Inilah Cara Membuat Gulali Colek yang Mudah Dibuat

Cara Membuat Gulali Colek

Cara membuat gulali colek, jajanan yang eksis dan sangat tradisional, ingatkah kalian dengan jajanan gulali colek waktu kalian masih SD dulu . Gulali colek ini merupakan gulali yang biasa, tetapi cara pengambilannya yang unik yaitu dengan cara di colek-colek ataupun kalian juga dapat cara bikin gulali sendiri.

Cara Membuat Gulali Colek

Gulali ialah salah satu makanan tradisional yang sempat eksis pada zamanya dulu. Sebagai jajanan anak dalam bentuk gula-gula. Dengan memiliki warna yang mencolok dan menarik.

Zaman dulu, panganan gulali colek ini memang tak banyak bervariasi layaknya sekarang. Oleh sebab itu, banyak anak-anak yang sangat senang membeli gulali colek jadul (jaman dulu) yang dijajakan oleh bapak-bapak pedagang kaki lima.

Biasa disebut dengan gulali colek dikarenakan para pendagang mengambil gulali dengan cara colek dan dibentuk dengan beberapa bentuk. Rasa gulali yang memang manis dengan warna yang menggoda.

Memang jajanan ini sukses memikat hati anak-anak. Bentuk gulali ini pun sangat unik, ada yang bisa dibentuk menyerupai bunga, mobil-mobilan, kupu-kupu, bebek, dan masih banyak lagi.

Apalagi membuat satu gulali colek atau permen gulali ini biasanya dibandrol dengan harga sangat murah. Wajar saja jika banyak anak menyerbu jajanan tradisional ini.

Akan tetapi, di jaman yang modern seperti sekarang ini rasanya sangat susah untul menemukan pedagang keliling yang menjual permen gulali colek. Kemungkinan hanya di even event tertentu saja misal event jajanan tempo dahulu.

Macam-Macam Gulali

Macam Macam Gulali

 

Permen gulali ini sendiri juga memiliki banyak jenis, gulali jenis pertama yaitu gulali yang terbuat dari gula jawa dan biasanya di campurkan dengan kacang tanah yang kasar.

Gulali jenis yang kedua yaitu terbuat dari gua pasir atau gulali colek ini. Gulali yang satu ini memiliki warna yang menarik, biasanya para penjual menambahkan sedikit pewarna untuk menarik perhatian pembeli seperti anak-anak contohnya.

Jenis gulali yang selanjutnya yaitu gulali yang terbuat dari campuran tepung, biasanya disebut dengan gulali tarik karena pembuat menarik-narik adonan hingga berbentuk seperti mie. Cara membuat coklat batangan dari kental manis, memang bisa?Yuk disimak caranya.

Seiring dengan perkembangan zaman, macam-macam gulali diataspun sudah sulit untuk di temukan. Kangen juga makan gulali colek? Daripada bingung mencarinya, yuk kita coba buat sendiri. Cara membuat gulali colek pada zaman dulu sendiri ini cukup mudah lo, kalian hanya perlu mengikuti cara membuat gulali colek berikut ini.

Cara Membuat Gulali Colek

Cara Membuat Gulali Colek

 

Adapun cara untuk membuat gulali colek yang dibagi kali ini merupakan resep gulali colek alias gulali gula pasir yang beraneka warna yang biasanya dibuat dengan cara menarik adonan lalu dibentuk menjadi aneka kreasi binatang, bunga, atau benda lainnya

Kemudian, yang paling unik dari cara membuat gulali colek ialah dapat ditiup dan dibuat seperti peluit yang bisa mengeluarkan bunyi seperti layaknya peluit wasit bola atau peluit tukang parkir sekalipun. Selain membuat gulali colek kalian juga dapat membuat sendiri gulali kapas menggunakan mesin arum manis juga loh.

Sudah tidak sabar bukan untuk cara membuat gulali colek? Berikut bahan dan alat yang kalian butuhkan.

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan :

  • 1 kg gula pasir
  • Satu sendok makan asam citrun
  • 1 sdm pasta strawberry atau pasta pandan ( sesuai selera kalian ).
  • 100 ml air minum atau ¾ gelas sedang
  • Alat-Alat Yang Dibutuhkan :
  • 1 wajan ukuran besar.
  • Sendok makan 1.
  • 1 centong kayu untuk mengaduk gulali.

Cara Membuat Gulali Colek :

  1. Pertama tama ialah masukkanlah semua bahan yang telah disiapkan ke dalam wajan penggorengan.
  2. Aduk-aduk terus adonan sembari dipanaskan dengan api sedang.
  3. Kemudian aduk hingga merata menggunakan centong kayu, terus mengaduk jangan berhenti kurang lebih sekitar 10 menit atau sampai gulali matang.
  4. Matikan kompor dengan tetap mengaduk adonan dengan pelan-pelan.
  5. Kemudian diamkan agar adonan menjadi dingin kurang lebih sekitar 15 menit.
  6. Masukkan gulali dalam stoples atau plastik.
  7. Dinginkan adonan gulali kembali kurang lebih 2 jam.
  8. Gulali siap dibentuk sesuai dengan selera dan kreativitas.

Selain itu kalian juga dapat membuat gulali atau permen dengan beraneka macam cara membuat permen sendiri tanpa ribet. Begitulah cara membuat gulali colek jajan jadul zaman SD dulu. Cukup mudah bukan untuk membuatnya. Kalianpun bisa mencoba buat gulali colek sendiri di rumah.

Hanya saja memang diperlukan kreativitas sendiri saat membentuk gulali colek ini. Namun, ini dijamin pasti seru. Hitung-hitung bernostalgia mengingat masa-masa kecil yang sangat menyenangkan.

Baiklah sekian artikel yang kami sampaikan semoga sangat bermanfaat bagi kalian semua. Selamat mencoba dan semoga berhasil!