penting didalam cita rasa rendang. Umumnya perbandingan dari daging dan santan adalah 1 banding 3, yakni 1 kilogram daging selevel dengan santan kental yang

dibuat dari 3 buah kelapa. Jika ingin membuat rendang pedas, setiap 1 kg dagingnya bisa menggunakan 250 gram cabai dan santan kental yang terbuat dari 4 butir kelapa.

4. Masak rendang dengan api kecil

Agar bumbu menuangkan dengan sempurna dan daging menjadi empuk, sebaiknya rendang dimasak dengan api kecil selama beberapa jam. Jika Anda suka rendang kering, masak selama 5-6 jam. Jika Anda berencana memasak rendang basah, masak sekitar 4 jam. Jika hanya dimasak selama 3 jam tidak akan mendapatkan rendang, melainkan kalio, daging basah dengan campuran santan dan bumbu dalam jumlah banyak.

5. Aduk rendang secukupnya

Selama rendang daging dimasak dengan bumbu, daging tidak perlu terus diaduk agar tidak hancur. Namun, rendangnya juga harus sesekali diaduk agar tidak gosong. Tentunya perlu hati-hati saat mengaduk agar bentuk potongan daging tetap terjaga.

Itulah tadi Resep Cara Membuat Bumbu Rendang Padang dan tips yang bisa saya share kepada kalian semoga bisa memberi referensi kalian untuk memasak rendang yang enak. Jika kalian ingin mengatahui lebih dalam tentang rndang kalian bisa kunjungi Cara Memasak Rendang Sapi Padang Penambah Nafsu Makan. Dan jangan lupa juga kunjungi Cara Masak Kerang Dara Saus Tiram Hanya dengan 5 Langkah Mudah,

Happy Cooking for You…