Cara Membuat Jus Kurma Istimewa dan Simple di Buatnya

Jika kalian orang yang tinggal di negara arab pasti sudah tau dengan buah ini, yaitu buah kurma. Buah ini tidak hanya ada di negara tapi di Indonesai sudah tersebar luas. Terutama di pasar-pasar sudah banyak orang yang menjual buah ini karena rasanya yang enak.

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang cara buat jus tomat hijau. Pada kali ini kita akan mengetahui bahan dan cara membuat jus kurma istimewa dan mudah banget. Tetapi sebelum ke cara pembuatannya, kita perlu tahu dulu asal usul buah kurma ini.

 

Dari Mana Asal Buah Kurma?

cara membuat jus kurma istimewa

Buah kurma walaupun tempat asalnya tidak bisa diprediksi karena telah sejak lama dibudidayakan oleh orang persia. kemungkinan besar tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia.

Pohon kurma memiliki ukuran sedang dengan tinggi sekitar 16 sampai 24 meter tumbuh secara tunggal ini bisa tumbuh membentuk seperti rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal yang bisa tumbuh dimana saja.

Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

 

Inilah Cara Membuat Jus Kurma Istimewa yang Simple Banget

cara membuat jus istimewa

1.Cara Membuat Jus Kurma Istimewa

Bahan-Bahan:

  • 1 gelas
  • 1 blender agak besar
  • 4-6 Butir kurma yang sudah matang
  • 2 sdm gula pasir
  • Susu kental manis
  • air matang secukupnya
  • Es batu
  • Jangan lupa 1 jahe, ini yang membuat jus kurma menjadi istimewa

Cara Membuat Jus Kurma Istimewa:

  1. Pertama yang harus di lakukan yaitu siapkan alat-alatnya, seperti pisau, blender dan 1 gelas.
  2. Jika sudah lengkap lanjut ke selanjutnya, pisahkan buah kurma dengan bijinya dan potong masing-masing menjadi 2 bagian.
  3. Lalu masukan semua potongan kurma kedalam blender dan jahe beri sedikit air matang.
  4. Tambahkan gula sesuai selera jika anda suka dengan rasa manis dan susu kental manis sesuai selara masing-masing.
  5. Blender kurang lebih 2 menitan, cek rasa jika ada yang kurang bisa tambahkan sendiri.
  6. Jika sudah halus dan tercampur rata, masukan kedalam gelas lumayan besar.
  7. Tambahkan es batu biar terasa segar.
  8. Jus kurma istimewa siap di sajikan

 

 

Jenis-Jenis Kurma yang Wajib Kamu Ketahui

1.Kurma Azwa

Di antara jenis kurma yang biasa atau pada umumnya, kurma satu ini yang paling mahal. Kenapa? Karena buah kurma ini asli tumbuh di kota Madinah dan punya nama lain kurma nabi ini memiliki bentuk yang padat dan agak keras tapi paling enak dan bisa.

Ciri-cirinya berwarna hitam pekat dan ada serat-serat berwarna cokelat pada permukaannya. Rasa manisnya menyerupai kismis, wujudnya kering, tidak lembab, dan ukurannya agak besar.

 

2. Kurma Lulu

Jika anda ingin memakan kurma yang bentuknya mirip kurma nya nabi dan harganya lebih murah, Aladiners bisa pilih kurma lulu. Kurma ini memiliki ciri-ciri hitam pekat, namun ukurannya agak lebih kecil dari kurma nabi.

3. Kurma Amer Hajj

Buah Kurma ini sering disebut oleh orang irak dengan nama Amir Haji. Jenis kurma yang satu berasal dari Irak ini memiliki daging yang sangat tebal dan memiiliki tekstur yang lembut dan mempunyai rasa yang sangat manis.

Kurma jenis ini sering dikenal dengan welcome kurma, karena sering dihidangkan untuk menyambut tamu. Kurma dari Irak ini terkenal dengan harganya yang murah.

 

4.Kurma Palmfruit

Jenis kurma yang paling umum dibeli adalah kurma Palmfruit yang berasal dari Tunisia. Kurma ini memiliki bentuk yang lonjong dan panjang, warna cokelat kemerahan, tekstur cenderung kenyal, dan rasanya manis.

 

Itu lah tadi beberapa cara membuat jus kurma istimewa yang sangat mudah dan simple. cara di atas hanyalah contoh, anda bisa menambahkan farian rasa seperti menambahkan susu atau yang lain. Semoga bermanfaat bagi kita semua, dan selamat mencoba!!