Cara membuat Keripik Usus Ayam Crispy Nan Renyah dan Gurih

cara membuat keripik usus ayam crispy

Usus adalah bagian yang sering dibuang atau tidak digunakan dalam mengolahan bahan makanan. Namun usus ayam bisa dijadikan cemilan unik contohnya keripik usus. Berikut cara membuat keripik usus ayam crispy.

Manfaat Usus Ayam untuk Kesehatan Tubuh

cara membuat keripik usus ayam crispy

Mengandung Selenium

Kandungan selenium pada jeroan ayam dapat membantu meningkatkan fungsi hormon tiroid. Dengan ini, tubuh akan mampu melawan efek buruk dari radikal bebas. Selenium juga dapat membantu menjaga kesehatan area reproduksi. 

Selain itu, selenium berpotensi untuk melindungi Anda dari risiko berbagai penyakit kanker, seperti kanker payudara, paru-paru, prostat, dan kanker kulit. Akan tetapi, manfaat jeroan ayam untuk mencegah kanker masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektifannya. 

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Imunitas atau sistem kekebalan tubuh dalam tubuh manusia memang memerlukan beberapa zat dan kandungan untuk mendukung sistem imun kita tetap terjaga secara penuh. Ternyata jeroan ayam memiliki kandungan mineral seng dan zat besi yang dapat mendukung penuh sistem imunitas dalam tubuh serta membantu dalam penyembuhan luka.

Mengandung Seng dan Zat Besi

Tak hanya vitamin A yang dibutuhkan dalam menjaga sistem imunitas tubuh, pun seng dan zat besi. Tak hanya mendukung sistem imunitas tubuh terjaga dengan baik, kedua kandungan tersebut juga berperan dalam membantu penyembuhan luka lebih cepat.

Menyehatkan Otak

Menyehatkan otak juga menjadi manfaat jeroan ayam lainnya. Dalam 3,5 ons jeroan ayam terdapat 2,4 mikrogram vitamin B12 yang Anda butuhkan setiap hari. Kandungan vitamin B12 berfungsi meningkatkan kinerja otak sekaligus produksi sel darah merah dalam tubuh. 

Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan anemia atau gangguan gastrointestinal pada orang vegetarian dan orang lanjut usia sehingga dapat meningkatkan risiko munculnya masalah daya ingat, demensia, depresi, hingga merasa lelah. 

Mencegah Penyakit

Anemia merupakan kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat, atau kondisi ketika sel darah merah dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Seperti yang telah dijabarkan, jeroan mengandung zat besi yang baik untuk mencegah terjadinya anemia.

Sumber Protein

Jeroan ayam juga memiliki kandungan protein yang cukup baik sesuai dengan dosis. Protein merupakan salah satu aspek yang dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan produksi energi. Selain itu, protein juga berfungsi dalam mengisi sel-sel yang akan membentuk otot serta jaringan pada tubuh sehingga eksistensinya sangatlah penting.

Kaya Vitamin

Siapa yang menyangka bahwa jeroan ayam ternyata memiliki kandungan vitamin A yang cukup baik untuk sistem kekebalan tubuh dan juga untuk merangsang pertumbuhan sel darah putih yang baru. Tidak hanya itu, kandungan vitamin B-12 yang terdapat di dalamnya mampu berfungsi sebagai pendukung kesehatan dalam sistem saraf.

Mencegah Anemia

eperti yang kita tahu bahwa jeroan ayam memiliki kandungan zat besi yang baik, hal ini dapat menjadi manfaat untuk mencegah anemia. Zat besi yang mana menjadi salah satu pengobatan untuk anemia mampu didapatkan dengan cara mengonsumsi jeroan ayam yang kaya akan zat besi did alamnya.

Rendah Kalori

agian usus ternyata memiliki kandungan rendah kalori jika dibandingkan dengan bagian jeroan yang lain. Selain itu, kadar lemak juga tidak terlalu tinggi dan justru kandungan protein dari usus sapi juga sangat tinggi. Kandungan lainnya seperti kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A dan vitamin B juga mampu didapatkan di dalamnya.

Namun, karena usus merupakan bagian yang memiliki kadar purin cukup tinggi maka perlu dibatasi pengonsumsiannya. Perlu teknik khusus pula untuk mengolah bagian yang satu ini.

Resep dan Cara Membuat Keripik Usus Ayam Crispy

Bahan-bahan

  • 1 kg usus ayam
  • 1/2 kg tepung beras
  • 2 bungkus penyedap rasa
  • 1 bungkus ladaku
  • Minyak goreng

Langkah

  1. Cuci usus ayam hingga bersih lalu tiriskan
  2. Campur usus ayam dengan bahan penyedap dan lada secukupnya
  3. Campur tepung beras, penyedap dan lada yang sudah disediakan
  4. Masukan usus ayam dengan tepung
  5. Aduk dan remas hingga rata
  6. Panaskan minyak goreng yang sudah disiapkan
  7. Goreng usus ayam yang sudah dicampur tepung sampai matang
  8. Keripik usus ayam crispy siap disajikan

    Selain artikel ini, Anda juga bisa membaca: Cara Menbuat Keripik Talas dengan Rasa yang Pas