Cara Membuat Jus Apel Sederhana dan Menyehatkan

cara membuat jus apel

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat jus apel Sederhana dan Menyehatkan anda.

Buah apel adalah buah yang terkenal kedalam buah yang lezat dan mempunyai nilai gizi tinggi. Minuman jus apel atau buah yang satu ini ternyata Anda dapat dinikmati dengan cara apapun, misalnya, Anda dapat menikmati apel dengan memakannya langsung ataupun Apel dapat Anda buat sebagai minuman jus yang menyehatkan Anda.

Apel mengandung antioksidan tinggi, baik untuk tubuh. Minuman jus apel memiliki banyak jenisnya, tetapi minuman dimasyarakat lebih terkenal dan populer adalah jus buah apel. Selain itu jus apel yang mudah untuk dibuat minuman ini juga termasuk dalam minuman yang sehat dan segar. Untuk membuat minuman yang satu ini Anda dapat menggunakan apel merah atau hijau karena minuman-minuman ini dapat disesuaikan dengan selera Anda. Selain itu, bagaimana cara membuat  jus apel yang baik tentu Anda harus mempersiapkan bahan terlebih dahulu tetapi Anda jangan repot-repot dan tidak boleh bingung karena alat dan bahan cukup sederhana.

Bahkan ketika dibuat menjadi jus, buah apel tetap bermanfaat bagi kesehatan, Jus apel dikemas dengan vitamin, kalsium, kalium dan magnesium untuk memperkuat kekebalan dan otot. Tidak hanya itu, jus apel juga kaya dengan serat dan pektin yang membantu anda tetap aktif dan berenergi. Selain itu, kandungan senyawa fenolik yang ada dalam buah apel juga bisa melawan infeksi yang tidak diinginkan.

Manfaat Jus Apel untuk Kesehatan

cara membuat jus apel

Buah apel merupakan buah yang kaya akan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kamu juga bisa mendapatkan buah apel ini  di pasar tradisional maupun supermarket terdekat dengan harga yang terjangkau. Anda bisa memanfaatkan buah apel ini sebagai jus, salad, selai dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa manfaat dari jus apel untuk kesehatan dan kecantikan mu. Jus apel ini bisa kamu konsumsi dalam jangka panjang baik pagi ataupun siang.

1. Mencegah Kanker

Buah Apel merupakan salah satu buah yang mengandung anti-kanker, dan tentu buah ini sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari sel-sel penyebab kanker. Penemuan ahli dari Amerika menjelaskan bahwa flavonoid yang terkandung dalam buah apel dapat menurunkan risiko kanker pancreas pada manusia hingga 23 %. Kulit Apel ini juga mengandung triterpenoid yang dapat mengoptimalkan fungsi flavonoid dalam mencegah pertumbuhan kanker pada tubuh manusia.

2. Menurunkan Kolesterol

Apel merupakan  buah yang memiliki serat larut yang dapat menurunkan penyerapan kadar kolesterol jahat pada tubuh, atau kadar kolesterol baik untuk tubuh. kemudian para ahli telah menyimpulkan, jika buah Apel dapat menurunkan kadar kolesterol pada tubuh manusia. Kerena itu mengapa Apel sangat baik bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi dalam tubhnya.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah apel adalah salah satu buah yang kaya akan antioksidan yang biasa disebut dengan quercetin dan flavonoid. Zat yang terkandung adalah zat quercetin ini mampu membantu manusia dalam meningkatkan sistem imunnya, sehingga mereka yang mengonsumsi Apel secara rutin akan terhindar dari resiko penyakit. Selain itu buah ini mengandung vitamin C yang bersifat anti-inflamasi yang dapat menurunkan penyakit, virus, atau bakteri yang ada dalam tubuh manusia.

4. Mengobati Asma

Jus apel  mampu menjadi obat alami bagi penderita gangguan pernapasan seperti penyakit asma misalnya. Kandungan yang ada adalah polifenol dan fitokimia dalam apel dapat membantu tubuh manusia dalam masa recovery dari penyakit asma. Beberapa ahli telah melakukan penelitian dan menyatakan, anak-anak yang secara rutin mongonsumsi jus apel setiap hari akan mengalamu penurunan risiko asma. Oleh karena itu mengapa hingga kini apel dipercaya mampu menjadi obat alami asma dikalangan masyarakat luas.

5. Mengontrol Gula Darah

Meminum jus apel dapat mengontrol gula darah, terutama pada usia yang cukup banyak. Buah apel memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebeas yang dapat menyebabkan diabetes. Kandungan serat larut dan pectin dapat mengendalikan kadar gula dalam tubuh manusia, oleh sebab itulah mengapa buah ini sangat bagus untuk penderita dibetes.

6. Menurunkan Berat Badan

Ternyata jus apel memiliki banyak serat dan rendah kalori yang bisa kamu manfaatkan sebagai makanan saat diet. Oleh karena itu jus apel sangat efektif untuk menurunkan berat badan, karena tentu lemak dalam tubuh manusia lebih mudah terbakar. Kamu dapat meminum jus apel setiap hari, setiap siang ataupun pagi.

7. Memutihkan Gigi

Buah apel memiliki zat yang dapat memutihkan gigi, bahkan tanpa menggosok gigi dengan pasta gigi. Anda juga bisa membuatnya sebagai jus untuk menguatkan gigi mu. Apabila anda ingin gigi menjadi putih  maka makanlah buah apel, atau jus apel agar gigi mu tampak lebih putih dan sehat.

8. Mencegah Kanker Kulit

Jus apel  dapat membuat kulit mu terlindungi dari resiko penyakit kanker kulit. Jus buah apel  sangat  bagus untuk memelihara kesehatan kulit, dan membantu kecantikan kulit mu. Memakan buah apel sangat bagus karena mengandung vitamin A dan vitamin tersebut mampu mengurangi risiko penyakit kanker pada kulit hingga 5%. Kamu bisa memakan atau membuat jus apel

9. Menghilangkan Kantung Mata

Anda bisa membuat jus apel dan mengoleskannya pada kantung mata anda, dan diamkan hingga mengering dengan sendirinya. Apabila anda suka begadang untuk suatu pekerjaan, dan muncul kantung mata panda diwajah mu cara ini sangat efektif untuk menghilangkan kantung mata mu.

10. Mengatasi Kulit Berjerawat, Kendur dan Berminyak

Buah apel ternyata bisa anda manfaatkan untuk mengatasi kulit berjerawat, kendur dan berminyak. Anda juga bisa dijadikan jus apel tanpa gula, dan kamu bisa menggunakan jus tersebut sebagai masker wajah. Jus apel ini bisa anda manfaatkan untuk masker wajah berjerawat, wajah mu yang kendur akibat penuaan dini dan berminyak. Gunakanlah masker jus apel ini untuk wajah anda, dan diamkan hingga ampas jus apel mengering.

Jenis-Jenis Apel yang Ada Di Indonesia

cara membuat jus apel

1. Apel Manalagi

Untuk apel jenis Manalagi ini berasal dari Desa Gandon, Kecamatan Batu, Malang. Apel ini mempunyai  warna hijau kekuningan walaupun sudah matang, berbentuk jorong, pangkal dan pucuk berlekuk dalam. Apel jenis ini mempunyai pori – pori yang kulit buahnya yang nyata, halus dan renggang. Rasa apel ini sangat segar dan mempunyai aroma yang kuat. Kemuadian untuk rasanya yang manis serta warna daging putih kekuningan membuatnya digemari masyarakat.

2. Apel Manalagi ceri

Buah apel Manalagi Ceri ini adalah  apel manalagi yang berukuran lebih kecil dari apel manalagi.

3. Apel Fuji

Apel Fuji adalah apel yang pertama kali dikembangkan di Jepang pada tahun 1930-an.  Sejak itulah, Apel Fuji ini langsung terkenal di Jepang, Korea, Tiongkok, dan Amerika Serikat.  Apel Fuji ini memiliki rasa yang sangat lezat dan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Buah ini berwarna merah muda hampir di seluruh permukaan kulitnya.

4. Apel Golden delicious

Apel jenis ini berasal dari Amerika. Untuk warna kulitnya kuning, daging buah sedikit keras, berair, dan rasanya sedikit asam. Apel jenis ini sangat enak untuk dimakan langsung atau  dibuat menjadi jus, pai, dan saus apel.

5. Apel Granny smith

Buah apel ini berasal dari Australia dengan warna kulit hijau. Ciri apel jenis ini adalah berair dengan rasa asam dan ukurannya sedang. Apel ini sangat mudah untuk tercemar baketri Listeria monocytogenes yang berbahaya untuk kesehatan.

6. Apel Rome Beauty

Jenis buah apel ini banyak ditaman di daerah Malang dan terkenal sebagai Apel Malang. Apel ini memiliki ciri kulit yang berwarna hijau dengan semburat merah, rasanya manis, dan warna dagingnya putih kehijauan.

7. Apel Princess Noble

Buah apel priincess noble atau sering disebut juga apel hijau atau Apel Australia. Apel ini mempunyai ciri-ciri kulit buah yang hijau kekuningan, berbentuk agak bulat dengan lekukan di bagian ujung relatif dalam.

8. Apel Anna

Apel ini adalah apel yang banyak diminati dari  daerah Malang. Bentuknya dan warnanya mirip apel impor. Warna kulitnya merah tua dan bisa merata.

9. Apel Royal gala

Buah apel royal gala merupakan apel yang berasal dari berasal dari Selandia Baru. Jenis apel ini mempunyai warna kulit yang  kuning dengan garis-garis berwarna merah jambu, berair, daging buah keras, manis, dan beraroma tajam.

10. Apel Washington

Apel washington adalah apel yang  berasal dari Amerika. Untuk cirinya sendiri yakni warna kulitnya merah bergaris-garis. Daging buahnya lunak dan rasanya manis sedikit asam.

Cara Membuat Jus Apel

cara membuat jus apel

Bahan yang diperlukan:

  • 1 apel merah atau hijau masih segar
  • 2 sendok makan gula pasir
  • susu kental manis secukupnya
  • air secukupnya
  • es batu secukupnya

Langkah – Langkah membuat jus apel:

  1. Kupas apel dan buang bijinya
  2. Tambahkan apel yang sudah dikupas bersih ke dalam blender sambil dipotong-potong
  3. Tuangkan air secukupnya ke dalam blender lalu masukkan siap gula pasir
  4. Tambahkan dengan susu kental manis secukupnya
  5. Setelah itu blender dengan kecepatan sedang sampai halus dan lembut, sekitar selama 3 menit
  6. Masukkan es batu ke gelas
  7. Tuangkan jus apel yang telah diblender ke dalam gelas yang cantik.
  8. Jus apel siap untuk disantap.

Cukup mudah bukan, cara membuat buah jus apel sederhana dan menyehatkan. Itulah Cara Membuat Jus Apel, Dan anda juga dapat menggunakan mesin cup sealer atau mesin penutup gelas plastik untuk minuman seperti jus ,kopi,teh dan lain sebagainya. Itulah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk sobat sekalian…