Cara Membuat Keripik Singkong Pedas Manis Luar Biasa

Kali ini saya akan memberitahu cara membuat keripik singkong pedas manis. Camilan ini mudah di buat dan bisa di konsumsi oleh semua kalangan. Namun, tidak baik di konsumsi secara berlebihan namun terdapat beberapa manfaat. Simak sampai selesai.

Singkong

Singkong
Ketela pohon atau yang biasa dikenal dengan ubi kayu, merupakan pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae. Singkong biasanya dijadikan olahan pangan karena kandungan kerbohidratnya yang tinggi, sedangkan daunnya biasa dijadikan sayuran.

Cara Membuat Keripik Singkong Pedas Manis Luar Biasa

Cara Membuat Keripik Singkong Pedas Manis Luar Biasa

Bahan-bahan:

  • 1 kg singkong
  • 4 buah Cabe rawit
  • 2 buah bawang merah
  • 2 buah bawang putih
  • 1 cm jahe
  • secukupnya Asam jawa
  • 2 buah gula merah bulat
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 1/2 sdm garam/ secukupnya

Cara Membuat Keripik Singkong Pedas Manis Yang Enak:

  1. Iris singkong yg sudah dikupas n dibersihkan menggunakan mesin keripik singkong,selanjutnya digoreng dan tiriskan. Haluskan cabai ,jahe, bawang merah dan bawang putih.
  2. Tumis bumbu yg sudah ditumbuk hingga wangi.Masukkan asam jawa yg sudah dicampur air 1 gelas.masukkan airnya saja.
  3. Selanjutnya masukkan gula merah, gula pasir n garam.Koreksi rasa n tunggu sampe tercampur dan berbuih,matikan api dan dinginkan.
  4. Terakhir campurkan Singkong dan bumbu yg telah dingin lalu aduk rata.Selesai dan siap santap.
Baca Juga: Cara Membuat Keripik Singkong Balado

Manfaat Singkong

1.Penambah Energi

Setiap 100 gram singkong mengandung 38 gram karbohidrat. Karenanya, singkong menjadi sumber energi yang baik bagi Anda yang akan menjalani aktivitas fisik berat.

2.Bantu Cegah Sembelit

Singkong mengandung pati resistan dalam jumlah yang cukup tinggi. Pati resistan termasuk ke dalam jenis serat tidak larut yang kaya akan selulosa.

Jenis serat ini sangat berguna untuk membantu kelancaran pencernaan sehingga dapat mencegah sembelit. Keberadaaannya juga dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik yang akan melindungi usus Anda dari peradangan.Serat juga membantu Anda menurunkan berat badan karena bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

3.Bantu Mengendalikan Kadar Gula Darah

Makan singkong dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini karena serat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Selain itu, kandungan serat mendatangkan manfaat singkong untuk bantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol, menurunkan risiko obesitas, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

4.Kaya Akan Mineral Yang Menjaga Fungsi Jaringan Tubuh

Singkong mengandung sumber mineral yang cukup banyak seperti kalsium, fosfor, mangan, zat besi, dan kalium. Mineral ini diperlukan untuk perkembangan, pertumbuhan, dan menjalankan fungsi jaringan tubuh.

Kalsium diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Zat besi membantu dalam pembentukan protein (hemoglobin dan myoglobin) yang membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh Anda.

5.Manfaat singkong untuk kulit

Singkong mengandung vitamin C yang dikenal sebagai zat penting dalam pembentukan kolagen. Kolagen sendiri berfungsi untuk mempertahankan elastisitas kulit.

Sayangnya, tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri. Maka dari itu, tubuh memerlukan asupannya dari makanan dengan vitamin C. Singkong bisa menjadi pilihan yang bisa Anda konsumsi untuk bantu memenuhi kebutuhannya.

Cara Mengolah Singkong Yang Baik Dan Benar

Menjadi salah satu bahan yang esensial karena bisa dimanfaatkan menjadi banyak makanan atau diubah menjadi bentuk lain seperti tepung.

Namun, jangan sekali-kali Anda mengonsumsinya dalam keadaan mentah. Sebab, singkong mentah mengandung sianida alami yang bisa bersifat beracun bila tertelan. Memasaknya akan membuat senyawa ini jadi tidak berbahaya.

Untuk mempersiapkannya, kupas kulit terlebih dahulu. Awali dengan memotong ujung umbinya, lalu bagi menjadi beberapa bagian guna mempermudah saat mengelupas kulit.

Pisahkan kulit dengan mengiris dari atas ke bawah sembari diputar, pastikan tidak ada kulit yang tersisa. Setelah itu, Anda bisa mulai merebus atau menggoreng sampai benar-benar matang dan empuk.

Itulah resep cara membuat keripik singkong pedas manis dan beberapa manfaat dan juga tips untuk Anda jika inging membuatnya. Semoga berhasil selamat mencoba dan terimaksih.