Cara Membuat Keripik Pisang Asin Yang Enak dan Mantap

cara buat keripik pisang asin

Halo teman-temanku sekalian, disini saya akan membagikan cara membuat keripik pisang asin di mulut.

Keripik Pisang merupakan camilan yang enak sekali disantap. Gurih dan renyah itulah rasanya. Namun cara bikin keripik pisang bisa dipadukan dengan rasa yang bermacam-macam. Tak hanya itu, rasanya pasti akan manis.

Biasanya camilan keripik pisang biasa disajikan di tempat-tempat hiburan, seperti pasar malam, bioskop, dan lain lain. Camilan ini banyak sekali peminatnya. Di Lumajang, Bisnis cara bikin keripik pisang merupakan suatu terobosan yang bisa menaikkan taraf hidup.

Meskipun demikian, daripada kita harus ribet-ribet pergi ke warung karena hanya ingin membeli keripik pisang, cobalah untuk membuat keripik pisang ini sendiri di rumah. Mungkin beberapa orang tidak tahu jika cara buat keripik pisang ini mudah loh. Mengapa dikatakan mudah ? karena bahan utamanya hanya dari pisang, buah yang tidak mengenal musim, selalu ada setiap saat.

Kini pembuatan keripik ataupun kerupuk, kalian bisa menggunakan mesin yang bagus loh, yaitu mesin vacuum frying. Terlebih lagi buat kalian yang ingin membuka bisnis di bidang kuliner ini karena mesin ini bisa sekaligus menggoreng bahan sebanyak 2 kg lebih.Tentu saja hal ini mempermudah kerja kita.

Buah Pisang

Buah pisang adalah buah yang paling banyak orang gemari karena rasanya yang manis. pisang ini juga mengandung banyak kandungan gizi di dalamnya. Tanaman ini juga sering kita jumpai di pedesaan ataupun di perkotaan. Pembudidayaan tanaman pisang ini sangat mudah. Tanaman ini berkembangbiak dengan tunas.

Hampir setiap buah pisang pasti memiliki kulit pisang yang berwarna kuning jika matang, walaupun ada beberapa juga yang berwarna merah, jingga, hijau, ungu, atau bahkan hampir kehitaman. Buah pisang merupakan bahan pangan yang memiliki sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama pada kandungan kalium.

Keripik Pisang Asin

Keripik atau kripik adalah sejenis camilan ringan berupa irisan tipis. Bisa berasal dari umbi-umbian, buah-buahan, atau sayuran yang digoreng di dalam minyak, khususnya minyak nabati. Untuk menghasilkan rasa yang gurih biasanya dicampur dengan adonan tepung yang diberi bumbu rempah.

Bentuk dari buah pisang sangat beragam.Penamaan pisang ini pun juga unik unik loh. Ada pisang yang menggunakan nama daerah sebagai namanya dan ada nama pisang yang menggunakan nama gelar, seprti pisang raja. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, lihat cara membuat keripik pisang.

Cara Membuat Keripik Pisang Asin

Bahan:

  • Pisang ambon 10 buah
  • Gula pasir 200 g
  • Garam halus 1 sdt
  • Kapur sirih 1 sdt
  • Air bersih 2 L
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat keripik pisang manis:

  1. Kupas semua pisang dari kulitnya lalu iris tipis seperti koin logam .
  2. Siapkan wadah bersih, lalu tuang air 1 L ke dalamnya.
  3. Masukkan kapur sirih, aduk hingga tercampur rata.
  4. Masukkan pisang yang sudah diiris tipis ke dalamnya. Rendam selama kurang lebih 1 jam.
  5. Siapkan tempat bersih lainnya.Tiriskan pisang, taruh pada wadah lalu taburi garam. Aduk sampai rata.
  6. Siapkan penggorengan dengan api sedang. Biarkan hingga minyak panas.
  7. Goreng pisang hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.Rebus 1 L dengan gula. Aduk hingga gula larut. Rebus hingga larutan gula mengental.
  8. Untuk penggorengan kalian bisa menggunakan mesin vacuum frying untuk hasil yang lebih maksimal
  9. Masukkan satu per satu keripik pisang yang sudah digoreng ke dalam rebusan gula. Aduk hingga semua pisang sudah terselimuti gula.
  10. Angkat dan tiriskanKeripik pisang manis siap disajikan.

Sekian pembahasan cara membuat keripik pisang asin. Anda bisa mempraktikannya sendiri. Selamat mencoba dan sukses selalu…