Cara Membuat Keripik Bayam Renyah

cara membuat keripik bayam

Pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan cara membuat keripik bayam, tapi sebelumnya pernahkah teman-teman mencoba olahan dari bayam ini. Kebanyakan orang pasti belum terlalu mengenal keripik bayam ini, mungkin karena belum banyak orang yang menjual keripik bayam.

Jika anak anda tidak menyukai sayuran jenis ini anda bisa mengolahnya menjadi keripi bayam, anak anda menyukanya. Teman-teman juga bisa mengkreasikan keripik bayam ini menjadi beberapa rasa dengan cara menaburkan bumbu-bumbu yang anda sukai.

Di dalam bayam juga terkandung vitamin severti vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin E. Bayam juga mengandung mineral-mineral utama di antaranya adalah magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium.

Baiklah langsung saja kita ke proses pembuatannya, untuk membuat keripik bayam saya menyarankan agar teman-teman menggunakan jenis bayam yang bagus dan juga masih segar. Anda bisa menngunakan jenis bayam raja, karena selain lebar dari bayam ini besar jenis bayam ini juga sangat cocok untuk kita jadikan keripik.

cara membuat keripik bayam

Cara Membuat Keripik Bayam :

Untuk membuat keripik bayam yang renyah teman-teman bisa mempraktekan cara membuat keripik bayam di bawah ini. Jika teman-teman serius dan fokus saat proses membuatnya, maka dapat dipastikan keripik yang teman-teman buat hasilnya memuaskan dan juga enak.

Bahan Bahan :

  • 500 gram tepung beras
  • 100 ml santan kental instan
  • 40 lembar daun bayam raja
  • 1 butir telur ayam
  • Garam halus secukupnya
  • Air secukupnya
  • 3 buah kemiri
  • 6 siung bawang putih
  • 3 buah kencur
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 sendok teh ketumbar.

Langkah Langkah :

  1. Langkah yang pertama, cuci terlebih dahulu bayam yang akan di buat menjadi keripik cucilah sampai bersih di air yang mengalir lalu tiriskan
  2. Kemudian haluskan bumbu bumbu seperti bawang putih, kemiri, kencur, daun jeruk dan ketumbar, usahakan sampai benar-benar halus
  3. Setelah itu campurkan bahan bahan seperti tepung beras dengan santan kental, lalu masukkan bumbu yang sudah kita haluskan tadi. Lalu tuangkan air sedikit demi sedikit sampai mennjadi adonan sesuai dengan yang kita inginkan
  4. Selanjutnya panaskan minyak goreng, usahakan minyak goreng yang di gunakan baru dan gunakan minyak goreng dengan jumlah yang cukup banyak
  5. Kemudian masukkan atau celupkan bayam ke dalam adonan yang sudah kita buat tadi. Celupkan satu persatu agar adonan menempel sempurna pada bayam
  6. Setelah itu goreng bayam di dalam minyak panas, oh iya saat memasukkan ke dalam minyak panas usahakan satu persatu agar adonan tidak menempel satu dengan yang lainnya
  7. Terakhir, goreng bayam sampai matang dan juga renyah, biasanya bayam yang sudah matang berubah warna menjadi ke emas-emasan. Jika bayam sudah matang kemudian angkat dan tiriskan bayam terlebih dahulu.

Agar bayam yang kita buat rasanya tetap renyah dan tahan lama, teman-teman harus memasukkannya ke dalam wadah kedap udara seperti toples dan lain sebagainnya. Keripik bayam ini juga sangat enak di jadikan lauk pengganti kerupuk.

Jika teman-teman menyukai pedas atau keju, teman-teman bisa menaburkan bumbu rasa pedas atau yang lainnya. Caranya yaitu siapkan keripik bayam yang sudah matang dan sudah agak dingin, kemudian siapkan bumbu-bumbu yang akan di gunakan lalu taburkan bumbu tersebut di atasnya. Tapi ingat jangan mengkocok keripik pada saat proses pembumbuat, agar keripik tidak hancur.

Mungkin cukup sekian artikel mengenai cara membuat keripik bayam dari saya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu teman-teman semua. Mohon maaf bila ada kesalahan kata-kata sekian dan terimakasih.