Cara Membuat Coklat Batangan dari Susu Kental Manis Lezat dan Mudah

cara membuat coklat batangan dari susu kental manis

Hai Sobat! Pada artikel kali ini aku mau bagi-bagi resep cara membuat coklat batangan dari susu kental manis yang lezat dan mudah. Sobat pasti tentunya pernah mengonsumsi coklat kan, baik itu berupa makanan maupun minuman. Coklat merupakan sebuah makanan atau hidangan yang memiliki rasa manis, gurih, dan lezat. Banyak orang yang menggemari atau menyukai coklat ini, entah itu anak anak, remaja, maupun orang dewasa. Hal ini dikarenakan coklat memiliki cita rasa yang khas dan sangat ramah di lidah.

Coklat berasal dari biji kakao yang sudah di olah dengan melewati beberapa tahapan. FYI nih sobat, negara terbesar yang memproduksi makanan yang terbuat dari biji kakao yaitu pantai gading yang terletak dI Afrika barat. Indonesia menempati urutan ke 3 untuk penghasil kakao terbesar di dunia.

Coklat juga seringkali digunakan sebagai bahan campuran atau pelengkap pada beberapa hidangan. Seperti contohnya pada es krim, permen, kue, brownies, donat, dan lain sebagainya. Salah satu makanan yang seringkali memakai coklat sebagai pelengkap yakni donat, jika sobat berminat juga untuk membuat donat sobat dapat memakaiĀ mesin pembuat donatĀ agar proses pembuatannya lebih mudah dan efisien.

Hmm…jadi kepingin buat coklat nih sobat. Memang sekarang ini untuk mendapatkan coklat sangatlah mudah dan banyak jenisnya. Mulai dari coklat batangan, coklat putih, dark coklat dan lain lain. Seperti yang sudah aku bilang tadi sobat, coklat mudah ditemukan, sobta dapat membeli coklat di supermarket dan kedai-kedai terdekat. Tapi sobat ga usah jauh-jauh pergi keluar, simak resepnya dari aku ya sobat, dijamin gampang dan anti gagal, oke langsung aja cusss…

Cara Membuat Coklat Batangan dari Susu Kental Manis

Bahan-bahan:

  • Susu kental manis yang sudah diseduh secukupnya
  • Coklat bubuk dengan takaran 2 sendok makan
  • Gula pasir sesuai dengan selera sobat
  • Tepung maizena dengan takaran 1 setengah sendok makan

Langkah Pembuatan Coklat Batangan dari Susu Kental Manis:

  1. Langkah pertama yang harus sobat lakukan yaitu tentunya menyiapkan semua bahan yang terdapat pada daftar bahan. Kemudian ambil coklat bubuk sebanyak 2 sendok makan, setelah itu ambil juga tepung maizena dengan takaran 1 sampai 1 setengah sendok makan.
  2. Ambil gula pasir dan susu cair secukupnya saja. Jika sudah diambil masukkan semua bahan ke dalam suatu wadah dapat berupa mangkuk. Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur dengan rata.
  3. Apabila semua bahan sudah tercampur rata, masak bahan-bahan tersebut dengan menggunakan api yang kecil dan aduk secara terus menerus.
  4. Adonan sebelumnya di aduk-aduk sampai warnanya berubah menjadi agak kehitam-hitaman.
  5. Setelah itu sobat siapkan sebuah cetakan dan tuangkan adonan coklat tersebut ke dalam cetakan.
  6. Jika sudah dituangkan ke dalam cetakan, masukkan adonan coklat tersebut ke dalam freezer atau kulkas.
  7. Setelah itu keluarkan coklat dari dalam kulkas dan sajikan.

Manfaat Coklat bagi Kesehatan Tubuh

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Mungkin diantara sobat ada yang lumayan sering terkena hipertensi atau darah tinggi? Coklat dapat menjadi solusinya lho sobat. Kandungan senyawa yang tedapat dalam coklat dapat menenangkan saraf-saraf yang tegang. Mengonsumsi coklat dapat menurunkan tekanan darah karena dapat membuat perasaan seseorang menjadi lebih rileks dan senang.

Dalam suatu studi juga telah menyatakan bahwa coklat dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau yang disebut dengan hipertensi. Selain itu coklat dapat menurunkan kolesterol LDL sejumlah 10%

Mencegah Penyakit Kanker

Saat ini kanker merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya. Sebenarnya banyak obat untuk menangani kanker ini yang sudah terdapat di alam. Seperti halnya khasiat yang terdapat pada bawang putih, anggur merah, dan teh, coklat juga memiliki khasiat untuk mencegah kanker.

Mengandung Anti-Oksidan yang Tinggi

Kandungan anti-oksidan pada coklat ternyata cukup tinggi lho sobat. Kandungan berupa flavanols semacam flavanoid pada coklat merupakan anti-oksidan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Flavanoid sendiri merupakan suatu senyawa yang terdapat pada makanan nabati dan berperan sebagai anti-oksidan yang dapat mencegah radikal bebas pada tubuh kita.

Ternyata coklat memiliki banyak manfaat juga ya sob. Sobat juga dapat membaca artikel cara membuat coklat batangan untuk mengetahui pembuatan coklat batangan sendiri dirumah yang lebih detail dan mengetahui manfaat coklat yang lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat, terimakasih sudah membaca dan mengunjungi artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan selamat mencoba😊👍