cara membuat daging kambing empuk

Pada kesempatan saya kali ini, saya akan membagikan tips cara membuat daging kambing empuk. Ternyata sudah ada banyak cara lho mengempukan daging kambing itu. Ingin tahu? Simak caranya dibawah ini.

Cara Membuat Daging Kambing Empuk

cara membuat daging kambing empuk

1. Membungkus dengan Daun Pepaya

Ternyata, daun pepaya juga memiliki kandungan enzim papain yang biasa dikenal sebagai bahan yang dapat digunakan untuk mengempukkan atau melunakkan daging, termasuk daging kambing.

Cara menggunakannya juga dibilang cukup mudah. Bungkuslah daging kambing yang sudah kalian potong dengan daun pepaya kemudian diamkan daging selama kurang lebih 1 jam. Setelah daging kambing dibungkus dengan daun pepaya selama 1 jam, daging kambing tidak perlu dicuci dan bisa langsung kalian masak sesuai selera kalian.

2. Menggunakan Buah Nanas

Tidak hanya daun pepaya saja yang memiliki kandungan enzim papain dan dapat mengempukkan daging kambing. Buah nanas ternyata juga memiliki kandungan enzim yang biasanya dikenal dengan nama bromelain, yang juga dapat kalian digunakan untuk mengempukkan daging kambing.

Cara menggunakannya juga bisa dibilang cukup mudah, Kalian hanya perlu menyiapkan nanas. Lalu kalian potong-potog nanas atau kalian parut. Nanti kalian tinggal merendam daging kambing pada parutan buah nanas tadi.

Tapi, jangan merendam daging dalam parutan buah nanas terlalu lama, karena hasil tekstur pada daging kambing bisa terlalu empuk dan mudah hancur saat dimasak.

 3. Gunakan Baking Soda

Ternyata, baking soda dapat menetralkan asam dan meningkatkan pH pada permukaan daging yang nantinya akan membuat daging menjadi lebih empuk. Rata-rata penggunaan pada baking soda ini untuk mengempukkan satu kilogram daging tidak lebih dari 15 gram.

Cara menggunakan baking soda untuk membuat daging menjadi empuk adalah dengan cara membaluri baking soda ke bagian permukaan daging kambing yang sudah kalian bersihkan dan didiamkan daging selama 30 menit.

Selain itu, baking soda juga dapat dilarutkan lebih dahulu dalam air. Kemudian, masukan daging kambing yang akan kalian masak dan rendam selama beberapa saat.

4. Merebus dengan Metode 5-30-7

Gunakan teknik merebus 5-30-7 untuk menghemat penggunaan gas kompor dan membuat daging kambing lebih cepat empuk. Pada dasarnya, metode rebus 5-30-7 ini merupakan teknik blanching. Blanching adalah proses memasak di mana makanan dimasukkan ke dalam air yang sudah mendidih dalam waktu yang sebentar.

Caranya juga bisa dbilang cukup mudah yaitu kamu harus mempersiapkan panci yang sudah diisi air untuk menggunakan teknik merebus 5-30-7. Didihkan air dulu hingga benar-benar sudah mendidih mendidih, lalu masukkan daging yang akan kalian olah ke dalam panci tersebut.

Masak daging selama 5 menit dan setelah 5 menit merebus matikan api kompor lalu tutup panci dengan rapat. Diamkan daging selama 30 menit di dalam panci tutup rapat ,jangan membuka tutup panci. Kemudian, rebus daging kembali selama 7 menit.

5. Melumuri Daging Kambing dengan Garam

Kalian tidak perlu lagi membeli bahan untuk mengempukan daging, ternyata kamu juga bisa mengempukkan daging hanya dengan garam yang ada di dapur. Garam ternyata dapat memecah serat otot daging tanpa merusak rasanya dan aman digunakan untuk mengempukkan daging.

Kalian hanya cukup taburi permukaan pada daging dengan garam lalu diamkan daging selama satu hingga dua jam. Kemudian, kalian bilas daging dan tepuk-tepuk permukaan pada daging hingga kering.

6. Menggunakan Air Kelapa

Jeruk nipis ternyata juga punya banyak manfaat untuk mengolah daging kambing. Selain bisa melunakkan dan mengurangi bau amis pada daging, air jeruk nipis ini juga bisa membunuh bakteri yang ada didalam daging.

Caranya cukup mudah kalian hanya melumuri daging kambing mentah dengan air perasan jeruk nipis. Lalu diamkan daging kambing selama kurang lebih setengah jam, kemudian masak daging sesuai selera kalian.

Baca Juga : Cara Menanak Nasi dengan Rice Cooker

Demikian artikel saya, Jangan lupa baca Resep Sate Kambing Klatak ya. Semoga artikel saya bermanfaat.