Cara Membuat Keripik Usus Pepaya yang renyah

Cara Membuat Keripik Usus Pepaya yang Renyah-Keripik usus tapi berbahan dasar buah pepaya. Camilan ini bisa jadi alternatif pilihan bagi kaum vegetarian, atau yang ingin ngemil sehat.

Disebut keripik usus, karena tampilannya memang mirip seperti usus yang dibalur tepung, lalu digoreng. Rasanyapun, tak jauh beda dengan keripik asli usus ayam.

Adalah Anis Rohmawati, pengusaha kripik buah warga Desa Gogodeso Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar yang punya inovasi ini. Melihat beberapa temannya yang menghindari keripik usus karena berkolestrol tinggi, idenya pun muncul.

Cara Membuat Keripik Usus Pepaya Yang Renyah. Keripik usus tapi berbahan dasar buah pepaya. Camilan keripik papaya ini bisa jadi alternatif pilihan bagi kaum vegetarian, atau yang ingin ngemil sehat. Ada juga bisa anda jadikan sebagai bisnis keripik pepaya Disebut keripik usus, karena tampilannya memang mirip seperti usus yang dibalur tepung, lalu digoreng. Rasanyapun,…,

Kandungan serat yang tinggi dalam pepaya dipercaya mampu memperlancar sistem pencernaan Anda. Mengonsumsi buah pepaya setiap harinya bisa memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

Potong-potong buah pepaya menjadi beberapa bagian (bentuk dadu), lalu peras satu buah jeruk nipis, lalu kemudian taburkan sedikit gula di atasnya. Masukkan buah pepaya ke dalam kulkas, dan santap ketika buah pepaya mulai dingin

1.Cara Membuat Keripik Usus Pepaya Yang Enak Dan Gurih

cara membuat keripik usus

Langkah-langkah:

  • Langkah Krecek pepaya direndam dengan air selama 10 menit kemudian ditiriskan.
  • Setelah itu keripik pepaya diaduk menggunakan mesin aduk, dengan ditambah tepung berbumbu.
  • Setelah proses pengadukan selesai kemudian keripik digoreng hingga kering. Hasilnya akan menyerupai keripuk usus yang menanjang sehingga disebut “keripik pepaya”.
  • Setelah itu didinginkan. Bila keripik pepaya anda ingin memberi aneka rasa tinggal  Anda taburi serbuk aneka rasa menggunakan ayakan dan diaduk  sampai rata.
  • Hasilnya adalah keripik usus pepaya tang beraneka rasa antara lain rasa balado, sate ayam bawang, barbeque, dan lain – lain sesuai selera.

Cara membuat kripik usus pepaya

  1. Pepaya dikupas terlebih dahulu dan kemudian dicuci bersih.
  2. Setelah itu dipotong memanjang dengan menggunakan alat khusus agar ukuran tetep sama.
  3. Pepaya yang telah dipotong kemudian dicuci dengan air dingin selama kurang lebih 3 menit agar aktivitas enzim terlarut tidak rusak.
  4. Kemudian air limbah pepaya ditampung dengan air cucian papaya sebelumnya untuk pengisolasian lebih lanjut.
  5. Selanjutnya pepaya direbus dengan air yang mendidih selama kurang lebih 1 menit dan ditiriskan.
  6. Kemudian pepaya dijemur hingga kering, selama 4-5 hari. Alas yang dipakai untuk menjemur adalah nonlogam contohnya alas berbahan kain atau plastik.
  7. Hasil dari tahap pengeringan ini adalah bahan keripik setengah jadi (kerecek ) dengan bentuk lebih keriting dan bisa disimpan lebih lama untuk produk jangka panjang.

Kemasan keripik usus pepaya harus dibuat unik dalam berbagai rasa, danjuga warna kemasan. Pencantuman kelebihan keripik usus imitasi didalam kemasan dilakukan guna menarik minat para konsumen.

Kelebihan kripik usus imitasi berbahan baku pepaya muda adalah kandungan gizi yang cukup antara lain kalsium, fosfor, serat, non kolesterol, protein, lemak, dan karbohidrat berasal dari pepaya dan bahan baku.

Adapun Vitamin A diduga rusak pada saat pengolahan. Kemasan keripik usus pepaya dibuat bervariasi disesuaikan dengan daya beli dan tujuan konsumen.

Sangat mudah bukan cara untuk membuat keripik usus pepaya. Anda dapat mencoba resep Cara Membuat Keripik Usus Pepaya dengan menambahkan sedikit perasa manis atau gurih di dalam pembuatannya.

Cukup mudah bukan membuat kue semprit yang gurih dan enak ini? Selain kue sempri, ada banyak kue lainnya yang biasanya ada saat lebaran tiba.