Cara Membuat Gulali kapas yang Nikmat

Cara Membuat Gulali Kapas nikmat yang Lezat dan Bergizi Permen gulali adalah salah satu jajanan tradisional Indonesia yang cukup populer pada masanya. Ketika belum banyak pedagang yang memjual permen atau lollipop kemasan seperti sekarang, para anak lebih menyukai membeli gulali yang dijual oleh para pedagang keliling.

Gulali sendiri memiliki banyak jenis. Jenis yang disukai dan mungkin sedikit tradisional adalah gulali yang terbuat dari gula jawa. Cara membuat Gulali ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan batang kayu kecil. Gulali  yang terbuat dari gula jawa ini biasanya dicampur dengan kacang tanah.

Gulali yang jenis selanjutnya adalah gulali yang dibuat dari gula pasir. Gulali jenis ini berwarna karena para penjual gulali ini biasanya mencampurkan pewarna makanan sehingga membuat gulali gula pasir ini lebih menarik. Gulali ini disukai oleh para anak semakin menyukainya.

Gulali yang selanjutnya dibuat dengan menggunakan campuran tepung. Para penjual gulali ini biasanya menarik-narik adonan gulali  dengan sedemikian sehingga berbentuk seperti mie atau benang sutra.

Kebanyakan orang menamakan gulali ini dengan sebutan rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan mirip seperti rambut nenek.

Jenis Gulali

Permen Gulali Gula Jawa

Jenis gulali gula jawa ini adalah jenis gulali yang  tradisional yaitu gulali yang terbuat dari gula jawa atau gula merah. Konon ceritanya, gulali jenis ini merupakan cikal bakal dari kemunculan berbagai jenis gulali yang akan ada sampai sekarang.

Gulali ini berwarna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk menggunakan potongan batang kayu atau tusuk sate. Gulali dari gula jawa atau gula merah ini juga biasanya dicampurkan dengan mengunakan kacang tanah.

Permen Gulali gula Pasir

Gulali jenis ini berwarna karena para pedagangnya biasa menambahkan pewarna makanan atau pasta makanan untuk membuatnyasedikit tertarik ketika dibentuk.

Resep Permen Gulali Gula Jawa

cara membuat gulali kapas yang nikmat

Bahan

· 500 gram gula jawa atau gula merah yang sudah dihaluskan sebelumnya
· 125 ml air atau secukupnya
· Kacang tanah yang dipotong kecil-kecil
· Tusuk sate

Cara Membuat

1. Perama , Masukkan gula merah dan air ke dalam wajan lalu aduk-aduk hingga gula tercampur rata.  Kemudian nyalakan kompor dengan api yang sedang lalu letakan wajan di atas kompor atau tungku.
2.Kedua ,  Aduk-aduk terus adonan tersebut ssampai mendidih. Selalunjutnya masukan potongan kacang tanah yang sudah dipotong sebelumnya lalu aduk-aduk kembali hingga merata. Jika airnya sedikit berkurang, silahkan angkat wajan tersebut lalu diamkan hingga adonan sudah tampak mulai mengental.
3. Jika sudah adonan sudah mulai mengental, silakan celupkan tusuk sate ke dalam wajan lalu ambil gulalinya. Selamat menikmati gulali tradisonal ini. Jika ingin disimpan dalam jangka waktu yang lama, Anda bisa membungkus gulali yang sudah ditusuk seblumnnya menggunakan plastik lalu masukkan ke dalam toples yang tertutup.

Resep Permen Gulali Gula Pasir

cara membuat gulali kapas yang nikmat

Bahan

· 1 kg gula pasir
· 1 sdm asam citrun
· 1 sdm pasta pandan atau pasta stroberi
· 1 sdm asam citrun
· 100 ml air matang atau ¾ gelas yang sedang

Cara Membuat

1. Pertama masukkan gula pasir, kemudian masukkan semua bahan yang telah disiapkan sebelumnya kedalam wajan yang sudah disiapkan.  Kemudian aduk sampai rata dengan centong kayu ke kiri dan ke kanan dengan sabar jangan sampai berhenti selama 10 sampai 12 menit sampai gulali sudah terlihat matang.
2. Matikan kompor dengan pelan-pelan gulali tetap diaduk.
3. Setelah itu menunggu proses pendinginan kurang lebih selama 15 menit. Sampai mendapatkan tekstur yang diinginkan.
4. Masukkan gulali kedalam stoples. Dinginkan gulali kurang lebih selama 2 jam.
5. Gulali siap dibentuk sesuai kreativitas kalian.