Cara Membuat Gulai Kambing Yang Empuk Dan Tidak Bau

cara membuat gulai kambing yang empuk dan tidak bau

Pada Artikel kali ini saya akan membahas makanan yaitu cara membuat gulai kambing yang empuk dan tidak bau. Gulai ialah makanan hidangan khas Melayu dan juga Minangkabau yang sudah dikenal hampir di tiap-tiap wilayah seluruh Indonesia.

Makanan ini terbuat dari kumpulan bumbu yang gurih dan pedas. Gulai dan gule ialah makanan khas di Indonesia yang berbeda, meski pemberian  namanya hampir sama.Penggunaan santan daging kambing membuat rasanya gurih.

Namun cita rasanya tidak gurih pekat seperti gulai. Gulai juga tidak begitu pedas karena ada sedikit pemakaian gula. 

Cara Membuat Gulai Kambing Yang Empuk Dan Tidak Bau

Kuah gulai lebih cair dan tidak terlalu kental.Memang proses masaknya cukup memakan waktu, tapi kalau dilakukan dengan benar maka hasilnya akan luar biasa. Resep dibawah, teman-teman bisa menjadi inspirasi untuk membuat menu gulai dirumah yang tidak hanya banyak bumbu yang akan diolah.

Namun juga banyak aroma rempah yang khas dan pekat namun tidak berlebihan. Berikut ini cara memasak gulai kambing empuk dan tidak bau.

Beberapa Tips Sebelum Cara Masak Gulai Kambing Yang Enak.

1. Bagian Daging Kambing

Cara masak gulai kambing yang enak, pertama-tama yang harus dilakukan adalah memilih bagian daging kambingnya. Pilih bagian panggul yang berada dekat dengan ekor karena bagian ini memilik daging yang  lebih empuk dan aromanya tak terlalu tajam serta memiliki  lemaknya lebih sedikit.Cara memasak Gulai kambing  enak juga jika dicampurkan dengan jeroan seperti limpa, babat, paru serta usus dari sapi dan kambing. Daging kambing juga bisa dibuat sate seperti cara membuat sate daging sapi

2. Rebus Daging

Cara masak gulai kambing yang memiliki rasa enak dan empuk adalah direbus terlebih dahulu. Rebus daging kambing hingga airnya mendidih.Buang endapan yang berwarna keabuan yang muncul diatas permukaan air. Hindari merebus daging yang bersamaan dengan jeroan yang dapat menyebabkan bau prengusnya akan semakin parah.

Rebus daging secara terpisah serta tambahkan rempah-rempah seperti  jahe, daun salam,lengkuas, daun jeruk dan batang sereh ke dalam air rebusan yang sudah dibuat.

3. Santan

Dalam penggunaan santan untuk gulai dianjurkan santannya lebih kental dibandingkan dengan gule. Pilihlah santan yang sudah tua supaya kandungan minyaknya lebih banyak.

4. Bumbu Rempah

Bumbu yang digunakan agar resep gulai kambing ala makanan rumah padangnya nikmat adalah  adas, jintan, ketumbar,bawang merah, cabai merah, serai, kayu manis, cengkeh, kapulaga, pala, hingga jahe dan kunyit.

Bahan-bahan

 5-6 porsi
  1. 500-700 gr kambing
  2. 2 buah jahe dimemarkan
  3. Segengam daun jeruk
  4. Bahan pelengkap
  5. 3 batang serai
  6. 3 daun bawang
  7. 1 santan (kara)
  8. 3 buah tomat besar
  9. 15 buah cabai rawit besar (sesuai selera level pedasnya)
  10. 4 sendok makan kecap
  11. Air, gula, lada dan garam
  12. Bumbu halus
  13. 3 buah kemiri
  14. 2 ruas jari lengkuas
  15. 2 ruas jari kunyit

Langkah Memasak Gulai Kambing Empuk Dan Tidak Bau

  1. Daging tidak di cuci namun langsung dilumuri garam terlebih dahulu untuk beberapa saat.

  2. Didihkan air, untuk kemudian masukkan daging kambing bersama dengan segengam daun jeruk dan jahe (untuk menghilangkan bau dan membuat empuk daging)

  3. Cek tekstur daging dengan menggunakan garpu, jika sudah empuk angkat dan tiriskan

  4. Siapkan sedikit minyak hasil pabrik mesin minyak kelapa untuk menggongseng daging hingga berubah warna kecoklatan. Kemudian jika sudah berubah warna, tiriskan ke wadah

  5. Uleg bumbu halus, potong daun bawang dan tomat sesuai selera

  6. Kembali berikan minyak yang cukup untuk menggoreng bumbu halus, tomat dan serai

  7. Kemudian masukkan air, santan, kecap. Aduk terus hingga mendidih dengan api sedikit besar

  8. Tambahkan garam, lada, dan koreksi rasa. Dirasa sudah sesuai kemudian angkat dan siap disajikan

     

Nah itu lah beberapa resep Cara memasak gulai daging Sapi biar empuk dan tidak bau yang bisa kamu coba sendiri dirumah, simple dan pastinya enaaak. Teman-teman bisa juga melihat lebih banyak lagi tips dan resep memasak gulai di artikel cara masak gulai kambing Selamat mencoba teman-teman