Cara Membuat Jenang Mutiara dengan Mudah

Pada kali ini artikel saya akan memberikan cara membuat jenang mutiara dengan mudah. Di artikel sebelumnya saya juga sudah membuat rangkuaman cara membuat janang mutiara.

Jenang Mutiara enak jika dimakan untuk camilan sore hari, kita buat saja sagu mutiara. Dibuat menjadi bubur atau sebagai campuran dessert seperti puding, hasilnya sama nikmatnya. Sensasi mengunyah bulir-bulir sagu mutiara di mulut selalu menjadi daya tarik tersendiri. Warnanya yang cerah pun bisa menambah kemeriahan sajiannya yang menggoda.

Cara Membuat Jenang Mutiara

Nah, sebelum membuat camilan berbahan sagu mutiara, ada hal penting yang harus diperhatikan. Usahakan memasak sagu mutiara jangan sampai hancur. Sagu mutiara yang hancur bisa mengurangi kecantikan penampilan sajiannya.

Biasanya, sagu mutiara hancur karena hasil pengolahannya yang salah sehingga hasilnya terlalu lembek dan menggumpal. Lalu, bagaimana agar sagu mutiara tidak mudah hancur? Simak tips di bawah ini!

Tips Cara Membuat Jenang Mutiara tidak Hnacur

1. Jangan Direndam Dulu

Biasanya, kita merendam sagu mutiara sebelum dimasak dengan harapan akan mempercepat proses pematangan.

Namun sayangnya, proses perendaman justru  bisa membuat sagu mutiara jadi lengket dan mudah hancur setelah dimasak. Sebaliknya, jika tidak direndam, proses pematangan memang akan jauh lebih lama. Tapi sagu mutiara tidak akan lengket dan bisa mengembang dengan cantik.

2. Jangan Terlalu Sering Diaduk

Saat akan memasak sagu mutiara, pastikan air sudah mendidih terlebih dahulu. Setelah itu, baru masukkan sagu mutiara ke dalam air mendidih. Nah, pada saat proses memasak ini, kita harus mengaduk sagu mutiara. Tetapi jangan terlalu sering, ya. Aduk seekali saja agar sagu mutiara tidak lengket. Jika terlalu sering diaduk, sagu mutiara bisa hancur.

3. Cek Kematangan Sagu Mutiara

Pada bagian tengah sagu mutiara terdapat titik putih, yang semakin lama akan tampak semakin mengecil pada saat dimasak.

Ketika titik putih tersebut sudah menghilang dan warnanya berubah menjadi transparan, tandanya sagu mutiara sudah matang. Segera matikan api dan angkat sagu mutiara.

4. Segera Siram dengan Air Dingin

Setelah sagu mutiara diangkat, segera siram dengan air dingin. Kendati sudah keluar dari panci, sagu mutiara dalam keadaan panas sebenarnya masih bisa melakukan proses pematangan. Di sisi lain, sagu mutiara yang terlalu matang teksturnya akan menjadi lembek dan hancur. Untuk itulah segera disiram air dingin bertujuan untuk menghentikan proses pematangan tersebut.

jenang mutiara

Resep Jenang Mutiara

Saat memasak Bubur Mutiara, Anda juga boleh mencoba resep ini  untuk ibu2 yang menghemat gas dan membuat masakan rebusan empuk yang pas serta pas pula kenyalnya kalau untuk olahan bubur.

Memasak Jennag Mutiara dengan 5 menit perebusan, lalu mematikan kompor sambil tutup dengan panci selama 30 menit, kemudian rebus kembali selama 7 menit.

Berikut ini cara membuat jenang mutiara

Bahan-bahan:

  • 100 gr/1 bungkus sagu mutiara cap kucing
  • 750 air atau secukupnya
  • 125 gr gula pasir ( manis sesuai selera)

Bahan Kuah:

  • 400 ml santan kental
  • 1 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan

Cara Membuat Jenang Mutiara:

  1. Didihkan air
  2. Masukan sagu mutiara dengan api sedang,masak hingga 5 menit, aduk sesekali biar tidak lengket dan tutup panci.
  3. Setelah 5 menit, matikan Kompor, jangan dibuka tutup panci hingga 30 menit.
  4. Setelah 30 menit buka tutup panci, baru masukan gula pasir aduk rata.
  5. Hidupkan kembali kompor, lanjut masak hingga 7 menit terhitung dari mendidih.
  6. Setelah 7 menit terakhir, matikan api, jangan langsung dibuka biarkan beberapa menit lagi. Jadi bila dihitung keseluruhan memasak menggunakan gas hanya 12 menit, silahkan dicoba sendiri.
  7. Rebus kuah santan hingga mendidih.
  8. Sajikan bubur mutiara dengan siraman kuah santan.

Sekarang, kita bisa membuat sagu mutiara menjadi camilan sore yang lezat. Selamat Mencoba:))