Cara Membuat Kerupuk Tulang lele Renyah dan Gurih

cara-membuat-kerupuk-tulang-ikan-lele

Cara membuat kerupuk tulang ikan lele– Anda pastinya seringkali sibuk mengurusi bagaimana cara budidaya lele, tetapi dari segi pengolahan masih minim sekali bagai mana cara mengolah ikan lele menjadi sebuah olahan yang menarik.

Nah cara membuat kerupuk tulang ikan lele berikut ini mungkin akan membantu anda dalam mengkreasikan jenis olahan lele, dan menjadikan sebagai ide peluang usaha baru.

Berikut Pembahasan Mengenai Cara Membuat Kerupuk Tulang Lele

Bahan :
  • Tulang-tulang ikan lele yang telah di ambil dagingnya 50%
  • Tepung terigu 50%
  • Garam
  • Bawang
Peralatan:
  • Presto untuk melunakkan tulang dan blender untuk menghancurkan
  • Peralatan untuk pemfiletan berupa pisau, talenan dan baskom
  • Kompor gas, dandang perebus, kain blacu
  • Talenan dan pisau
  • Peralatan untuk menjemuran berupa nyiru dan para-para penjemuran
  • Wadah untuk pengemasan, timbangan, dan seale
Cara Membuat kerupuk :
  1. Rebus tulang ikan lele sampai lunak
  2. Haluskan terlebih dahulu tulang ikan yang sudah direbus,bisa ditumbuk atau mesin penggiling
  3. Kemudian campur dengan bumbu-bumbu yang telah dipersiapkan sebelumnya
  4. Lalu campurkan terigu dengan takaran yang harus sama dengan tulang ikan lele
  5. Aduk adonan sampai kalis atau tercampur rata
  6. Bungkus dengan alumunium foil
  7. Kemudian kukus adonan kerupuk tulang ikan lele dalam alumunium foil hingga tercium harum
  8. kemudian tunggu sampai dingin
  9. Lalu setelah itu potong-potong Menggunakan mesin pemotong kerupuk kemudian jemur hingga kering
  10. Jika telah dirasa sudah kering, goreng kerupuk tulang ikan lele tersebut kedalam sebuah wajan yang telah berisi minyak panas
  11. Kemudian goreng kurang lebih selama 10 menit atau sampai kerupuk mengembang dan berwarna kuning keemasan tanda kerupuk sudah matang
  12. Kerupuk tulang ikan lele siap untuk dinikmati

Manfaat Mengonsumsi Ikan Lele Bagi Tubuh Kita

1. Mempercepat proses penyembuhan luka

Dengan selalu memakan ikan lele, secara tidak langsung dapat menyembuhkan bekas luka yang terdapat pada bagian tubuh kita atau saat pasca-operasi. Bila anda orang yang baru saja mengalami suatu operasi baik apapun itu, mengonsumsi ikan lele ini secara rutin dan teratur dapat membantu pemulihan. Namun perlu diingat, makanlah secukupnya, jangan sampai berlebihan.

2. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Jika Anda memakan ikan lele secara teratur setiap hari bisa membantu anda untuk menjaga kesehatan saraf dalam tubuh. Ikan lele memang memiliki banyak manfaat yang terkandung terutama bagus bagi kesehatan sistem syaraf tubuh anda.

3. Berguna untuk Kesehatan Otak dan Jantung

Siapapun anda mau tua atau muda maupun kecil, manusia sangatlah wajib akan menjaga kesehatan otak dan jantung maupun itu yang tua maupun yang muda. Nah, untuk menjaga kesehatan otak dan jantung ini, Anda disarankan untuk mengonsumsi ikan lele secara rutin dan teratur sehingga cara kerja otak dan jantung akan berjalan dengan baik.

4. Sumber vitamin B-12

Ikan lele memiliki kandungan kadar vitamin B 12 yang sangatlah tinggi. Diketahui bahwa satu ekor ikan lele saja mengandung 40 persen asupan vitamin B-12 yang direkomendasikan setiap hari.

Sebagai bagian dari vitamin B, vitamin B-12 pada ikan lele sangat penting sebagai membantu memecahkan makanan yang Anda konsumsi sebagai energi. Tak hanya itu saja, vitamin yang larut dalam air juga berperan penting untuk fungsi otak, sistem saraf, serta pembentukan darah.

Mungkin sampai disini artikel yang dapat saya sampaikan kepada anda ataupun anda bisa membaca artikel cara membuat kerupuk lele jika anda ingin tau lebih rinci mengenai pengolahan dan berbagai macam manfaatnya. Semoga bermanfaat terimakasih