Cara Membuat Choco Lava Milo Lumer, Pasti Nagih!

cara membuat choco lava milo

Hola hola sobat semuanya! Pada artikel kali ini aku mau bagi-bagi resep cara membuat choco lava milo yang tentunya manis dan super lumer. Dalam berjalannya waktu dan seiring perkembangan zaman banyak sekali sajian makanan unik yang bermunculan, salah satu contohnya yaitu choco lava milo cake ini.

Sobat pasti pernah meminum susu milo, tapi pernah ngga sih sobat mencoba membuat susu bubuk milo ini dikombinasikan dengan cake? Yap, perlu sobat ketahui bubuk milo ini dapat disulap menjadi beberapa sajian seperti contohnya nugget, puding, donat, es kepal, es krim, dan juga choco lava milo cake ini. Oh iya nih sobat, kalau sobat ingin membuat donat atau memiliki bisnis kuliner donat sobat dapat menggunakan bantuan mesin pembuat donat karena mesin ini sangat efektif dan efisien. Jadi langsung aja yuk sobat kita simak resepnya!

Cara Membuat Choco Lava Milo

Bahan-bahan Choco Lava Milo:

  • Margarin atau mentega dengan takaran 3 sendok makan
  • Air panas dengan takaran 1 sendok makan
  • Susu bubuk milo sebanyak 2 bungkus sachet
  • Telur ayam sebanyak 1 butir
  • Gula pasir dengan takaran 2 sendok makan
  • Tepung terigu dengan takaran 3 sendok makan

Langkah Cara Membuat Choco Lava Milo:

  1. Pertama-tama sobat harus memastikan bahwa semua bahan yang diperlukan sudah lengkap dan tidak ada yang terlewat. Siapkan sebuah panci kecil dan masukkan 3 sendok makan mentega ke dalam panci lalu lelehkan diatas nyala api yang kecil.
  2. Setelah itu sobat larutkan susu bubuk milo dengan menggunakan air panas, aduk-aduk sampai larut.
  3. Selanjutnya sobat siapkan sebuah wadah berupa mangkuk, ambil 2 sendok makan gula pasir dan 1 butir telur ayam. Masukkan kedua bahan ke dalam wadah tersebut lalu aduk-aduk dengan menggunakan wisk sampai tercampur rata. Kemudian masukkan juga tepung terigu dengan takaran 3 sendok makan ke dalam wadah tersebut dan aduk-aduk kembali adonan hingga adonan tercampur dengan rata.
  4. Setelah itu tuangkan juga larutan susu bubuk milo ke dalam adonan dan aduk aduk kembali adonan. Untuk bahan yang terakhir dimasukkan yakni mentega cair aduk-aduk juga kembali sampai adonan benar-benar tercampur dengan merata.
  5. Kemudian sobat siapkan sebuah loyang atau cetakan, sobat olesi seluruh permukaan loyang dengan menggunakan mentega terlebih dahulu agar adonan tidak lengket pada loyang. Setelah itu adonan yang sudah diaduk sampai tercampur rata dituangkan ke dalam loyang.
  6. Sobat panaskan kukusan yang akan digunakan terlebih dahulu, apabila kukusan sudah panas masukkan loyang atau cetakan yang sudah berisi adonan cake ke dalam kukusan yang sudah panas. Kukus adonan dalam watu kurnag lebih selama 7 menit, jangn sampai overcook ya karena akan gagal sobat.
  7. Adonan cake yang sudah matang diangkat dan letakkan di atas piring saji. Sobat dapat memberikan topping berupa taburan bubuk coklat atau buah-buahan segar, belah choco lava milo cake yang super lumer lalu sajikan, yummy.

Mari Mengenal Berbagai Macam Jenis Cake

Chiffon Cake

Chiffon cake ini memiliki tekstur yang halus yang dimana sesuai dengan namanya, tekstur dari kue ini cukup halus dan biasanya cenderung tidak beremah. Pembuatan chiffon cake ini hampir sama dengan cotton cake tapi agak berbeda, tekstur dari chiffon cake yang halus ini diperoleh dari proses pengocokan putih telur. Varian rasa yang cukup populer dari chiffon cake ini yaitu chiffon keju dan chiffon pandan.

Butter Cake

Jenis cake yang satu ini memiliki tekstur seperti sponge cake tetapi lebih padat. Butter cake ini dalam komposisinya menggunakan beberapa jenis lemak, salah satunya yakni mentega atau margarin dengan takaran yang lebih banyak. Adonan dari butter cake ini tidak harus sampai mengembang seperti sponge cake, semua bahan adonan butter cake cukup di kocok sampai teksturnya lembut. Contoh kue jenis butter cake ini seperti pound cake dan cupcake.

Cotton Cake

Pertama kali ditemukannya cotton cake, kue ini langsung menjadi sangat populer karena yang unik lembut seperti kapas. Japanesse cotton cheesecake merupakan salah satu jenis cotton cake yang cukup populer dan ada juga cotton layer cake. Teknik pembuatan cotton cake ini menggunakan teknik dengan cara adonan cotton cake dituangkan ke dalam loyang tetapi direndam dengan air hangat atau bisa dibilang hampir sama dengan di tim yang kemudian di oven, teknik ini disebut dengan bain marie atau steam cake.

Sponge Cake

Jenis kue yang satu ini memiliki ciri khas yaitu memiliki tekstur yang sangat empuk hampir mirip seperti tekstur sponge. Tekstur dari sponge cake yang lembut ini umumnya berongga-rongga seperti sponge, jenis kue ini membutuhkan bahan adonan yang dapat membuatnya mengembang seperti emulsifier. Ada yang perlu diketahui nih sob, dalam pembuatan adonan sponge cake ini sangat rawan adonannya bantat sehingga kita harus memperhatikan saat proses pencampuran mentega cairnya, yakni dengan cara saat menuangkan harus secara perlahan dan sambil diaduk aduk atas dan ke bawah.

All in One Cake

All in one cake merupakan salah satu jenis cake yang paling simple dan mudah untuk dibuat karena dalam proses pembuatan cake ini tidak membutuhkan alat berupa mixer dan pemisahan bahan. Proses pembuatan cake all in one ini dengan cara mencampurkan bahan menjadi satu dan diaduk-aduk sampai tercampur rata. Dalam proses pengocokan cake ini tidak perlu sampai mengembang dan tentunya tidak membutuhkan waktu yang lama. Contoh dari jenis cake all in one ini seperti brownies dan muffin cake.

Selesai Sudah Resep Cara Membuat Choco Lava Milo

Jadi begitulah sobat resep cara membuat choco lava milo dengan proses pembuatan yang mudah dan sederhana serta sobat dapat mendapatkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat cake choco lava milo ini dengan mudah. Sobat dapat mencobanya di rumah sendiri entah untuk sekedar ingin membuat camilan atau untuk belajar memasak. Kalau sobat ingin membuat cake coklat dengan berbagai varian dan mengetahui topik seputar cake sobat dapat mengunjungi artikel cara membuat cake coklat. Jadi sampai disini dulu ya sob, terimakasih sudah membaca artikel ini dan selamat mencoba resepnya sobat. 😉👌