Cara Membuat Keripik Beling dari Singkong yang Nikmat

cara membuat keripik beling dari singkong

Halo teman-teman, Hari ini saya akan membagikan sedikit resep cara membuat keripik beling dari singkong. Cocok sekali buat camilan anda di rumah.

Keripik ataupun kerupuk merupakan camilan yang banyak sekali penggemarnya. Rasa gurih dan renyah dari keripik ataupun kerupuk membuat semua orang yang menikmainya tidak bisa berhenti untuk makan. Apalagi rasa dari keripik atau kerupuk yang disajikan sangat enak.

Untuk proses pembuatan cara membuat keripik kaca sangatlah mudah dilakukan di rumah. MengaPa demikian?, karena proses dari camilan ini tidak terlalu bertele-tele, sehingga bisa kalian aplikasikan di rumah.

Akan tetapi, sebelum membahas bagaimana cara membuat keripik beling dari singkong, tahukah kamu apa itu keripik kaca? yang belum tahu, yuk simak penjelasan di bawah ini.

Keripik Kaca

Keripik kaca atau keripik beling adalah makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar tepung dan air yang dipanaskan sampai kental. Setelah kental, adonan tersebut di jemur di bawah sinar matahari, ada juga pengusaha keripik kaca lain yang menggunakan metode di open untuk mengeringkan adonan tersebut.

Keripik kaca sering kita jumpai di daerah sekitaran Bandung. Jajanan ini menyajikan rasa yang pedas dan hot. Tapi tak jarang juga yang mengganti rasa pedas tadi ke rasa manis seperti rasa keju. Selain itu juga ada yang cuma asin saja.

Saya sendiri baru tahu kalau ada makanan keripik kaca. Yang ada dipikiran saya saat pertama kali mendengan keripik ini adalah pecahan gelas ataupun pecahan piring. Ternyata dinamakan keripik kaca karena bentuk fisiknya camilan ini adalah transparan.

Bahan Untuk Cara Membuat Keripik Beling Dari Singkong

Bahan dasar untuk cara bikin keripik kaca dua macam. Kalian bisa menggunakan bahan dasar singkong ataupun berbahan dasar tepung yang dipadukan dengan air. Dari segi rasa sama sama enak. Jadi kalian tidak perlu bingung memilih bahan dasarnya apa.

Cara Membuat Keripik Beling dari Singkong

Pembuatan camilan rumahan ini sangat mudah untuk diaplikasikan di rumah. Untuk bahan yang digunakan juga ramah kok di dompet. Bagaimana caranaya? berikut ini bahan dan langkah-langkah pembuatannya.

Bahan-bahan

  • 1/2 kg Singkong
  • 2 gelas Air
  • Garam secukupnya
  • Cabe, bawang merah, bawang putih bubuk
  • Minyak
  • Penyedap rasa (sesuai selera)
  • Gula pasir (sesuai selera.untuk yg suka memakai gula)

Cara Membuat Keripik Beling Dari Singkong

  1. Bersihkan singkong dari kulitnya.
  2. Kemudian parut singkong menggunakan alat pemarut.
  3. Selanjutnya masukkan parutan singkong tadi ke dalam panci.
  4. Masukkan air dan garam ke dalam panci dan masak hingga mengental.
  5. Selama proses pemasakan, aduk adonan secara berkala.
  6. Singkong sudah di parut lalu masukan kedalam panci.lalu masukan air dan garam masak masak hingga mengental dengan api sedang.
  7. Setelah matang, bentuk adonan tadi menjadi lapisan tipis-tipis. Lakukan di atas plastik.
  8. Agar adonan tidak menempel pada panci, berikan sedikit minyak di atasnya.
  9. Jika sudah selesai, jemur adonan keripik kaca yang sudah dibentuk tipis.
  10. Setelah mengering sempurna, potong adonan sesuai selera.
  11. Goreng adonan tadi atas penggorengan dengan menggunakn minyak yang sedikit dan api yang kecil saja. Untuk proses penggoreng yang baik, kalian bisa menggunakan mesin vacuum frying.
  12. Setelah semua adonan tergoreng semua, lalu campurkan dengan bumbu sesuai selera.

┬áSekian pembahasan resep keripik kaca. Selamat mencoba…