Cara Membuat Cafe Latte Dengan Alat Seadanya Dirumah

Cara Membuat Cafe Latte – Di sekian banyak mata orang mungkin membuat secangkir cafe latte atau cappuccino haruslah dengan menggunakan mesin espresso. Jika kamu tahu, secangkir cafe latte yang sangat nikmat ini ternyata bisa dibuat dengan alat-alat kopi yang sudah kita miliki di rumah.

Serunya lagi ternyata membuat cafe latte itu cukup mudah dan tak pakai ribet. Dengan menggunakan alat kopi yang ternyata sudah kita miliki secangkir cafe latte atau cappuccino bisa dinikmati dengan rasa yang tak kalah nikmat dari yang dihasilkan oleh mesin espresso.

Cafe latte dan cappuccino ini terdiri atas espresso, steamed susu serta foam susu. Biasanya dengan menggunakan mesin espresso ini, cafe latte dibuat dengan espresso dari mesin espresso dan susu beserta foam yang sudah dihasilkan oleh steamer yang ada pada mesin espresso.

Nah, jika kalian tidak memiliki mesin espresso, bagaimana caranya membuat café]e latte dan cappuccino tersebut? Tenang, berikut akan kami kasih tahu tips yang mudah cara membuat cafe latte dan cappuccino tanpa dengan menggunakan mesin espresso. Selamat mencoba.

Cara Membuat Espresso

Tanpa mesin espresso, secangkir espresso tetap dapat disajikan. Sebagai penikmat kopi sejati kalian pasti memiliki satu atau dua alat kopi yang dapat menghasilkan espresso. Jika kamu sudah memiliki alat seperti Handpresso, Rok Presso dan Minipresso, dengan alat tersebut membuat cafe latte dan cappuccino akan sangat mudah.

Sebab kedua alat ini mampu menghasilkan kualitas espresso yang hampir sama seperti mesin espresso. Tak hanya pada alat kopi tersebut yang dapat menghasilkan espresso, alat kopi manual brewing seperti Aeropress juga dapat digunakan untuk membuat kopi espreso.

Dengan menggunakan alat Aeropress dengan menambah dosis kopi agar dapat menghasilkan kopi yang lebih strong maka ini juga bisa menjadi bahan dasar membuat cafe latte di rumah. Cukup Mudah kan?

Cara Membuat Steamed & Foam Susu

Untuk dapat membuat steamed and foam susu sebenarnya ini tidak diperlukan alat pembuat foam yang mewah. Jika kamu sudah mempunyai alat Aerolatte di rumah tentu saja dapat membuat steamed and foam susu untuk cafe latte dan cappuccino akan menjadi lebih mudah.

Tapi bagaimana jika kalian tidak memiliki alat kopi apapun untuk dapat membuat foam susu? Tenang jangan khawatir karena ternyata membuat foam susu tak sesulit yang kita bayangkan. Berikut adalah cara membuatnya:

  1. Masukkan susu gunakan susu 2% atau nonfat ke dalam toples yang tahan panas dan tutup dengan rapat.
  2. Kocok susu tersebut sampai keluar busa. Usahakan shake dengan cepat dan berulang ulang sampai beberapa menit minimal 1 menit.
  3. Kemudian buka penutup toples lalu masukkan toples berisi susu ke dalam microwave. Diamkan selama 30 detik. Susu akan membentuk menjadi foam dengan sendirinya.
  4. Foam susu siap untuk digunakan.

Cara Membuat Cafe Latte & Cappuccino

  1. Siapkan cangkir kopi favorit kamu.
  2. Kemudian masukkan espresso yang telah dibuat dengan menggunakan Handpresso, Minipresso, Rok Presso,
  3. Aeropress atau alat kopi yang lainnya.
  4. Tuangkan susu yang telah dimasukkan ke microwave tadi.
  5. Kemudian tambahkan foam susu yang juga sudah dibuat di microwave secukupnya. Jangan sampai terlalu
  6. penuh agar tak tumpah di cangkir kamu.
  7. Lalu tuangkan foam dengan menggunakan sendok di bagian tengah kopi agar rata.
  8. Tambahkan cocoa butter atau cokelat bubuk untuk sebagai garnish-nya.
  9. Cafe latte atau cappuccino kamu siap untuk dinikmati sendiri.

Itulah yang dapat saya sampaikan apabilah ada kesalahan saya mohon maaf  dan jangan lupa untuk mengunjungi mesin pembuat kopi