cara membuat humus kaliandra

Cara membuat sebuah humus kaliandra supaya  tanah humus bisa menjadi sebuah tanah yang gembur perlu ketahui oleh Anda yang mempunyai hobi bercocok tanamoleh  karena kita bisa memberikan sebuah manfaat yang sangat baik bagi sebuah tumbuhan. Salah satu sebuah manfaatnya cukup signifikan merupakan sebuah meningkatkan sebuah kualitas dari dalam tanah. Dan begitu juga sebaliknya pada sebuah pupuk kimia, yang penggunaanya bila secara berlebihan bisa merusak dan meracuni sebuah tanah bahkan lingkungan yang ada di sekitarnya.  Selain itu tanah humus, mungkin juga  kita juga sering mendengar sebuah kompos. Meski sama-sama penyubur sebuah tanah namun sebenarnya ada sedikit suatu perbedaan. Sederhananya,  sebuah tanah yang empunyai sebuah humus adalah kompos yang terbentuk dan terbuat secara alami.  Bisa kalian lihat dari subuah materi yang organik seperti suatu sisa hewan dan tumbuhan yang telah menumpuk di sebuah permukaan selama beberapa tahunan laluyang sudah mengalami sebuah proses pembusukan oleh suatu mikroorganisme, hingga kemudian sebuah tanah akan terlihat berwarna gelap. Sedangkan sebuah kompos yang ini juga merupakan sebuah pupuk yang sangat organik, dibuat oleh kita yaitu manusia dengan meniru sebuah proses yang terbentuknya dari suatu humus, dengan waktu yang sangat lebih cepat yakni kurang lebih 1 – 3 bulan. Oleh karena itu banyak yang menyamakan sebuah tanah yang terbuaat dari humus dengan sebuah kompos. Yang suah jelas secara fungsinya, keduanya sama-sama baiknya untuk sebuah tanah, mulai dari sebuah  struktur hingga memilki kemampuan tanah dalam mengikat sutatu ion. Setelah itu kemudian dikenal dengan sebagai ssebuah pupuk organik, jenis penyubur yang bisa kita aplikasikan untuk berbagai macam macam tanaman, mulai dari sebuah tanaman dan pertanian, tanaman hias ataupun buah.

Selain dari yang sudah kita sebutkan di atas, manfaat pupuk organik lainnya ialahmenyediakan unsur hara bagi tanaman

  1. meningkatkan sebuah kemampuan tanah untuk menahan sebuah air
  2. meningkatkan aktivitas sebuah biologi tanah
  3. meningkatkan suatu pH pada sebuah tanah yang  asam
  4. menyediakan banyak unsur mikro bagi sebuah tanaman

Untuk sebuah jenis pupuk organik yang pada saat ini sangat banyak digemari oleh diri sendiri ada dua macam yaitu pupuk dari kandang dan sebuah pupuk dari kompos.

Pupuk kandang merupakan sebuah jenis pupuk organik yang bisa kita buat dari sebuah sisa ataupun kotoran hewan ternak seperti kotoran dari sapi, kambing ataupun juga bisa dari ayam.

Pembuatannya lumayan relatif sulit karena membutuhkan bahan cukup banyak peralatan dan harus bisa melewati beberapa proses.

Sedangkan sebuah pupuk kompos jauh lebih sangat mudah dan sangat praktis. Karena sebuah jenis suatu pupuk organik ini bisa kita buat dari sebuah tumbuhan ataupun sampah yang organik, seperti yang telah disinggung sebelumnya.

Pupuk kompos ini sendiri terdiri dari banyak jenis tergantung bahan utama yang akan gunakan.

Salah satu cara yang lebih dan sangat mudah dan sangat praktis adalah pupuk organik yang terbuat dari bahan seperti daun.

Kalau kita di rumah memiliki sebuah taman dengan sangat banyak dedaunan yang sangat kering, ini bisa kita dimanfaatkan sebagai sebuah bahan sebuah tanah humus dan suatu kompos. Selain itu juga bisa membersihkan taman dari sebuah sampah yang organik ini, kita juga bisa sekaligus melakukan memproduksi sebuah pupuk.