cara membuat ice coffee yang Sederhana dan Enak

pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara membuat ice coffee dan juga sedikit mengenai manfaatnya jika rutin meminumnya. Selain itu ada juga resep teh poci milo yang rasanya tidak kalah nikmat dari ice coffee.

Es kopi adalah minuman kopi yang disajikan dingin atau ditambah es batu. Es kopi dapat dibuat dari kopi biasa ataupun dari espresso. minuman pertama kali dibuat di Prancis dan disebut sebagai mazagran.

Mazagran tersebut dibuat dari kopi dingin dan air soda. Cara tradisional untuk membuat es kopi adalah dengan merendam biji kopi yang telah digiling semalaman lalu keesokan harinya air tersebut dituang ke gelas dan didinginkan.

Pembuatan es kopi modern dilakukan hanya dengan membuat kopi panas dan menambahkan es batu. Variasi dari es kopi ini antara lain adalah es latte, es cappuccino dan es mocca. Sementara itu, Frappuccino yang dijual oleh Starbucks merupakan salah satu jenis es kopi terpopuler.

1. Cara Membuat Ice Coffee

Cara Membuat Ice Coffee

Bahan bahan

  • 1 sdm kopi bubuk
  • 20 ml air panas
  • 250 ml susu cair dingin
  • 3 sdm es krim vanilla
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt coklat bubuk
  • es batu secukupnya
  • air dingin secukupnya

Cara Membuat

  1. Tuangkan kopi dan gula pasir ke dalam cangkir, masukkan sedikit air panas ke dalam cangkir lalu aduk samapai merata.
  2. Setelah kopi larut, masukkan susu cair dingin, aduk merata, tambahkan 2 sdm es krim vanilla, taburi coklat bubuk secukupnya
  3. Masukkan es batu dan sedikit air es lalu blender semuanya hingga berbuih. Kesegaran Iced Coffee yang nikmat, siap disajikan.

Manfaat Minum Ice Coffee

Mengonsumsi kopi dalam kadar yang cukup bisa memberi sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari membantu meredakan stres dan depresi, menurunkan risiko terkena penyakit diabetes, dan meningkatkan daya konsentrasi.

Kopi pun bisa dikonsumsi dengan diseduh air panas atau ditambah dengan es batu.Bagi yang lebih suka menikmati es kopi daripada kopi panas, ada sejumlah manfaat sehat yang bisa didapatkan oleh tubuhmu.

Atau bila selama ini sudah terlalu sering minum kopi hangat dan ingin mencoba yang lebih menyegarkan dengan es kopi, mungkin sekarang adalah saat yang tepat untuk mencobanya.

1. Ice coffee dapat membantu mencegah serangan jantung

Para ahli berpendapat bahwa iced coffee secara mengejutkan memiliki manfaat yang baik karena di dalamnya mengandung senyawa seperti kafein, magnesium, trigonelin, dan senyawa fenolik yang dapat bekerja dengan menstabilkan tekanan darah tubuh.

meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan tekanan darah. Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Colorado pada tahun 2017 menemukan bahwa minum kopi setiap minggu, terutama iced coffee, dapat membantu mengurangi peluang terkena serangan jantung hingga 7%.

2. membuat tubuh lebih semangat dan dapat mengurangi stres

Dalam sebuah studi tentang tikus lab yang kurang tidur, para peneliti menemukan ekspresi gen yang berbeda antara tikus yang mampu menghirup kopi dan yang tidak.

Seperti yang ditemukan, hanya satu aroma ice coffee sudah cukup untuk mengurangi efek kurang tidur seperti stres dan kelelahan. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk membuat kesimpulan tentang efek aroma kopi pada manusia.

Secara umum, mengonsumsi kopi dalam jumlah sedang sangat baik bagi tubuh kalian sehingga tidak masalah jenis kopi yang kalian pilih untuk diminum.

Baik hot coffee maupun iced coffee memiliki manfaatnya masing-masing bagi kesehatan. Ini hanya beberapa perbedaan penting yang harus diperhatikan.