Cara Membuat Keripik Salak dengan Mudah

Cara Membuat Keripik Salak dengan Mudah

Cara membuat keripik salak– Buah salak merupakan salah satu nama buah yang sangat terkenal dan juga populer dimana-mana. Karena diseluruh wilayah indonesia tentu ada buah salak ini. Buah salak yang matang dapat kita konsumsi secara langsung atau bisa juga dibuat minuman jus yang sangat segar.

Namun buah salak juga masih bisa dibuat sebuah makanan dan juga cemilan loh. Yaitu dibuat keripik dengan sebutan keripik salak. Keripik salak adalah salah satu makanan yang mempunyai rasa yang gurih. Renyah dan juga enak pastinya. Biasanya keripik salak ini hanya dapat kita temukan disupermartket atau ditoko pusat oleh-oleh. Berikut cara pembuatannya.

Bahan – Bahan

  • Buah salak yang telah matang 2 kil0 gram
  • Air dengan 2,5 liter
  • Kapur sirih dengan 100 gram
  • Minyak goreng dengan secukupnya
  • Gula pasir dengan 250 gram
  • Garam dengan secukupnya

Langkah – Langkah

  1. Untuk Cara Membuat Keripik Salak anda bisa ambil buah salak yang masih segar. Pilih buah salak yang masih baik dan juga tidak busuk.
  2. Kemudian kupas salak dari kulitnya hingga besih.
  3. Lalu salak dipisahkan dari bijinya dan juga ambil daging salaknya.
  4. Kemudian membersihkan daging salak.
  5. Masukan kapur sirih pada air, kemudian tambahkan garam dan juga gula pasir. Aduk-aduk sampai semua bahan larut. Lalu masukan daging salak direndam kurang lebih selama 1 jam. Fungsi kapur sirih yaitu untuk menghilangkan getah pada buah salak.
  6. Jika sudah direndam dengan sirih selama 1 jam lalu diangkat salaknya dari rendaman dan kemudian tiriskan.
  7. Panaskan oven tradisional di atas wajan, lalu masukan salak pada oven. Terlebih dahulu diatur letak daging salaknya supaya tidak bertumpukan. Tujuan salak dioven yaitu untuk menghilangkan kandungan air pada salak. Setidaknya dapat mengurangi kandungan airnya. Jika salak sudah kering lanjut ke tahap berikutnya.
  8. Panaskan wajan sampai benar-benar panas dan juga goreng salak hingga berwarna kuning keemasan atau coklat.
  9. Jika salak sudah matang digoreng, jika anda punya alat sentrifugal atau pemusing bisa digunakan supaya kandungan minyak salak bisa hilang. Jadi salak bisa tahan hingga satu bulan.

Manfaat Keripik Salak

1. Menjaga Kesehatan Mata

Kha keripik salak yang pertama bisa membantu untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang ada di dalamnya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan serta penglihatan mata supaya berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, anda dapat mengkonsumsinya akan terhindar dari resiko penyakit katarak.

2. Mencegah Diare

Diare dapat disebabkan karena mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri dan juga virus. Untuk mengobatinya anda dapat melakukan dengan banyak mengkonsumsi keripik salak ini. Kandungan serat yang ada di dalamnya mampu mengobati diare.

3. Mencegah Kanker

Untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan rutin dengan cara mengkonsumsi keripik salak ini. Kandungan yang ada di dalamnya bisa mencegah kanker dalam tubuh. Oleh karena itu, mulailah untuk mengkonsumsi keripik salak ini.

4. Melancarkan Pencernaan

Jika pencernaan anda tidak lancar maka bisa mengakibatkan terjadinya gangguan pada pencernaan. Untuk melancarkan pencernaan dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi keripik salak. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang ada di dalamnya bisa melancarkan dan juga menyehatkan pencernaan pada tubuh.

5. Mejaga Stamia Tubuh

Stamina tubuh sangatlah berguna untuk menjalakan aktifitas sehari hari anda. Untuk menjaga stamina tubuh supaya selalu terpenuhi dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi kripik salak ini. Kandungan kalsium yang ada di dalamnya terbukti sangat berguna untuk menjaga dan juga meningkatkan stamina tubuh anda.

Demikianlah artikel tantang cara membuat keripik salak. Jika anda memiliki usaha tentang keripik. Kami memiliki mesin vacuum sealer yang berfungsi untuk mengemas produk. Sekian dan terima kasih.