Cara Membuat Kerupuk Pangsit Renyah Gurih dan Tahan Lama!

Kalian pasti penasaran cara membuat kerupuk pangsit renyah. Camilan populer yang banyak dinikmati orang. Terlebih jika menambahkan bumbu bubuk berbagai rasa. Sehingga rasanya semakin nikmat dan menarik.

Selain itu juga bisa diberi isian. Seperti isian ayam, sosis atau mi. Bisa juga hanya kulit pangsit yang dimakan sebagai lauk atau camilan. Ada pula yang mengkreasikan kerupuk pangsit berbagai rasa. Dengan menambahkan bumbu pedas, asin, atau keju.

Kerupuk pangsit adalah makanan yang digemari semua kalangan. Jika kalian mengonsumsi kerupuk pangsit dalam keadaan hangat. Akan menambah cita rasa kerupuk pangsit. Rasanya akan berlipat – lipat lebih nikmat. Daripada dikonsumsi dalam keadaan dingin.

Kalian bisa menikmati kerupuk pangsit dengan mie ayam atau bakso. Namun, jika akan dimakan bersama bakso. Akan lebih lezat jika ditambahkan isian. Sehingga makin pas dengan bakso hangat.

Dari mulai anak-anak hingga ke kalangan orang dewasa juga gemar menikmati sajian yang renyah ini. Akan tetapi jika ada waktu luang, Anda juga bisa membuatnya dengan Anda sendiri di rumah. Untuk membuatnya memang terdiri dari beberapa bahan kemudian di racik hingga menjadi adonan atau olahan dan terakhir melewati proses penggorengan.

Ingin buat camilan keripik yang mudah dibuat dan renyah? Kerupuk pangsit sepertinya enak nih, apalagi jadi teman makan mie kuah. Wah, ingin mencoba membuatnya sendiri? Yuk catat resepnya berikut ini.

Cara Membuat Kerupuk Pangsit Renyah

kerupuk pangsit renyah

Bahan – Bahan :

  • Tepung terigu300 gr
  • Tepung meizena 30 gr
  • Telur ayam 1 butir kemudian  kocok lepas
  • Gula pasir setengah sendok teh
  • Garam halus 1 sendok teh
  • Penyedap rasa 1/2 sendok teh
  • Baking powder setengah sendok teh
  • Daun polong 1 batang bawang  ( iris hingga halus )
  • Daun seledri 1 batang ( iris hingga halus )
  • Minyak sayur dan air siapkan secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Pangsit Renyah :

  1. Pertama masukkan bahan-bahan keripik ke dalam wadah atau baskom.
  2. Kucuri air secara perlahan sambil uleni adonan tersebut hingga kalis dan mudah untuk di bentuk.
  3. Jika sudah, letakkan adonan tersebut di tempat datar kemudian gunakan botol kayu untuk memipihkan olahan tersebut.
  4. Setelah itu potong olahan tersebut hingga membentuk segi panjang. Untuk ukuran Anda bisa buat sesuai selera.
  5. Siapkan wajan di atas kompor. Lalu nyalakan api dengan ukuran sedang.
  6. Goreng adonan kerupuk pangsit hingga matang atau kering.
  7. Setelah berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  8. Siapkan wadah saji kemudian masukkan keripik ke dalamnya. Silahkan di sajikan.

Tips dan Trik :

  1. Saat memipihkan adonan. Taburi alas dengan tepung agar tidak lengket. Jika lengket, adonan akan sulit dipipihkan. Selain itu, hasilnya tidak akan bagus.
  2. Gunakan rolling pin anti lengket. Agar adonan tetap bagus. Hasil gilingan juga akan lebih rapi. Jika kalian tidak punya. Kalian bisa menggunakan botol kaca bekas.
  3. Bila kulit pangsit ingin disimpan. Tumpuk kulit pangsit. Jangan lupa memberi tepung pada setiap lapis agar tidak lengket. Sehingga kulit pangsit akan bertahan lebih lama.
  4. Agar hasil lebih renyah. Kalian bisa menggunakan mesin vaacum frying.

Setelah mengetahui cara membuat kerupuk pangsit renyah di atas. Kalian bisa mempraktekkannya di rumah. Jangan lupa untuk menyimpan kerupuk pangsit di wadah tertutup. Sehingga akan bertahan lebih lama dan tetap renyah.

Nikmati kerupuk pangsit dengan saus pedas. Atau dijadikan lauk dengan menambah bumbu pedas. Selain itu juga cocok dimakan bersama mie ayam. Wah, bisa disandingkan dengan makanan apapu ya ternyata.

Selain resepnya yang begitu mudah untuk kalian tiru di rumah. Bahan dasar dengan harga begitu terjangkau juga menjadi poin plus. Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba deretan resep di atas di rumah kalian ya!

Kalian bisa menikmati kerupuk pangsit saat bersantai. Atau saat menonton tv dan berkumpul bersama keluarga. Kerupuk pangsit juga cocok dijadikan camilan saat menonton drama korea. Kalian bisa menikmati kerupuk pangsit ditemani es teh. Selamat mencoba!